Nursyahbani Putridira

Sulawesi Tengah merupakan salah satu wilayah yang memang terkenal dengan keindahan spot destinasi wisata alam yang menakjubkan. Pegunungan, pantai, hingga budayanya memiliki daya pikat tersendiri. Saking banyaknya destinasi wisata yang menarik untuk dijadikan lokasi liburan, banyak dari pengunjung yang sudah mempersiapkan itinerary list pilihan sebelum berangkat ke kota tersebut. Hal ini tentulah juga berlaku bagi kamu yang ingin mencoba sensasi dan menikmati keindahan lingkungan destinasi wisatanya.

Apalagi jika kamu berkunjung ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, tak lengkap rasanya jika tidak mendatangi puncak Matantimali. Puncak Matantimali berada di pegunungan Gawalise yang memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut. Matantimali terletak di Kecamatan Morowala, Kabupaten Sigi. Selain tempat ini memiliki pemandangan panorama Kabupaten Sigi dari ketinggian yang luar biasa dan menakjubkan, kamu dapat memperoleh pengalaman-pengalaman seru dan tak terlupakan di tempat ini, salah satunya yaitu melakukan olahraga paralayang.

Kondisi geografis di sini, baik itu letak, ketinggian, temperatur, dan keadaan anginnya sangat mendukung untuk melakukan aktivitas ini. Oleh karena itu, Matantimali juga dikenal sebagai lokasi paralayang terbaik se-Asia Tenggara, bahkan tingkat dunia. Hanya perlu membayar Rp350.000,00 untuk paket dasar dan Rp600.000,00 paket night safari keseruan tak terlupakan sudah dapat kamu rasakan. Di destinasi ini, angin bertiup dengan skala yang cukup kencang setiap harinya. Hal ini tentu akan sangat mendukung aktivitas permainan paralayang yang ada disana.

Paralayang di Puncak Matantimali yang Sangat Memukau

Jika kamu baru pertama kali mencoba Paralayang, kamu tidak perlu lagi khawatir akan keselamatan. Sebab pemandu yang mendampingi sudah profesional dan ahli di bidangnya. Selain itu, kamu akan dibekali dengan sejumlah peralatan khusus, sehingga keamanan pun terjamin. Bahkan orang-orang yang bekerja disana sudah memiliki sertifikat resmi yang tentunya telah teruji kemampuannya. Pemandangan Kabupaten Sigi yang sangat luas itu dapat kamu saksikan sendiri melalui udara. Sungguh sangat menakjubkan bukan?

Hamparan Kabupaten Sigi yang dikelilingi oleh pegunungan sangat jelas terlihat dari puncak. Apalagi jika malam hari, keindahannya semakin berlipat ganda sehingga membuat siapapun pasti betah berlama-lama di lokasi tersebut. Apalagi jika kamu berkunjung tepat saat bulan purnama, hal itu dapat menjadi kesan tersendiri. Jika kamu melihat ke sebelah utara, dapat melihat pemukiman yang padat dan bentangan Teluk Palu yang begitu cantik dan menakjubkan. Sebagian wilayah pantai barat Kabupaten Donggala pun dapat terlihat dengan jelas dari sisi ini. Di bagian Timur, kamu dapat melihat keseluruhan Kabupaten Sigi secara utuh dan sungai raksasa (sungai Palu) yang panjang nan berkelok-kelok.

Selain itu, Puncak Matantimali juga menawarkan tempat berkemah yang dapat kamu sewa untuk bermalam di lokasi, cukup sediakan uang Rp10.000,00 saja untuk sewa tenda. Biasanya, pada akhir pekan akan ada ratusan tenda yang akan memenuhi kawasan tersebut. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan merasa sendirian di atas puncak saat melakukan camping. Dengan menginap, kamu akan memperoleh pemandangan sunset dan sunrise. Saat matahari terbit dari balik gunung maka kawasan akan terlihat berwarna kuning bercampur keemasan dan hal tersebut terulang ketika senja mulai datang. Dengan fenomena inilah, tempat ini juga disebut sebagai negeri di atas awan.

Golden Sunset yang Memukau Terlihat dari Atas Puncak Matantimali

Jarak Puncak Matantimali dengan Kota Palu sekitar 20 km, sehingga untuk sampai ke lokasi kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Akses jalan menuju gunung Gawalise terbilang tidak begitu sulit karena dapat kamu lalui menggunakan kendaraan roda dua ataupun mobil. Setelah itu, hanya butuh sedikit waktu menuju puncaknya dengan menelusuri jalan berbatu serta melewati sejumlah desa di Kecamatan Marawola Barat atau jalan utama menuju Kecamatan Pinembani, Kabupaten Donggala. Kemudahan akses puncak ini juga memberikan nilai plus bagi siapapun yang mendatanginya. Panorama pemandangan alam seperti gunung, hamparan sawah, pegunungan Gawalise, serta lembah Palu juga tak akan luput dari penglihatan kamu selama perjalanan. Kamu juga dapat menyaksikan keindahan pohon-pohon pinus ketika tiba di pegunungan Matantimali.

Terkait fasilitas yang disediakan, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat lokasi perkemahan, tempat parkir kendaraan, penginapan serta baruga yang disewakan untuk pengunjung. Tiket masuknya sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Begitu juga dengan parkir, yang tidak mewajibkan Kamu untuk membayarnya sepeser pun. Dengan begitu, kamu cukup sediakan uang saku untuk mencoba kegiatan-kegiatan menyenangkan disana dan membeli makanan yang akan dinikmati saat berada di puncak.

Tidak salah memang, jika kamu memilih Puncak Matantimali sebagai lokasi yang akan dijadikan sebagai spot liburan menarik bersama orang-orang tersayang, baik keluarga maupun kerabat dekat. Demikianlah informasi mengenai Puncak Matantimali yang dapat disampaikan. Bagi kamu yang akan menuju Kabupaten Sigi, maka jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata menakjubkan yang satu ini. Kamu dapat berlibur kesana saat ada waktu berlibur atau akhir tahun dengan mengajak kerabat di rumah untuk menikmati panorama keindahan alam Sulawesi Tengah bersama layanan dari Atourin. Dengan layanan penuhnya, liburanmu pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Yuk, pastikan Sobat Atourin segera eksplor marketplace Atourin!