(Sabila Rosyida)

Hai Sobat Atourin, ada satu lagi rekomendasi tempat nongkrong untuk kamu yang berdomisili di Tangerang Selatan dan sekitarnya yaitu Lewi’s Organics Factory Shop. Berlokasi di Pondok Kacang, Tangerang Selatan tepatnya di Jalan Raya Pondok Kacang Timur Nomor 11, Lewi’s Organics tidak hanya menyajikan secangkir kopi, tapi juga tanaman, produk organik, keramik, dan berbagai kerajinan tangan cantik. Banyaknya variasi produk yang ditawarkan Lewi’s Organics merupakan hasil kerja sama antara kafe ini dengan mitra UMKM di beberapa daerah di Indonesia. 

kafe sustainable
Ilustrasi kafe

Hidden gem di ujung Bintaro

Lewi’s Organics terletak di pinggir jalan kecil yang agak terpencil, Sobat Atourin. Dari Stasiun Jurang Mangu, kamu akan membutuhkan kurang lebih lima belas menit untuk sampai ke sana. Kamu bisa dengan mudah menemukan kafe ini dengan rimbunan tumbuhan yang menjadi ciri khas bangunannya dan plang nama yang cukup besar. 

sumber: dokumen pribadi penulis

Walaupun terkesan kecil dari luar, kafe ini cukup luas begitu kamu memasuki gerbang utamanya. Lewi’s Organics menyediakan banyak kursi outdoor yang bisa kamu pilih sesuka hati. Dengan suasana rimbunnya, kamu tidak perlu takut kepanasan. 

Kursi indoor-nya pun tidak kalah nyaman jika kamu lebih memilih untuk makan di dalam. Desain interiornya didominasi oleh kayu dan pernak-pernik warna-warni yang menciptakan kesan rustic, vintage, sekaligus playful. Sama seperti di luar, kamu juga akan menemukan banyak tumbuhan di dalam ruangan yang seakan menambah energi positif kafe ini. 

ilustrasi suasana kafe

Menu dan kisaran harga

Sesampainya di Lewi’s Organics, kamu akan dipersilakan untuk memindai kode bar berisi menu yang tersedia di setiap meja. Ketiadaan daftar menu fisik ini merupakan wujud komitmen Lewi’s Organics dalam menjaga lingkungan, sobat Atourin. Mereka juga tidak menyediakan sedotan plastik; kamu perlu membawa sedotan ramah lingkungan sendiri jika membutuhkannya. 


Untuk hidangan pembuka, kamu bisa memilih variasi hidangan ringan seperti potato wedges, salad, serta roti isi yang berharga mulai dari 40 ribuan. Sementara untuk hidangan utama, Lewi’s Organics menyediakan beberapa variasi pasta, nasi dan se’i, steak, serta sup yang berharga mulai dari 50 ribuan. Sebagai pelengkap, tersedia berbagai kudapan manis seperti cookies, muffin, dan pastry yang berharga mulai dari 30 ribuan. Lewi’s Organics juga menyediakan berbagai varian kopi dan teh yang berharga mulai dari 20 ribuan. 

menu kafe
salah satu menu kafe

Meski sedikit mahal , harga yang ditawarkan Lewi’s Organics sebanding dengan kualitas hidangan dan pelayanannya. Harga yang tertera di daftar menu juga sudah termasuk pajak. 

Selain makanan dan minuman, Lewi’s Organics juga menyediakan beberapa produk organik seperti keripik buah, kacang-kacangan, nasi merah, dan gula kelapa yang bisa kamu beli bungkusan. Seperti kain tenun dan tembikarnya, produk-produk organik ini merupakan hasil kerja sama antara Lewi’s Organics dengan pelaku UMKM di beberapa daerah di Indonesia. 

Penerapan prokes yang ketat

Mengingat luasnya area kafe dan banyaknya kursi yang disediakan, Lewi’s Organics sering jadi pilihan warga Bintaro untuk berkumpul dalam kelompok-kelompok kecil hingga besar. Jika kamu tertarik untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman terdekat di Lewi’s Organics, jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, ya. 

protokol kesehatan
Ilustrasi protokol kesehatan

Tak perlu khawatir, karena Lewi’s Organics memberlakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat di area kafe. Sebelum masuk, pengunjung akan diminta untuk memindai kode bar melalui aplikasi PeduliLindungi sehingga jumlah pengunjung akan selalu terkontrol. Petugas juga akan memindai suhu tubuh pengunjung dan menyediakan hand sanitizer

Gimana Sobat Atourin, tertarik mengunjungi Lewi’s Organics Factory Shop?