Ananda Rivi

Halo Sobat Atourin! Dalam semangat menjaga kelestarian lingkungan khususnya penanaman pohon, Atourinmengajak kamu semua untuk ikut serta dalam kampanye luar biasa kami, “Atourin One Traveler One Tree.” Kami bukan sekadar penyelenggara perjalanan, tetapi juga pelopor mendorong wisatawan dan pemangku kepentingan pariwisata dalam  mewujudkan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan.

Tujuan kampanye Atourin One Travler One Tree adalah mengajak pejalan atau wisatawan untuk merancang perjalanan terbaik sambil berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Melalui kampanye ini, Atourin menyisihkan pendapatannya untuk membiayai kegiatan penanaman pohon di berbagai daerah. Salah satunya yang dilakukan di Tambakrejo, sebuah dusun nelayan di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tambakrejo, yang dikenal sebagai desa nelayan, menghadapi ancaman serius dari abrasi akibat ombak Laut Jawa yang terus-menerus mengikis daratan daerah ini. Penduduknya, mayoritas bekerja sebagai nelayan, menggantungkan hidup pada hasil tangkapan laut. Untuk membantu mencegah ancaman ini, Atourin bekerja sama dengan LindungiHutan dalam program penanaman pohon mangrove rhizophora. Keberadaan mangrove sangat penting karena akar mangrove memiliki kemampuan untuk menahan dan mengendapkan lumpur, memberikan perlindungan kepada daratan dari laju ombak.

Kegiatan penanaman pohon ini telah sukses dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2022, dengan dukungan penuh dari masyarakat dan camat setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih khususnya bagi LindungiHutan yang telah memfasilitasi kegiatan kami di Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah. Kami selalu mendorong semakin banyak penanaman mangrove sebagai benteng alam untuk mengurangi potensi abrasi. Mangrove juga bisa membuka peluang ekonomi alternatif sebagai ekowisata, perikanan, dan ekonomi kreatif.” ujar Johar Zauhariy, co-founder Atourin dan Koordinator Kampanye One Traveler One Tree.

Terima kasih atas dedikasi dan partisipasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan di des aini serta semua yang mendukung kampanye kami dalam menjaga keberlanjutan alam. Mari jaga lingkungan bersama Atourin! Untuk mendapatkan informasi, inspirasi, dan penawaran produk pariwisata menarik di seluruh Indonesia, jangan lupa untuk terus pantau berbagai platform Atourin ya!