(Octavianus Omega Ananta Yuda)

Solo hiking merupakan salah satu kegiatan yang identik dengan mendaki sebuah gunung yang dilakukan seorang diri. Kegiatan ini menjadi salah satu alternatif pilihan bagi para pendaki karena sifatnya fleksibel untuk dilakukan dan memiliki keistimewaan tersendiri yang akan didapatkan sepanjang perjalanan. Dengan banyaknya gunung serta pegunungan di Indonesia, dapat menjadi pilihan bagi pendaki untuk memilih lokasi gunung yang tepat untuk didaki seorang diri dan tentunya sesuai dengan yang sudah dipertimbangkan.

Nah, solo hiking sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan. Solo hiking yang merupakan pendakian seorang diri, dengan kata lain bebas dalam menyusun rencana perjalanan, fleksibel dalam mengubah rencana pendakian, serta dapat mengatur ritme dan kecepatan saat berjalan. Tidak hanya itu, dalam melakukan solo hiking juga dapat menambah relasi pertemanan dengan para pendaki yang lainnya. Walaupun solo hiking ini diperbolehkan dalam pendakian, tapi solo hiking juga bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara asal dan coba-coba, perlu persiapan dan ada hal yang wajib diperhatikan. Oleh karena itu, apa saja, sih, yang harus disiapkan sebelum mendaki seorang diri? Mari kita simak tips-tips berikut untuk solo hiking yang aman dan nyaman!

Disarankan memiliki pengalaman mendaki gunung

Harus diingat bahwa kegiatan mendaki seorang diri bukan untuk dicoba-coba, tetapi perlu pengalaman serta jam terbang dalam mendaki sebuah gunung. Pasalnya dalam mendaki seorang diri, pasti akan menemukan banyak tantangan dan resiko yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Perlu mental dan fokus yang kuat dan kepercayaan diri yang matang dalam mendaki seorang diri. Berbekal pengalaman yang sudah dimiliki sebelumnya pasti akan lebih mudah dalam mengatasi tantangan dan kendala yang mungkin terjadi saat pendakian. Sehingga apabila mengalami cidera atau tersesat saat mendaki bisa diminimalisir. Tidak mau, kan, waktu dan tenagamu habis sepanjang jalur pendakian karena belum memiliki pengalaman mendaki sebelumnya? 

Survei tujuan dan susun rencana perjalananmu

Saat ingin melakukan pendakian seorang diri, alangkah baiknya untuk menentukan tujuan pendakian terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman para pendaki dengan konsep solo hiking, setelah mereka menentukan tujuan pasti akan mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai medan yang akan dilalui. Untuk itu, kamu bisa mencari dan mendapatkan informasi dari teman dan kenalan yang pernah mendaki tempat tersebut sebelumnya, atau bisa mencari informasi dengan berselancar di internet terkait hal tersebut agar kamu mempunyai gambaran kondisi dan medan yang akan dihadapi.

Nah, sudah tau gambaran kondisi dan medan yang akan dihadapi kan? Setelah itu kamu perlu susun rencana perjalananmu, mulai dari berangkat hingga nanti pulang ke rumah. Ini sangat diperlukan karena akan mematangkan semua rencana pendakianmu. Mulai dari tanggal pendakian, perkiraan cuaca, transportasi yang akan digunakan, lama mendaki, jalur, dan rute pendakian, hingga biaya yang akan dikeluarkan selama solo hiking. Maka dari itu, solo hiking lebih cocok dilakukan untuk pendaki yang memiliki waktu luang yang lebih banyak dan tidak terlalu terburu-buru. 

Persiapkan peralatan dan logistik yang mendukung 

Jika kamu melakukan solo hiking, pastikan mempersiapkan fisik dan mental serta peralatan dan logistik selama pendakian agar mendukung semua rencana pendakianmu. Sebelum berangkat, pastikan peralatan dan perlengkapan seperti tenda, kompor, nesting, gas, trekking pole, matras, jas hujan, raincoat, dan peralatan lainnya masih berfungsi dengan baik. Cek kembali dengan baik agar tidak ada penyesalan selama di perjalanan karena peralatan tidak berfungsi dengan baik. Perhitungkan juga logistik yang akan kamu bawa sesuai dengan lamanya waktu pendakianmu. Usahakan jangan terlalu banyak dan jangan juga terlalu sedikit karena logistik yang disiapkan dengan baik akan mendukung kesuksesan pendakian sampai ke puncak. 

Siapkan perlengkapan pribadi 

solo hiking oleh seorang perempuan yang sedang duduk menikmati sunrise dari sleeping bag
Ilustrasi Seorang Pendaki yang Sedang Menikmati Sunrise dari Sleeping Bag

Fungsi dari perlengkapan pribadi saat melakukan solo hiking adalah memberikan rasa nyaman saat mendaki dan saat di dalam tenda. Baju ganti, kaos kaki, sleeping bag, topi, serta kotak first aid atau P3K sangat penting untuk dibawa. Untuk perlengkapan pribadi seperti baju ganti dan kaos kaki, ada baiknya untuk menyertakan baju ganti cadangan dan kaos kaki cadangan menyesuaikan lama waktu pendakian. Hal itu karena kita tidak tahu hal tak terduga selama di pendakian yang memerlukan baju cadangan dan kaos kaki cadangan, misalnya kehujanan. Selain itu, perlengkapan pribadi seperti obat-obatan yang wajib dibawa selain kotak first aid atau P3K yaitu vitamin, obat luka, obat flu dan batuk, obat maag, serta obat untuk pegal-pegal dan cedera otot. Jika semua sudah lengkap, kamu tidak perlu panik saat melakukan solo hiking.

Berikan kabar kepada orang terdekat

Solo Hiking memang kegiatan yang memiliki banyak resiko karena dilakukan seorang diri. Segala persiapan yang sudah disiapkan dengan matang tetap perlu diperhatikan agar tidak ada yang tertinggal dan meminimalisir resiko tersebut. Oleh karena itu, karena memiliki banyak resiko selama perjalanan, ada baiknya untuk memberikan kabar kepergian selama pendakian kepada orang terdekat seperti orang tua, teman, sahabat, atau saudara. Berikan informasi mengenai kemana kamu hiking, berapa lama kamu hiking, dan kapan akan kembali ke rumah agar semua terkoordinasi dengan baik. 

Bawalah hiburan pribadi

Seorang diri di alam bebas pasti akan membuat kamu merasa kesepian selama berada di jalur pendakian atau tempat kemah. Bawalah barang-barang yang dapat mengusir kejenuhan seperti headset atau earphone, buku, pulpen, alat gambar, komik, maupun novel. Tidak disarankan untuk membawa music box atau speaker bluetooth karena akan mengganggu lingkungan sekitar pendakian. 

Beberapa tips di atas dapat menjadi pedoman kamu jika ingin melakukan solo hiking yang aman dan nyaman. Dengan persiapan yang matang, dijamin solo hiking kamu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan berkesan! Oleh karena itu, selalu semangat dan jangan lupa untuk membuat travel itinerarymu dengan melihat destinasi-destinasi wisata menarik di website Atourin!