(Tesalonika Hardiningtyas)

Siapa yang tidak tahu kota Surabaya? Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, bahkan menduduki kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Banyak hal yang dapat kamu explore dari kota pahlawan ini. Selain patung yang ikonik dan museum bersejarah yang ada di Surabaya, kamu juga wajib mencoba kuliner malam Surabaya! Kali ini Atourin akan membahas kuliner yang cocok untuk kamu para backpacker, karena harga makanan ini tergolong murah namun rasanya tetap juara.

Bebek Goreng

Bebek Goreng Simpang Pojok

Biasanya ketika bertanya mengenai bebek khas Surabaya, banyak orang akan merekomendasikan Bebek Tugu Pahlawan. Namun kali ini Atourin ingin mengenalkan kamu dengan Bebek Goreng Simpang Pojok. Letaknya berada di belakang Hotel Grand Inna Simpang, tepatnya di Jalan Simpang Dukuh 6-8, Surabaya. Dari tempat makan ini juga kamu dapat melihat gedung Mall Tunjungan Plaza yang menjulang tinggi. Bebek Goreng Simpang Pojok cocok bagi kamu yang tengah malam sedang kelaparan, karena jam buka Bebek Goreng Simpang Pojok adalah pukul 17.00 hingga 01.00! Harga yang ditawarkan juga sangat ramah di kantong lho. Untuk satu porsi bebek lengkap beserta nasi, lalapan, dan sambal dibandrol dengan harga 17.000 rupiah dan jika kamu memesan minum es teh manis maka total yang kamu harus bayar hanya sebesar 20.000 rupiah.

Tapi jangan khawatir, dengan harganya yang ramah di kantong rasanya pun tak kalah dengan bebek terkenal lainnya di Surabaya. Bebek Goreng Simpang Pojok dilengkapi dengan serundeng yang menambah cita rasa dari bebek ini. Untuk dagingnya sendiri, memiliki tingkat keempukkan yang pas. Dari segi area makan, Bebek Goreng Simpang Pojok memiliki konsep kaki lima. Dimana terdapat meja panjang yang dilengkapi dengan kursi – kursi per orangan.

Pecel Lele

Pecel Lele Cak Di Nganjuk

Atourin sekarang mau ajak kalian untuk makan pecel lele! Namanya adalah Pecel Lele Cak Di Nganjuk yang terletak di Jalan Dharmahusada No. 91, Mojo, Gubeng, Surabaya. Kuliner ini mulai beroperasi di sore hari yaitu 17.30 WIB hingga 00.00 WIB. Pecel Lele Cak Di Nganjuk menyediakan berbagai macam jenis ikan mulai dari ikan pari hingga ikan lele. Namun bagi kamu yang tidak ingin menikmati ikan, disini juga terdapat pilihan ayam goreng. Untuk pesanan satu porsi kamu akan disuguhkan lauk pilihan, nasi, lalapan, dan tak ketinggalan sambal. Harga yang ditawarkan pun bervaritif tergantung dengan lauk yang kamu pesan. Untuk dua orang dikenakan harga dikisaran 45.000 rupiah untuk dua porsi makanan dan minuman.

Untuk rasa kamu tidak perlu meragukannya lagi tempat ini selalu ramai pengunjung apalagi di pukul 21.00 WIB. Jadi jika kamu tidak ingin mengantri lama, kamu bisa datang di pukul 19.00 WIB atau 23.00 WIB sehingga tak perlu menunggu lama untuk menikmati makan malammu. Sambal yang disediakan disini bisa disesuaikan tingkat kepedasannya, sehingga bagi kamu yang tidak memiliki toleransi yang tinggi pada rasa pedas tidak perlu khawatir. Meskipun sambal yang disajikan tidak pedas, tetap memiliki cita rasa tersendiri yang sangat lezat.

Rawon

Warung Pojok Moroseneng

Pasar Pucang ketika malam hari berubah menjadi daerah wisata kuliner. Banyak makanan kaki lima yang berjejer sepanjang jalan, namun kamu wajib mencoba Pecel dan Rawon Pasar Pucang. Warung Pojok Moroseneng menyediakan pecel ataupun rawon, namun ada juga menu kombinasi keduanya! Pecel rawon ini cocok untuk menikmati rasa laparmu ditengah malam, karena pecel rawon ini baru mulai beroperasi pukul 20.00 WIB hingga 02.00 WIB. Untuk letak persisnya berada di depan toko kain, kamu harus lebih jeli kali ini untuk menemukan tempat makan ini karena kalo tidak kamu malah akan salah masuk tempat makan lain yang menjual menu serupa namun rasanya tak sama. Tentu saja harga yang ditawarkan ramah di kantong, untuk satu porsi pecel rawon kamu dikenakan 17.000 rupiah saja!

Warung Pojok menyajikan rasa sambal yang nikmat pedasnya apalagi untuk kamu para pecinta pedas. Untuk tempat makannya sendiri, konsepnya masih sama dengan tempat makan lainnya yaitu kaki lima. Namun disini terdapat beberapa pilihan tempat duduk, kamu bisa duduk di lesehan maupun di bangku panjang biasa.

Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung untuk menentukan makan malammu hari ini! Selamat menikmati kuliner Surabaya. Untuk informasi mengenai pariwisata dan wisata kuliner lainnya di Indonesia kamu bisa cek lebih lengkap di blog Atourin!