Time To Read : 6 minutes

(Varajuba Suci Amalia)

Syarat bepergian dengan transportasi umum menjadi lebih ketat pada masa pandemi ini. Namun tentu saja hal itu tidak memadamkan semangat jalan-jalan Sobat Atourin, kan? Jika ingin mencari alternatif perjalanan untuk melakukan travelling, road trip atau perjalanan darat bisa menjadi salah satu pilihan. Biasanya road trip sendiri memakai kendaraan seperti mobil, bus, atau motor pribadi maupun yang khusus disewa untuk melakukan perjalanan ini. Selain untuk meminimalkan kontak dengan orang lain, road trip juga dapat dijadikan ajang quality time bersama keluarga, teman, maupun orang terdekat.

Road trip sangat cocok untuk kamu yang berjiwa petualang. Sampai di tempat tujuan memanglah menyenangkan, tapi terkadang perjalanan itu sendiri yang membawa banyak hal tidak terlupakan. Akan ada banyak cerita untuk diceritakan kembali di kemudian hari, tentang pengalaman-pengalaman seru yang tidak tertulis di list rencana perjalanan kamu. Nah, jika kamu ingin mencoba road trip terutama pada masa pandemi, perhatikan hal-hal yang perlu disiapkan di bawah ini agar perjalananmu tetap aman dan nyaman.

1.      Pastikan Kondisi Fisikmu Fit

Road trip membutuhkan waktu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta api. Maka dari itu, pastikan badan kamu tetap dalam kondisi prima. Bawalah obat-obatan, vitamin, dan minuman hangat selama perjalanan berlangsung. Jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup agar badan tidak lelah saat berkendara.

Swab test atau rapid test juga perlu untuk dilakukan sebelum keberangkatan di masa pandemi. Meskipun badan kamu terasa baik-baik saja, tidak menutup kemungkinan kamu adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dapat menularkan virus Covid-19 ke orang lain. Di samping itu, beberapa daerah seperti Bali dan Balikpapan juga mensyaratkan surat hasil tes negatif Covid-19 yang masih berlaku bagi wisatawan. Meskipun disediakan tempat untuk melakukan rapid test di setiap kota, akan lebih mudah jika kamu sudah mempersiapkannya dari rumah, kan?

2.      Membawa Barang Penting dan Seperlunya

Membawa barang secukupnya. Sumber : Canva.com

Jika kamu bepergian dengan cukup banyak orang, pastikan barang yang kamu bawa seperlunya saja agar ruang di dalam kendaraan tidak sempit dan tetap nyaman. Buat daftar barang yang kamu bawa dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang tertinggal. Selain baju dan perlengkapan mandi, kamu akan butuh kartu tol, jaket, disinfektan, hand sanitizer, tisu basah, masker, kotak P3K, obat-obatan pribadi, serta camilan dan minuman untuk di perjalanan. Kamu juga sebaiknya membawa perlengkapan makan pribadi untuk meminimalisir penyebaran virus.

Jangan lupa siapkan musik atau film agar perjalanan yang panjang terasa jauh lebih menyenangkan. Kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu untuk mengantisipasi jaringan internet yang tidak ada, baik di jalan maupun di destinasi tujuan.

3.      Mengecek Kondisi Kendaraan

Mengecek kendaraan. Sumber : Canva.com

Jalanan yang dilewati selama road trip tidak selalu mulus. Jalan berlubang dan bergelombang akan selalu ada. Hal ini sangat membahayakan pengendara terutama ketika hujan tiba. Maka dari itu, selalu cek kondisi kendaraan kamu sebelum dan saat perjalanan berlangsung. Pastikan kondisinya siap untuk dibawa bepergian jauh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari oli mesin, air radiator, rem, tekanan ban, lampu, kondisi AC, dan lain-lain. Sebaiknya kamu melakukan servis kendaraan terlebih dahulu sebelum berangkat.

Cek juga kelengkapan barang-barang seperti ban cadangan, dongkrak, obeng, dan perkakas kendaraan yang lain untuk mengantisipasi hal-hal darurat.

4.     Spare Time, Spare Money

Menyisakan waktu untuk istirahat. Sumber : Canva.com

Road trip adalah tipe perjalanan dengan banyak kemungkinan tak terduga. Oleh karena itu, siapkan segalanya dengan matang termasuk waktu dan uang. Akan banyak keluar biaya tak terduga selama perjalanan berlangsung, termasuk jika tiba-tiba terjadi kerusakan kendaraan. Selalu sediakan budget lebih untuk hal-hal darurat yang terpisah dengan budget liburanmu.

Tak berbeda dengan uang, kamu juga harus menyiapkan waktu cadangan. Tambahkan minimal satu hari kosong ke rencana perjalananmu sebelum kembali ke rutinitas. Sisa hari ini dapat kamu gunakan untuk beristirahat, mengingat road trip yang panjang akan sangat melelahkan. Hari kosong ini juga dapat digunakan untuk mengantisipasi jika kamu tidak bisa sampai rumah sesuai rencana. Hal seperti ini sangat sering terjadi. Penyebabnya bisa banyak hal mulai dari mobil yang mogok, jalanan yang macet, atau bahkan destinasi yang terus bertambah di sepanjang perjalanan.

Itulah empat tips persiapan road trip yang wajib kamu perhitungkan saat pandemi. Prioritaskan tempat wisata outdoor atau tempat wisata dengan sirkulasi udara yang baik, karena kontaminasi virus akan sangat rentan di tempat yang tertutup. Tetap terapkan protokol kesehatan yang dianjurkan dan jangan sampai lalai ketika berinteraksi dengan orang lain. Jika kamu masih bingung dengan destinasi yang ingin dituju, kamu bisa mencari rekomendasi tempat wisata serta pemandu wisata yang sudah berlisensi di website Atourin, loh!