Nursyahbani Putridira

Kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Kutai Timur. Seperti halnya kawasan karst, lokasi dari Sangkulirang-Mangkalihat ini pun dikelilingi oleh dinding-dinding terjal dan air terjun, gua bawah tanah dengan ukiran alam eksotis, serta perbukitan hijau yang dapat membuat Sobat Atourin terkagum-kagum. Keindahaan kelompok karst berukuran raksasa ini membenteng dari Kabupaten Kutai Timur hingga ke Kabupaten Berau yang luasnya sekitar 2,1 juta hektar.

Lalu, bagaimana untuk dapat mencapai kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat? Kamu dapat mencapai kawasan ini dengan perjalanan darat 8 – 9  jam melewati Sangatta dan Bengalon. Berangkat dari Kota Samarinda dengan kendaraan roda empat yang dapat kita peroleh di tempat penyewaan mobil dengan harga sekitar Rp400.000,00 – Rp500.000,00. Setelah sampai di Kabupaten Kutai Timur, kamu dapat melanjutkan perjalanan darat dengan menggunakan roda empat menuju Kecamatan Sangkulirang.

Menurut hasil penelitian, sebagai situs sejarah, pesona kawasan karst ini memberi informasi tentang jejak manusia purba yang dapat dilihat dari keindahan lukisan telapak tangan, gambar perahu, dan lukisan berbagai jenis binatang yang tergambar jelas pada dinding-dinding gua dan konon peninggalan ini telah ada sekitar 10.000 tahun SM. Kawasan ini telah menjadi situs bersejarah yang populer di dunia internasional. Tak sedikit turis asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan lukisan tapak tangan di sepanjang dinding gua.

Sumber: Good News From Indonesia

Di sini juga ditemukan tulang, wadah yang terbuat dari tanah liat, serta alat-alat yang terbuat dari batu. Masih dari hasil penelitian, diperkirakan penyebaran rumpun manusia purba Austronesia diawali dari pegunungan karst Sangkulirang. Ini artinya, kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat menjadi titik awal kemunculan manusia purba yang ada di bumi pertiwi.

Tak hanya sebuah situs sejarah, jajaran gunung karst yang berbaris di sepanjang Kecamatan Sangkulirang hingga Sandaran, Kabupaten Kutai Timur, juga dapat menjadi lokasi wisata alam. Misalnya, ketika dieksplorasi, kamu yang berkunjung ke kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat akan disuguhkan beberapa bagian pada puluhan gua berlorong panjang dengan pemandangan hiasan ornamen alami berupa stalagtit dan stalagmit mengagumkan. Ada pula jajaran flowstone indah yang memancarkan sinar kristal kalsit sehingga dapat dipastikan akan memukau mata setiap orang yang melihatnya. Mengeksplorasi gua-gua bawah tanah di sepanjang pegunungan karst juga menjadi tantangan tersendiri buat para penjelajah karena setiap spot memiliki ketinggian air yang berbeda.

Selain potensi sungai bawah tanah yang dapat dimanfaatkan, kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat juga memiliki potensi alam lain yang dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat setempat, seperti hutan kayu dan non kayu, batuan mineral, potensi wisata alam, serta sarang burung walet yang cukup menjanjikan. Bahkan, tercatat bahwa kawasan ini merupakan pemasok terbesar sarang burung walet di dunia. Tidak hanya itu, keanekaragaman hayati begitu berlimpah yang ditawarkan kawasan karst ini juga sangat kaya karena tempat ini dihuni oleh hewan endemik seperti orangutan.

Orang Utan, Hewan Endemik di Kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat, Kaltim

Alam telah memberikan potensi sumber daya alam mengagumkan di kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat ini. Tugas kitalah untuk memelihara dan melestarikannya sehingga tidak hanya wisatawan Indonesia saja yang dapat menyaksikan kemegahannya, namun juga wisatawan mancanegara. Tak hanya berwisata, tapi kita juga dapat belajar banyak tentang sejarah, pengetahuan alam, serta ekosistem di sana. Bahkan, beberapa peneliti dari luar negeri juga sudah banyak yang datang.

Nah, Sobat Atourin tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi dan nikmati keindahan alam yang sempurna di kawasan karst Sangkulirang-Mangkulihat ini. Keunikan dan keindahannya yang terjaga, menjadikan tempat ini cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dan menyenangkan bersama orang-orang tersayang, baik keluarga maupun kerabat dekat. Demikianlah informasi mengenai kawasan karst Sangkulirang-Mangkulihat yang dapat disampaikan.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Kalimantan Timur, maka jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata menakjubkan yang satu ini. Kamu dapat berlibur kesana saat ada waktu berlibur atau akhir tahun dengan mengajak kerabat di rumah untuk menikmati panorama keindahan alam Kalimantan Timur bersama layanan dari Atourin. Dengan layanan penuhnya, liburanmu pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Yuk, pastikan Sobat Atourin segera eksplor marketplace Atourin!