(Ririn Atourin)

Wah bagi Sobat Atourin yang gemar sepak bola, pasti tidak asing dengan Mesut Ozil. Pemain sepak bola kebangsaan Jerman dan keturunan Turki ini memang sudah jadi bintang olahraga yang terkenal sampai seantero dunia. Saat ini Mesut Ozil sedang berkunjung ke Indonesia. Tentu seabreg aktivitas akan dilakoninya. Salah satunya adalah bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bang Sandiaga Uno. Mesut Ozil diharapkan dapat mempromosikan wisata olahraga atau sport tourism di Indonesia ke pasar mancanegara.

Ngomong-ngomong soal sport tourism, Indonesia memang punya potensi wisata olahraga yang sangat besar. Nah kalau Mesut Ozil punya lebih banyak waktu buat berkeliling Indonesia, ini adalah beberapa wisata olahraga yang wajib dia coba. Wajib pula Sobat Atourin coba ehehe. Perlu diingat ini hanya contoh ya karena ada banyak lainnya wisata olahraga di berbagai daerah di Tanah Air.

Pemandangan Danau Singkarak

Bersepeda di Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak adalah danau yang terletak di dua kabupaten yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau seluas sekitar 107,8 km2 ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Nah, area di sekitar danau memang sudah menjadi tempat diselenggarakannya event sepeda internasional yaitu Tour de Singkarak. Bersepeda di sana tentu seru ya Sobat Atourin. Sepanjang mata memandang kita bisa melihat indahnya pemandangan pedesaan, udara yang segar serta pemandangan danau yang menenangkan.

Waduk Jatiluhur di Dekat Gunung Parang

Panjat Tebing di Purwakarta, Jawa Barat

Purwakarta adalah kabupaten di Jawa Barat. Di sana terdapat banyak sekali destinasi wisata, salah satunya adalah Gunung Parang. Gunung batu ini memiliki tinggi 963 mdpl (meter di atas permukaan laut). Di salah satu sisi dari gunung ini, telah lama menjadi tempat panjat tebing yang konon merupakan salah satu yang ekstrim di Indonesia. Terdapat beberapa penyedia layanan panjat tebing seperti Skywalker via Ferrata, Parang via Ferrata, dan Badega Rock Climbing. Sobat Atourin perlu memperhatikan syarat untuk bisa panjat tebing seperti umur dan berat badan. Pemandangan sekitar dari atas sangat menakjubkan. Sobat Atourin bisa melihat pemandangan Purwakarta dari atas berupa wilayah pedesaan juga Waduk Jatiluhur.

Geopark Batur yang Indah

Trail Run di Geopark Batur, Bali

Nah, buat yang suka lari maka sesekali perlu mencoba trail run. Ini adalah lari di medan yang menantang bisa di perbukitan, area pegunungan, atau area yang tidak diaspal. Geopark Batur terletak di Kabupaten Bangli dan merupakan salah satu geopark global yang ada di Indonesia. Di sana terdapat beberapa geosite dimana kita bisa belajar geologi serta sejarah terbentuknya Gunung Batur dan Danau Batur. Jika kamu berlari di sini, juga bisa menikmati pemandangan pedesaan dan melihat aktivitas warga setempat.

Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting

Jungle Trekking di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Jika kamu suka pergi ke hutan, maka trekking ke Taman Nasional Tanjung Putting bisa jadi pilihan. Terletak di Kabupaten Pangkalan Bun, taman nasional ini terkenal karena jadi habitat orang hutan. Tidak hanya itu, jika kamu ke sini maka sebelum mencapai lokasi tempat orang utan biasa diberi makan maka kamu perlu menyusuri Sungai Sekoyer dengan menggunakan kapal tradisional. Di sana terdapat jalur trekking baik yang jalur pendek maupun panjang. Tentunya tiap jalur bisa memberikan pengalaman wisata olahraga yang berbeda. Tentu seru sambil olahraga bisa melihat betapa kayanya flora juga fauna di sana.

Karang Warna-Warni di Laut Wakatobi

Menyelam di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Terletak di Kabupaten Wakatobi, nama taman nasional ini merupakan kependekan dari beberapa pulau yang ada di dalamnya yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi sudah terkenal sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Dunia bawah lautnya menyimpan kekayaan karang dan berbagai jenis ikan yang menakjubkan. Tidak hanya itu, pantai di sana yang berpasir putih, serta pulau-pulau kecil yang ada membuat pengalaman wisatamu akan makin menyenangkan. Jika lapar, tinggal pesan saja makanan laut atau sea food yang segar dan makyus.

Nah kira-kira Mesut Ozil mau yang mana ya? Kalau Sobat Atourin, bagaimana? Atourin menyediakan berbagai paket wisata Expediso ke daerah-daerah di atas. Yuk jelajahi Indonesia bareng Atourin dan Expediso!