Wisata outdoor menjadi salah satu aktivitas traveling favorit banyak orang di masa pandemi. Selain lebih aman karena berkegiatan di alam terbuka, wisata outdoor juga bisa memberikan pengalaman menjelajah alam bebas yang tidak dapat ditemukan di kota besar seperti Jakarta. Wisata luar ruangan yang akan kita bahas kali ini adalah wisata curug atau air terjun. Meskipun di Jakarta tidak ada wisata air terjun, Sobat Atourin dapat menemukan curug yang sangat indah dengan berkendara sekitar 1-2 jam saja dari Jakarta, lho! 

Di mana saja, sih, curug-curug yang indah dan dekat Jakarta itu? 

Nah, jawabannya adalah Sentul! Sentul merupakan sebuah daerah di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bogor, yang terkenal dengan panorama alam berupa pegunungan yang sangat memukau dan curug-curug indah yang tersebar di banyak titik. 

Bila Sobat Atourin ingin mengeksplor alam Sentul, tidak perlu cemas kelelahan karena banyak hotel yang tidak terlalu jauh dari curug-curug yang akan kami rekomendasikan nanti. Sobat Atourin dapat memilih hotel dengan pemandangan danau serta gunung yang asri dan menenangkan di Aston Sentul, atau hotel dengan arsitektur minimalis dengan pemandangan kota Bogor yang menyejukan di The Alana Hotel. Alternatif lainnya adalah budget hotel yang stylish dengan fasilitas lengkap di Hotel NEO+ Green Savana. Setelah puas bermain air di curug, Sobat Atourin bisa beristirahat dulu sebelum pulang keesokan harinya.

Sebenarnya ada banyak sekali curug di Sentul, tapi supaya tidak bingung, sudah kami pilihkan 7 curug di Sentul yang wajib masuk bucket list liburan akhir pekan Sobat Atourin. Yuk, simak!

1. Curug Barong

Sumber foto: Instagram @shaktii

Curug Barong terletak di daerah Sentul, Babakan Madang. Air terjun ini mengalir dari sungai yang sama dengan Curug Leuwi Hejo, yaitu Sungai Cirangrang. Posisi Curug Barong terletak setelah Curug Leuwi Lieuk dan sebelum Curug Leuwi Hejo. Untuk mencapai Curug Barong, medan yang harus dilalui cukup menantang dan menguras tenaga. Namun, untuk pencinta petualangan, rasa lelah saat trekking akan terbayar dengan kesejukan dan keindahan alam yang disuguhkan oleh Curug Barong.

Lokasi: Pabuaran, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

2. Curug Leuwi Hejo

Sumber foto: Instagram @aknesta

Sama dengan Curug Barong, Curug Leuwi Hejo terkenal dengan aliran air yang sangat bening karena air yang mengalir berasal dari Sungai Cirangrang. Curug Leuwi Hejo dapat dijangkau dengan trekking selama 1 jam dari lokasi parkir kendaraan. Sepanjang jalan menuju curug, Sobat Atourin dapat melihat pemandangan alam yang indah seperti hamparan sawah yang hijau dan perbukitan. Apabila cuaca sedang cerah, akan terlihat penampakan Gunung Gede dan Gunung Pangrango dari kejauhan. 

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

3. Curug Leuwi Lieuk

Sumber foto: Instagram @chepybennington

Curug Leuwi Lieuk juga berada dalam gugusan curug di daerah Babakan Madang seperti Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo. Bagian telaga Curug Leuwi Lieuk dikelilingi oleh dinding bebatuan tinggi yang biasanya dijadikan tempat untuk melompat. Tinggi batu di sekitar curug ini bervariasi, mulai dari 3 meter, 5 meter, hingga 6-7 meter. Melompat dari tebing dan mendarat di telaga air segar di tengah alam terbuka tentu akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

4. Curug Ciburial

Sumber foto: Instagram @bogormoment

Untuk menuju Curug Ciburial, jalan yang ditempuh cukup curam dan terjal. Akan tetapi, sepanjang perjalanan, Sobat Atourin akan menjumpai pemandangan indah seperti bukit-bukit yang hijau serta aliran air sungai yang mengalir tenang dari curug-curug sekitar. Air di Curug Ciburial begitu jernih dan tampak berwarna hijau kebiruan. Curug Ciburial yang tidak terlalu tinggi serta memiliki kolam yang tidak dalam akan menjadi kesenangan tersendiri bagi para pengunjung yang senang bermain air.

Lokasi: Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kab. Bogor.

5. Curug Hordeng

Sumber foto: Instagram @uswahassyifa

Curug Hordeng terletak tidak jauh dari Curug Ciburial dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit. Nama Curug Hordeng berasal dari bahasa Sunda, “hordeng” yang berarti tirai, dinamakan seperti itu karena penampakan air terjun yang lebar dan tidak terlalu tinggi seperti tirai. Pengunjung dapat berenang di Curug Hordeng, tapi hindari terlalu dekat dengan air terjun. Jalan yang harus dilalui untuk menuju Curug Hordeng terbilang sempit, berupa tanjakan dan turunan yang cukup terjal dilengkapi tikungan. Jika berkunjung ke sini, Sobat Atourin harus berhati-hati dan usahakan datang bukan saat musim hujan, ya, karena jalan dan bebatuan di sekitar curug relatif licin.

Lokasi: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

6. Curug Cibaliung

Sumber foto: Instagram @explorebanjar.id

Curug Cibaliung disebut-sebut sebagai “surga tersembunyi” di Bogor. Lokasi curug yang berada di Karang Tengah Bogor ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama setengah jam dari area parkir. Curug Cibaliung menawarkan keindahan dan pesona air terjun yang bersih dan dingin. Curug ini merupakan salah satu curug terdalam dari curug-curug lainnya di Bogor. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke Curug Cibaliung, sehingga lokasinya paling bersih, alami, dan sepi dibanding curug-curug lainnya.

Lokasi: Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor.

7. Curug Kalimata 

Sumber foto: Instagram @d0komoto

Curug Kalimata terkenal karena jalurnya yang sulit dilewati. Karakteristik curugnya juga tidak dapat digunakan untuk lompat serta berenang. Oleh karena itu, Curug Kalimata cocok untuk Sobat Atourin yang benar-benar menyukai tantangan. Curug ini cukup tinggi dengan kedalaman air sekitar sepinggang orang dewasa. Walaupun perjalanan menuju Curug Kalimata terbilang sulit untuk dilalui, pemandangan yang disuguhkan akan sangat memanjakan mata. Sobat Atourin dapat melihat pemandangan hijau pegunungan dan area persawahan dan perkebunan, sehingga berwisata ke Curug Kalimata tentunya akan menjadi pengalaman trekking yang tidak terlupakan!


Itulah 7 wisata air terjun favorit di Sentul. Panorama yang sangat mengagumkan serta nuansa sejuk dari deburan air yang jatuh, membuat air terjun menjadi salah satu objek wisata alam yang paling digemari hingga saat ini, khususnya di masa pandemi seperti sekarang.

Bagaimana, Sobat Atourin? Sudah tertarik untuk atur jadwal liburan akhir pekan dan mengunjungi curug-curug yang ada di kawasan Sentul? 

Jangan lupa untuk cek harga hotel terbaik dari Wego dan nikmati fasilitas hotel yang nyaman di kawasan Sentul, Bogor. Sobat Atourin bisa menjelajah alam sekaligus menikmati staycation di hotel dengan fasilitas lengkap, pelayanan yang ramah, dan pemandangan pegunungan yang memesona.