(Putri Inatisya)

Banyak orang ingin berkunjung ke Kota Semarang, baik untuk menghibur diri dari penatnya pekerjaan maupun menjelajahi berbagai tempat indah di Kota Semarang. Kota Semarang yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini memang memiliki beragam tempat yang cocok untuk menghibur diri kamu yang ingin berkunjung ke kota ini. Terdapat beberapa tempat wisata hits yang dapat kamu kunjungi nih bagi kamu yang ingin berlibur ke Kota Semarang.

Berikut 3 tempat wisata hits di Semarang yang wajib kamu kunjungi:

Dusun Semilir Eco Park

Tempat wisata yang saat ini sedang hits di Semarang adalah Dusun Semilir Eco Park. Tempat wisata ini berada di Jalan Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Dusun Semilir ini hits karena memiliki desain bangunan yang menyerupai stupa Candi Borobudur. Tempat yang juga menjadi favorit banyak orang yang berkunjung ke sini adalah Teras Gunung yang merupakan jembatan layang dimana kamu dapat melihat pemandangan indah dan berfoto-foto. Kamu dapat menikmati liburanmu di tempat ini sambil wisata kuliner karena di Dusun Semilir ini terdapat Gunungan Resto yaitu resto yang menyediakan makanan dengan pemandangan hutan alamnya dan Gunungan Foodpark yang dapat memenuhi keinginan wisata kuliner nusantara kamu.

Ingin merasakan liburan di Santorini tapi budget belum cukup? Tenang, di tempat ini terdapat Exotic village & Glamping Villas yang di dalamnya terdapat beberapa tempat yang menyerupai tempat-tempat di Eropa seperti Santorini. Kamu dapat merasakan suasana seperti sedang berlibur di luar negeri loh! Tentu banyak spot foto yang instagramable di area ini. Terdapat fasilitas Banyu Biru yaitu area yang bertemakan danau bohemian, cocok bagi kamu yang ingin bersantai-santai di area ini. Selain itu, terdapat fasilitas lain yang cocok bagi kamu yang ingin membawa anak-anak yaitu Pet Village yang merupakan area untuk bermain bersama hewan-hewan lucu dan juga Playpark untuk area bermain. Seru bukan? Kalau kamu tertarik untuk berkunjung ke Dusun Semilir ini kamu bisa datang pukul 10.00-08.00 WIB (senin-jumat) dan pukul 09.00-08.00 WIB (sabtu-minggu) ya. Harga tiket masuk yang perlu kamu bayar juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp20.000,00 (senin-jumat) dan Rp25.000,00 (sabtu-minggu).

Dusun Semili dan Bangunan yang Unik

Saloka Theme Park

Tempat wisata hits kedua di Semarang adalah Sloka Theme Park. Saloka Theme Park adalah taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah yang berada di Jalan fatmawati No.154, Tuntang, Semarang, Jawa tengah. Taman rekreasi ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan liburan dengan mencoba berbagai wahana seru nih. Terdapat 5 zona yang masing-masing zonanya tersedia berbagai wahana seru loh! Simak 5 zona seru di Saloka Theme Park di bawah ini:

  • Zona Pesisir

Sesuai dengan namanya di Zona Pesisir ini kamu akan disambut dengan suasana seperti di pesisir pantai. Zona Pesisir ini merupakan zona pertama yang akan kamu lihat saat memasuki Saloka Theme Park. Di zona ini terdapat Lumbung Ilmu Galileo dimana kamu dapat menambah pengetahuan mengenai berbagai informasi ilmiah. Selain itu, terdapat Arena Jejogedan & Kapal Jenju, Cafe Jenju.

  • Zona Balalantara

Zona kedua yang akan kamu temui adalah Zona Balalantara, berbeda dengan tema suasanya Zona Pesisir yang seperti di pantai, di zona ini kamu akan merasakan suasana seperti berada di hutan belantara. Di zona ini terdapat Wahana Kumbang Layang yang merupakan wahana air bike yang memiliki ketinggian 4 meter, Wahana Agrowisata Ijo Royo Royo yang dapat menambah pengetahuan mengenai tanaman buah, Wahana Jamur Apung yang merupakan perahu jamur yang dapat mengajakmu mengelilingi taman bunga dan rumah jamur, serta Wahana Adu Tangkas.

  • Zona Kamayayi

Zona Kamayayi ini adalah zona yang cocok untuk anak-anak karena terdapat berbagai macam wahana khusus anak-anak seperti Wahana Tata Titi yang merupakan wahana mobil-mobilan, Wahana Kupu-Kupu, Wahana Pinguin, dan Wahana Teka Teko. Di zona ini juga terdapat macam-macam food truck yang dapat memuaskan perutmu.

  • Zona Ararya

Zona Ararya ini adalah zona yang di dalamnya terdapat beberapa wahana yang dapat memicu adrenalin kamu nih. Terdapat Wahana Lika Liku, Wahana Paku Bumi, Wahana Bengak Bengok, Wahana Senggal Senggol, dan Wahana Obat Abit.

  • Zona Segara Prada

Zona Segara Prada ini adalah zona yang pas bagi kamu untuk bersantai karena terdapat Taman Galileo yang berupa taman bermain di luar ruangan dengan tema science. Selain itu terdapat Wahana Gonjang Ganjing yaitu wahana arung jeram yang siap membuat kamu basah-basahan.

Seru ya sepertinya? Yuk, langsung kunjungi tempat ini, tempat ini buka pada pukul 10.00-06.00 WIB (senin-jumat) dan pukul 11.00-07.00 WIB (sabtu-minggu). Harga tiket masuk yang perlu kamu bayar adalah sebesar Rp120.000,00 (weekday) dan Rp150.00,00 (weekend) ya.

Ilustrasi Budaya Jawa

Puri Maerokoco

Tempat wisata hits di Semarang yang ketiga adalah Puri Maerokoco. Puri Maerokoco ini adalah tempat wisata berupa taman yang juga sering dijuluki sebagai taman mininya Jawa Tengah. Hal itu dikarenakan kamu dapat melihat keberagaman yang dimiliki oleh Jawa Tengah di taman ini. Taman ini berada di Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Puri Maerokoco buka setiap hari pada pukul 07.00-06.00 WIB. Terdapat berbagai fasilitas yang dapat kamu nikmati jika kamu berkunjung kesini loh!

Di taman ini terdapat hutan mangrove yang dapat kamu nikmati keindahannya, desa wisata, istana anak-anak, flying fox, paintball, kereta gantung, dan gedung opera. Selain itu, terdapat waterboom dan area playground yang dapat kamu nikmati bersama keluarga loh, terutama jika kamu membawa anak kecil. Kamu juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kamu dengan berkunjung ke Museum IPTEK. Tentunya di tempat ini banyak spot foto yang instagramable nih jadi pas banget buat kamu yang suka foto-foto. Jika kamu tertarik berkunjung ke Puri Maerokoco ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00. Cukup terjangkau bukan?

Itulah 3 tempat wisata yang hits di Kota Semarang. Selain menyajikan tempat wisata yang seru, kamu juga dapat menambah wawasan pengetahuan kamu di berbagai wahana maupun fasilitas yang terdapat di tempat wisata tersebut, bermanfaat sekali ya? Jadi kamu dapat berlibur sekaligus menambah pengetahuan. Harga yang ditawarkan pun juga masih cukup terjangkau dilihat dari fasilitas yang disediakan masing-masing tempat wisata. Nah, tunggu apalagi, langsung saja kunjungi tempat wisata hits di Kota Semarang ini ya. Kalau kamu ingin merencanakan liburanmu ke Kota Semarang atau berbagai kota lainnya kamu dapat merencanakan liburanmu bersama Atourin loh! Langsung cek web Atourin ya.