Time to Read: 5 minutes

(Qinan Zhafirah Rachmah)

Hai Sobat Atourin! Yogyakarta pernah menjadi ibukota Negara Indonesia pada tahun 1946, tepatnya pada bulan Januari. Yogyakarta merupakan kota yang cukup terkenal di Indonesia. Masih ingat kan, pada tahun 2017 lalu mantan Presiden Amerika yaitu, Barrack Obama dan keluarganya sempat berlibur ke Yogyakarta selama kurang lebih 3 hari. Wah, keren ya!

Sobat Atourin kalau ke Jogja berkunjung kemana aja, sih? Malioboro? Candi Prambanan? Pantai Parangtritis? Kalau iya, maka agak mainstream atau umum ya destinasinya ehehe! Kalian penasaran nggak sih dengan objek wisata di Jogja yang belum banyak dikenal oleh wisatawan? Yuk, simak artikel berikut ini.

Breksi Cliff Park

Tebing Breksi (Dokumen Pribadi)

Tebing Breksi atau Breksi Cliff Park tepatnya berada di Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman. Objek wisata ini merupakan bekas tambang batu kapur yang kemudian disulap menjadi tempat wisata yang unik, khususnya bagi kalian yang gemar berswafoto dengan latar belakang yang epik. Tebing tinggi yang tidak lagi dipakai untuk pertambangan, kemudian dipahat menjadi relief-relief khas cerita rakyat Yogyakarta. Pemandangannya tidak usah diragukan lagi, apalagi saat matahari terbenam. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau.

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat (@robertus_yeky)
https://jejakpiknik.com/pantai-kesirat/

Nah, destinasi kali ini cocok banget untuk kalian yang mengaku sebagai anak pecinta alam. Pantai Kesirat dengan jajaran tebing karang ini, lokasinya berada di Gunung Kidul. Pantai ini masih terdengar asing ditelinga wisatawan karena masih belum banyak yang berkunjung. Biasanya, pengunjung suka melakukan aktivitas camping dan memancing dari atas tebing yang langsung terhubung ke laut lepas. Kabarnya, Pantai Kesirat ini mempunyai spot foto senja tereksotis di Jogja, lho! Penasaran kan? Kamu bisa buktikan langsung sendiri dengan mengunjungi pantai ini.

Embung Batara Sriten

jogja24jam on Twitter: "Pesona Embung Batara Sriten, Nglipar ...
Embung Batara Sriten (twitter.com)

Masih di kawasan Gunung Kidul, Embung Batara Sriten ini merupakan telaga tertinggi di Yogyakarta. Lokasi ini cocok untuk kalian yang kurang suka dengan keramaian, karena telaga ini terhitung sebagai objek wisata yang baru. Jalanan untuk mencapai destinasi ini baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Tanjakan yang ada cukup curam, tetapi suasananya sangat sejuk, dikarenakan berada di ketinggian 859 mdpl (meter di atas permukaan laut). Terkadang, embun pun turun pada saat siang hari. Wah, pasti dingin banget!

Nah menarik kan tiga destinasi di atas, ada wisata tebing, laut, dan juga telaga. Mana nih kira-kira yang mau kamu kunjungi? Kalau bisa semuanya kamu masukkan ke travelling list-mu ya ketika jalan-jalan di Jogja. Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website dan medsos Atourin!