(Laura Berlian)

Jika kamu diberi kesempatan untuk jalan-jalan ke Sulawesi Tenggara, tentu banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi atau aktivitas yang bisa kamu lakukan. Nah, daripada bingung-bingung, Atourin mau memberikan rekomendasi lima tempat keren di Sulawesi Tenggara. Yuk simak ceritanya berikut.

Air Terjun Moramo

Air terjun ini berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan, yang masuk ke dalam kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa/ Walau masuk ke dalam kawasan hutan, jalur tempuh untuk menuju ke air terjun Moramo ini sangat mudah karena jalannya yang landai. Air terjun ini memiliki 7 tingkatan nih, untuk kamu yang suka tantangan bisa nih untuk mencoba mendaki naik ke tingkatan paling atas. Kamu tenang saja, batu-batuan yang ada di air terjun Moramo ini tidak ditumbuhi lumut karena merupakan batu kapur. Tapi kamu harus waspada akan arus air yang deras dan tetap jaga keseimbangan ya!


Danau Sombano

Tidak jauh dari Pantai Koguna, terdapat Danau Sombano, danau air asin yang memiliki panorama indah ini berada di tengah hutan bakau. Bila air laut sedang surut, air di danau ini pun juga ikut surut. Hal ini disebabkan karena Danau Sombano terbentuk dari gerusan air laut yang membuat rongga tongga di bawah tanah dan mengalirkan air laut sehingga terbentuklah danau ini.

Saat air laut sedang surut itulah, Danau Sombano memperlihatkan pesonanya. Air yang jernih, akar-akar pohon bakau, dan udang merah pun menampakkan diri. Iya, di danau ini terdapat habitat udang yang berwarna merah darah, yang sampai saat ini belum diketahui jenisnya karena tak kunjung dilakukan penelitian terhadap udang tersebut. Konon nih, udang tersebut udang keramat, tidak boleh dimasak atau dimakan karena merupakan makanan milik buaya hitam penghuni danau.

Goa Air Kontamale

Destinasi selanjutnya terdapat di Kepulauan Wakatobi nih, tepatnya di Pulau Wangi-wangi atau yang biasa disebut pulau Wanci oleh warga sekitar. Kamu akan takjub dibuatnya, air yang jernih, tempat yang sejuk, serta stalakmit yang menjadi ciri khas sebuah goa akan siap menemani liburan kamu. Di Goa Kontamale terdapat beberapa ceruk untuk kamu eksplorasi, tapi pastikan dulu kedalamannya ya karena kedalaman ceruk disini berkisar dari 1 sampai 3 meter. Air di Goa Kontamale ini adalah air tawar yang terasa sedikit payau, dan biasa digunakan untuk kebutuhan sehari hari oleh warga sekitar. Warga biasa mencuci baju dan mandi di gua air ini. Eh? Mencuci baju? Iya, air di goa ini dimanfaatkan seperti layaknya air sungai. Ajaibnya, air di goa ini tetap bening! Cool!

Pemandangan Bawah Laut di Wakatobi


Wakatobi

Tidak akan ada habisnya membahas wakatobi, tempat dimana kamu bisa menyelam dan menikmati keindahan bawah laut yang memukau. Terdapat empat titik selam yang cantik nih, ada Coral Garden, Cornucopia, House Reef dan Roma. Destinasi favoritnya adalah Roma, yang terletak di Pulau Tomia. Di Roma kamu akan dikelilingi ikan warna warni dan terumbu karang yang cantik! Setelah puas menjelajah keindahan laut, kamu bisa mengunjungi Suku Bajo, penduduk asli Wakatobi.  Suku Bajo tidak pernah lepas dari laut dan perahu nih, karena di depan setiap rumah pasti bersandar satu atau lebih perahu beserta jaring ikan. Suku Bajo ini terletak di Desa Mola, Pulau Wangi-wangi. Menjelajah Wakatobi harus menyusuri setiap tempatnya, karena setiap lokasi memberikan pengalaman yang berbeda beda!

Pantai Meleura

Yang terakhir,Pantai Meleura! Ya, pantai ini tidak boleh dilewatkan, karena dijuluki sebagai miniatur Raja Ampat! Pantai yang terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, jaraknya 18 Kilometer dari Kota Raha. Meleura menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dengan air lautnya yang tenang. Pantai Meleura memiliki pasir putih yang landai, air laut yang jernih serta bebatuan kapur yang mengelilingi daerah pantai menambah keindahannya. Batu batu disini juga bisa kamu jadikan pijakan untuk menceburkan diri ke air loh! Seru banget dehh

Dari ke 5 destinasi tadi, kamu pengen berkunjung kemana nih? Apapun destinasi yang kamu pilih untuk dikunjungi, jadilah traveler yang bijak ya. Agar tetap bersih dan nyaman, jangan merusak alam sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan itu baik untuk kelanjutan pariwisata itu sendiri. Kamu bisa jelajah Sulawesi Tenggara bareng layanan Expediso by Atourin!