(Tasya Kania Azzahra)

Berbicara wisata di Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Negeri dengan lebih dari 17.000 pulau ini terkenal dengan wisata alam dan wisata budayanya. Namun, Indonesia juga dikenal dengan wisata kuliner, lho! Apalagi dengan 34 provinsi tidak akan membuat kamu kehabisan ide untuk wisata kuliner. Nah, kali ini Atourin akan merekomendasikan 5 kota wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi.

Yogyakarta

Salah satu daerah di Jawa yang wajib kamu cicipi kulinernya adalah Yogyakarta. Di sini terkenal dengan kuliner khas daerahnya yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Belum lagi, dengan harga jajanan yang relatif murah, Yogyakarta bisa menjadi surganya kota kuliner. Kamu juga tidak perlu repot mencari makanan khas daerah Yogyakarta, karena akan ada banyak penjual makanan di pinggir jalan. Beberapa menu yang wajib kamu cicipi adalah nasi gudeg, kopi joss, sate klathak, bir Jawa, dan bakmi Jawa.

Namun, tidak lengkap rasanya jika Sobat Atourin berkunjung ke Yogyakarta belum mencoba angkringan. Salah satu kuliner yang biasa dijual adalah nasi kucing. Eits, bukan nasi dengan kucing ya, Sobat Atourin. Hanya saja porsi nasinya yang kecil dengan beberapa pilihan sate-satean.

Nasi Kucing

Bandung

Bagi Sobat Atourin yang suka ngemil, jangan sampai melewatkan Kota Kembang ini untuk tujuan wisata. Selain dikenal dengan kreativitas masyarakatnya, Bandung juga dikenal dengan kota kuliner, khususnya cemilan. Jadi, jangan heran jika di pinggir jalan kamu akan menemukan berbagai gerobak pedagang makanan khas Bandung.

Jajanan pinggir jalan yang wajib kamu coba ketika berada di Bandung ialah berbagai olahan aci seperti cilor, cimol, dan cilok. Kemudian, jangan lupa untuk membeli gehu jeletot dan es goyobod. Sedangkan, untuk makanan berat yang wajib kamu santap ialah mie kocok Bandung dan nasi tutug oncom.

Tidak hanya dapat makan depan di tempat, Sobat Atourin juga bisa membeli makanan khas Bandung sebagai oleh-oleh, seperti tahu susu Lembang dan pisang bolen.

Pisang Bolen

Jakarta

Salah satu kota metropolitan yang menyediakan segala makanan dari berbagai daerah adalah Jakarta. Tidak hanya makanan khas daerah Indonesia saja yang bisa kamu temukan di sini, makanan dari berbagai negara juga bisa kita temui di Jakarta lho, Sobat Atourin!

Namun, bagi Sobat Atourin yang ingin mencicipi makanan legendaris khas Jakarta, kamu bisa mengunjungi daerah Pecenongan dan Jalan Sabang. Untuk Sobat Atourin yang ingin mencicipi makanan dan minuman khas Jakarta, ada kerak telor, asinan Jakarta, soto Betawi, es selendang mayang, gado gado, dan putu mayang yang wajib kamu coba.

Putu Mayang

Surabaya

Mendengar kata Surabaya pasti yang terlintas di otak kita adalah “crazy rich Surabayan”, tetapi selain stigma tersebut, Surabaya juga memiliki makanan khas yang melimpah, Sobat Atourin. Apalagi, banyaknya etnis Tionghoa di Surabaya membuat makanan khas di sana memiliki perpaduan yang unik.

Berikut rekomendasi makanan yang wajib Sobat Atourin cicipi, yaitu lontong mie, rujak cingur, lontong balap, sego sambal, mie pecun, tahu campur, lontong kupang, tahu tek, dan masih banyak lagi tentunya.

Lontong Mie

Padang

Untuk, daerah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, Sobat Atourin. Pasti di antara Sobat Atourin juga sudah banyak yang familiar dengan hidangan khas Padang. Mungkin saja sebulan sekali kita pasti membeli nasi Padang, hehe. Akan tetapi, akan lebih nikmat menyantap hidangan khas Padang di Padangnya asli karena akan terasa lebih nikmat, dan vibes-nya pasti Padang banget.

Selain makanan khas rumah makan Padang yang sering kita jumpai di jalan, masih ada hidangan khas Padang yang nggak Sobat Atourin lewatin jika berkunjung ke Padang yaitu sala lauak, cemilan seperti combro dari Bandung, tetapi isiannya memakai teri atau udang, kemudian ada bika talago, gulai gajeboh, sate lokan, asam padeh daging atau ikan, ketupek pical, gulai toco, dan soto Padang.

Soto Padang

Masih banyak kota di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai wisata kuliner, tetapi  dari lima rekomendasi wisata kuliner di atas, mana yang menurut Sobat Atourin paling menggugah selera dan wajib dikunjungi?

Untuk Sobat Atourin yang sudah memiliki rencana untuk berwisata kuliner, jangan lupa untuk tetap memakai masker dan menaati protokol kesehatan. Selamat makan dan selamat liburan, Sobat Atourin!