Nursyahbani Putridira

Sumatera Barat memang terkenal dengan wisata alam yang memukau sehingga mampu menghadirkan kesan tak terlupakan serta membuat siapapun berdecak kagum apabila mengunjunginya. Dalam hamparan keindahan alam yang dimiliki Sumatera Barat, terdapat sebuah surga tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Terlebih wisata air yang sangat segar dan menyejukkan, seperti pemandian yang satu ini, menjadi salah satu pemandian terindah yang ada di Sumatra Barat. Bukan hanya karena tempat pemandiannya yang alami, namun alam sekitar yang juga mendukung keindahan. Tempat ini bernama Pemandian Alam Sako Tapan. Pemandian Alam Sako Tapan terletak di tengah-tengah alam yang rindang, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Pemandian Alam Sako Tapan berlokasi di Kampung Muaro Sako, Kenagarian, Sungai Gambir Sako, Tapan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 200 km dari Kota Padang dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam. Saat menginjakkan kaki di tempat ini, kamu dapat melepas lelah sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara pegunungan yang menyegarkan dengan ucapan selamat datang dari beberapa burung yang berkicau merdu. Tidak hanya itu, pepohonan yang rindang juga menghadirkan nuansa sejuk nan damai.

Pemandian Alam Sako Tapan di Sumatera Barat

Kamu dapat mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polusi dan sampah. Keunggulan dari objek wisata ini terletak di kebersihannya yang memang juara. Dapat dipastikan, kamu akan merasa nyaman dan tenang karena kebersihan dan kelestarian alam menjadi prioritas di tempat ini. Keindahan bebatuan yang tersusun rapi di pinggir kolam menjadikan tempat ini tampak harmonis dengan alam sekitarnya.

Ada sebuah tradisi dan budaya turun-menurun yang membuat Pemandian Alam Sako Tapan semakin istimewa dan masih dipertahankan sampai sekarang. Tradisi ini bernama Balimau, biasanya akan dilakukan pada menjelang masuknya bulan Ramadhan. Balimau, sebuah upacara tradisional yang dilakukan dengan mandi menggunakan air jeruk nipis, dianggap memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat sekitar. Kegiatan mandi dengan air jeruk nipis ini diyakini dapat membersihkan badan dan hati serta mempersiapkan jiwa menyambut bulan Ramadhan dengan sepenuh hati. Pemandian ini akan ramai pada sore hari sehari sebelum melaksanakan ibadah puasa sebagai simbol dari pembersihan diri menyambut datangnya bulan suci.

Sumber: Wikipedia

Dalam pelaksanaannya, bagi kamu yang ingin mengikuti tradisi Balimau di Pemandian Alam Sako Tapan akan diberikan kesempatan untuk merasakan sensasi mandi dengan air jeruk nipis. Selain jeruk nipis, ada beberapa bahan lain yang juga dimasukkan ke dalam udara yang digunakan saat mandi yaitu daun pandan, bunga kenanga, dan akar tanaman gambelu. Proses ini dijalankan dengan penuh khidmat dan diiringi dengan nyanyian-nyanyian khas tradisional yang menambah kekhusukan suasana. Gimana Sobat Atourin tertarik untuk merasakan pengalaman tak terlupakan mengikuti pelaksanaan tradisi Balimau ini?

Nah, Sobat Atourin tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi dan nikmati keindahan alam serta tradisi yang sempurna di Pemandian Alam Sako Tapan ini. Keunikan dan keindahannya yang terjaga, serta kelestarian tradisi Balimau yang masih diselenggarakan, menjadikan tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dan menyenangkan bersama orang-orang tersayang, baik keluarga maupun kerabat dekat. Demikianlah informasi mengenai Pemandian Alam Sako Tapan yang dapat disampaikan.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Sumatera Barat, maka jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata menakjubkan yang satu ini. Kamu dapat berlibur kesana saat ada waktu berlibur atau akhir tahun dengan mengajak kerabat di rumah untuk menikmati panorama keindahan alam Sumatera Barat bersama layanan dari Atourin. Dengan layanan penuhnya, liburanmu pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Yuk, pastikan Sobat Atourin segera eksplor marketplace Atourin!