(Gaby Vanessa Br. Sembiring)

Hai Sobat Atourin, semoga kabarmu selalu baik ya. Apakah kamu pernah mendengar tentang destinasi wisata Grand Canyon? Atau bahkan objek wisata ini sudah ada dalam list tempat yang akan kamu kunjungi? Grand Canyon atau yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai ngarai besar merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang merupakan ngarai tebing yang terbentuk oleh Sungai Colorado. Selain itu, Grand Canyon juga merupakan taman nasional pertama di Amerika Serikat.

Karena keunikannya, tentu banyak traveller yang tertarik untuk mengunjungi tempat indah nan eksotis ini. Nah buat kamu yang ingin berada di suasana yang sama, kamu wajib banget untuk menyambangi tempat eksotis di Indonesia yang tidak kalah menarik dibanding Grand Canyon-nya Amerika Serikat yaitu Brown Canyon! Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki akses yang lebih mudah dimana kamu tidak memerlukan paspor ataupun visa. Selain itu, destinasi ini juga cocok untuk para traveller yang ingin berwisata dengan dana yang low budget.

Brown Canyon

Tempat wisata ini terletak di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berbeda dengan Grand Canyon di Amerika serikat yang terbentuk karena Sungai Colorado, Brown Canyon terbentuk karena adanya aktivitas pertambangan yang sudah lama dilakukan. Nama Brown Canyon sendiri merupakan sebutan masyarakat sekitar karena mereka menganggap tempat ini layak untuk disandingkan dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Tebing-tebing yang terkikis memberikan nilai eksotis dan bentuk yang unik. Hal inilah yang menarik minat dari para wisatawan untuk berkunjung meskipun tempat ini bukan merupakan objek wisata resmi yang disediakan dan difasilitasi oleh pemerintah. Kamu dapat mengakses area ini dengan kendaraan pribadi dan sangat disarankan untuk menggunakan mobil karena jalan yang berbatu dan disertai debu karena berada di area pertambangan. Waktu perjalanan menuju tempat ini hanya sekitar 1 jam dari kota dan kalian juga disarankan untuk memakai masker ya guys untuk menghindari paparan debu tambang.

Selain dapat melihat Brown Canyon, kamu juga dapat melihat aktivitas tambang dari dekat yang dilakukan di sekitar Brown Canyon. Jika kamu menyukai ketenangan dan ingin berwisata ke tempat yang tenang, maka tempat ini cocok untuk dikunjungi karena jaraknya yang jauh dari kota. Selain itu di sini kamu juga bisa mendapatkan edukasi secara langsung karena melihat proses penambangan yang dilakukan. 

Brown Canyon

Karena letak Brown canyon ini  cukup tinggi dan area sekitarnya merupakan area kosong, kamu bisa menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam yang indah saat sore hari tiba. Sebuah keindahan yang mungkin sulit kamu dapatkan jika berada di kota besar. Untuk masuk ke tempat ini, kamu tidak perlu membayar uang masuk. Lokasi ini juga terbuka untuk siapa saja dan tidak ada waktu khusus untuk mengunjunginya, namun lebih baik untuk mengunjungi tempat ini saat tidak sedang hujan untuk menghindari jalan yang berpasir menjadi berlumpur.

Meski keindahannya sudah terkenal, namun sayangnya belum ada informasi lain terkait atraksi atau fasilitas wisata seperti penginapan atau wahana yang menambah daya tarik tempat ini. Jadi jika ingin berkunjung ke sini, kalian dapat menikmati pemandangan Brown Canyon dan pulang di hari yang sama ya.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk mengunjungi Grand Canyon-nya Indonesia? Kalau datang ke sini, jangan lupa untuk mempersiapkan pose terbaik dan upload foto ke media sosialmu ya. Dengan demikian, kamu juga turut serta mempromosikan keberadaan objek wisata ini! Jika kamu ingin informasi lain terkait tentang perjalanan, liburan, objek wisata menarik, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah melalui website dan media sosial Atourin.  Selamat berwisata!