Ilustrasi Salah satu Cafe Oriental di Petak Sembilan, Jakarta (unsplash.com)

Time to Read: 7 Menit

(Mudhya Razanne Tiara)

Teman-teman Atourin masih ingatkah dengan adegan Awan dan Kale yang mengunjungi wilayah Pecinan, Jakarta di Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”? Melihat Awan dan Kale menikmati hidangan di salah satu kedai sepertinya mengasyikan bukan?! Atau saat mereka berbelanja cemilan berbentuk jeruk di sana? Jadi penasaran bukan, kalian bisa merasakan hal serupa di mana?

Nah, ternyata kalian bisa merasakan hawa yang serupa seperti di film tersebut dengan mengunjungi wilayah Petak Sembilan Jakarta! Pasalnya, wilayah Petak Sembilan yang terletak di Glodok, Jakarta Barat ini merupakan area Pecinan, teman-teman. Di sini, kamu bisa merasakan suasana seperti di negeri Tiongkok, melihat atraksi kebudayaan mereka, hingga mencicipi hidangan oriental yang tentunya sangat menggiurkan. 

Untuk menjangkau lokasi ini, kamu bisa menggunakan transportasi umum seperti angkot, bus, hingga kereta listrik. Wilayah Pecinan ini juga bisa kamu eksplorasi lebih lanjut dengan berjalan kaki untuk mendapatkan sensasi yang lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menyediakan payung  demi menghindari sengatan matahari, untuk kenyamanan berjalan-jalan di Pecinan ini dengan menyenangkan ya teman-teman. 

Nah, ketika berkunjung ke sini ada objek yang menarik yang bisa kamu lihat, nih! Kamu bisa mampir ke pelataran Hotel Novotel Gajah Mada. Di sana kamu akan menemukan sebuah rumah khas Tionghoa Batavia yang sangat otentik, yang disebut dengan Gedung Candra Naya. Konon, rumah tersebut merupakan rumah yang dahulu dimiliki oleh mayor Tionghoa Batavia. Rumah yang memiliki ornamen naga-naga kecil pada langit-langitnya ini sangat keren untuk dijadikan spot foto. Selain itu kamu juga bisa melihat kolam teratai berisikan kura-kura sambil menikmati pemandangan yang ada. Pokoknya suasananya benar-benar seperti berada di rumah-rumah Tionghoa pada umumnya deh. 

Setelahnya, kamu juga wajib mengunjungi salah satu tempat bersejarah lainnya, yakni Pantjoran Tea House. Toko teh khas Tiongkok ini mempunyai sejarah yang cukup unik. Pasalnya, bangunan yang ada dahulunya merupakan bangunan apotek Chung Hwa pada masa Batavia. Menariknya, toko ini identik dengan ornamen enam teko teh di luar tokonya. Katanya sih, dahulu fungsinya adalah untuk memberikan minum kepada para pedagang yang kehausan. Baik banget ya? Dan tradisi ini terus berlanjut loh sampai sekarang. Di depan toko ini masih disediakan teko teh dengan jumlah tersebut yang memang disediakan untuk mereka yang ingin minum teh, secara gratis.

Sesuai namanya, Pantjoran Tea House ini menyediakan bermacam-macam teh. Kamu bisa mencicipi teh China, Jepang, Inggris, dan Indonesia dengan berbagai varian rasa. Harganya pun terjangkau mulai dari tiga puluh ribu rupiah hingga empat puluh ribu rupiah dan bisa kamu nikmati dengan tambahan refill hingga dua atau lima kali. 

Setelah mencicipi teh di Pantjoran Tea House, teman-teman dapat mengunjungi sebuah gang yang sangat terkenal, yakni Gang Gloria. Gang Gloria sendiri sangat terkenal dengan banyaknya jajanan kuliner yang nikmat-nikmat. Kamu bisa menyantap hidangan berupa bubur hingga es kopi yang sangat terkenal kenikmatannya. Jangan lupa juga untuk datang ke Gang Gloria ini pada pagi hingga menjelang siang hari ya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari stok makanan yang habis atau sulitnya mendapatkan tempat duduk di kedai-kedai yang ada. 

Ilustrasi Es Kopi Susu Tak Kie (unsplash.com)

Salah satu es kopi yang sangat terkenal adalah Kopi Es Tak Kie. Toko kopi yang telah ada sejak tahun 1927 ini sangat terkenal dengan kenikmatan dan suasana toko yang otentik. Jadi, kalian bisa banget nih untuk bersantai sambil ngopi dengan suasana yang klasik. Bisa dibilang toko ini jadi pelopor kedai kopi ya, jauh sebelum kedai kopi kekinian yang kini banyak ditemui di berbagai penjuru Jakarta.

Kopi Es Tak Kie ini sendiri menjual berbagai varian kopi. Bagi kalian pecinta kopi dengan rasa yang pekat dan kuat maka kalian pasti akan suka dengan kopi hitamnya. Kalian juga bisa memesan kopi susu maupun es teh tariknya yang juga tidak kalah nikmat dan memiliki cita rasa yang lebih lembut. Minuman ini bisa kamu beli seharga lima belas ribu hingga tujuh belas ribu rupiah. Adapun bila lapar, kalian juga bisa memesan nasi campur, nasi tim, bakmi, dan berbagai hidangan lainnya. Nah, yang lebih menyenangkannya lagi, kalian juga bisa loh memesan jajanan di sepanjang Gang Gloria dan menikmatinya di toko kopi ini. Namun tentu saja setelah kalian juga memesan makanan dan minuman dari toko kopi Tak Kie ini ya.

Setelah mengisi tenaga, jangan langsung pulang ya teman-teman! Masih ada tempat yang perlu kalian kunjungi lagi, yakni Pasar Petak Sembilan. Di pasar ini kamu bisa belanja kebutuhan sehari-hari maupun sayur dan buah-buahan. Kamu bisa belanja aksesoris hingga pakaian bernuansa merah-merah menyala khas Tiongkok juga di sini. 

Uniknya pula, di pasar ini kalian bisa melihat berbagai macam hewan dijual. Salah satu hewan yang menarik dan dijual disini adalah katak. Yap! Hal ini dikarenakan ada beberapa hidangan khas Tiongkok yang menggunakan bahan baku katak, teman-teman. 

Nah, destinasi terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah Vihara Dharma Bhakti. Vihara ini merupakan vihara tertua di Jakarta. Vihara ini sangat menarik untuk dikunjungi karena nuansanya yang serba merah dan emas ini sangat cantik untuk dipandang. Kamu juga bisa melihat banyak lilin-lilin merah yang dipasang di dalamnya. Suasana di sekitar vihara dan Petak Sembilan umumnya akan sangat ramai ketika perayaan keagamaan seperti Imlek atau Cap Go Meh. Berbagai atraksi seni budaya bisa dilihat di sini.

Lantas pasti kamu bertanya, berapa harga yang perlu dibayar untuk mengunjungi area Petak Sembilan ini? Jawabannya adalah gratis karena memang tidak ada tiket masuk yang perlu dibayar. Pengeluaran pribadimu adalah tergantung dari makanan, minuman atau barang belanjaan yang kamu beli di daerah ini.Untuk itu, jangan ragu ya teman-teman untuk datang berkunjung dan mencicipi hidangan oriental di Petak Sembilan Jakarta. Supaya bisa merasakan keseruan seperti si Awan dan si Kale-Kale itu, hehe!
Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia lainnya, tentunya hanya di website Atourin!