(Yulis Vidya Dwentari)

Setelah seminggu beraktivitas penuh di tempat bekerja dan sekolah, rasanya paling nikmat jika kita berlibur, bukan? Di daerah utara Jakarta, tepatnya di gugusan Kepulauan Seribu, ada sebuah pulau yang menjadi tempat wisata favorit masyarakat untuk melepas penat dan suntuk, baik di akhir pekan, libur sekolah, maupun pada hari libur nasional. Pulau tersebut adalah Pulau Tidung. Eits, tidak hanya masyarakat Jakarta loh yang berkunjung ke sini, masyarakat dari sekitar Jakarta yaitu Jabodetabek, masyarakat Jawa Barat, bahkan wisatawan mancanegara juga seringkali mendatangi tempat wisata ini. Penasaran tentang serunya tempat wisata di Pulau Tidung? Yuk kita baca lebih lanjut!

Senja di Pulau Tidung

Perjalanan Menuju Pulau Tidung

Untuk menuju ke pulau ini, kamu dapat menggunakan beberapa alternatif transportasi. Moda transportasi yang paling nyaman yaitu menggunakan kapal penyeberangan melalui Dermaga Marina Ancol, dengan nomor kapal 17. Perjalanan ke Pulau Tidung melalui Dermaga Marina Ancol menempuh waktu 90 menit. Kenyamanan selama penyeberangan sangat bergantung pada kecepatan angin dan ombak di lautan. Ketika ombak sedang tinggi, banyak penumpang mengalami mabuk laut diakibatkan kapal yang seringkali oleng bahkan kemiringannya sangat drastis. Oleh karena itu pula, sebelum berangkat, semua penumpang wajib menggunakan pelampung sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan di laut. Harga tiket penyeberangan ke pulau ini sebesar RP160.000,00 untuk 2x perjalanan (pulang-pergi)

Menjadi tempat favorit oleh wisatawan, sudah pasti pulau ini memiliki beragam destinasi yang unik dan menyenangkan. Berikut ini beberapa spot favorit objek wisata di Pulau Tidung:

Jembatan Cinta

Ada apa dengan jembatan cinta? Terdengar seperti judul film, ya? Walaupun belum pernah dijadikan lokasi syuting, nama jembatan ini memiliki cerita yang menarik loh! Seperti menghubungkan dua insan yang terpisah, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Karena air di sekitar pulau ini cukup jernih, kamu bisa menikmati indahnya terumbu karang yang tumbuh di bawah Jembatan Cinta dan pemandangan laut lepas utara Jawa. Suasana yang romantis akan tercipta saat matahari mulai memasuki ufuk timur, sangat cocok untukmu yang ingin menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

Area Snorkeling

Jika kamu ingin menikmati keindahan bawah laut secara langsung, Pulau Tidung juga menyediakan area khusus snorkeling. Untuk pergi ke area tersebut, kamu perlu menaiki perahu kayu dari Pulau Tidung Kecil. Sesampainya di area snorkeling, kamu akan didampingi oleh pemandu snorkeling profesional, mulai dari memasang alat-alat snorkeling hingga saat berenang di area tersebut. Kamu juga bisa meminta bantuan pemandu untuk mengabadikan momen snorkeling-muloh! Dengan keindahan terumbu karang yang ciamik, ikan-ikan yang cantik, foto yang kamu dapatkan sangat cocok untuk dipajang di rumah maupun media sosial.

Aneka Water Sports

Bagi wisatawan yang senang berolahraga, kamu bisa memacu adrenalin dengan melakukan water sport. Kamu dapat menaiki wahana banana boat, doughnut boat, dan berbagai macam olahraga air lain sepuasnya. Kamu hanya perlu mengantri pada barisan pendaftaran, dan kemudian memilih wahana yang ingin kamu naiki. Kamu belum puas? Tenang saja, tidak ada batasan mengantri, jadi wisatawan bisa saja melakukan water sport dari pagi sampai sore hari!

Area Santai Saung Sunset

Setelah lelah bermain olahraga air, snorkeling, maupun berjalan-jalan atau bersepeda mengelilingi Pulau Tidung, pemandangan matahari terbenam merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan. Untuk menikmati pemandangan tersebut, kamu dapat bersantai di area saung sunset. Kamu bisa sekadar duduk santai di saung bersama keluarga maupun mengabadikan foto yang estetik di bibir pantai Pulau Tidung.

Pantai di Pulau Tidung

Fasilitas Pendukung Pariwisata

Ada banyak fasilitas pendukung pariwisata di pulai ini, bisa dibilang cukup beragam dan lengkap. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika berkunjung ke sini. Berikut ini beberapa fasilitas tersebut:

Penginapan
Ada banyak sekali penginapan yang berjejer di pulau ini. Biasanya, penginapan sudah tercantum di paket travel yang diberikan oleh jasa travel-mu. Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir dan tergopoh-gopoh mencari penginapan di hari keberangkatanmu.

Transportasi di Pulau Tidung

Ada berbagai pilihan transportasi di Pulau Tidung. Penyewaan sepeda, ojek, hingga sewa mobil pickup pun disediakan. Kamu hanya perlu mendatangi loket tertentu sesuai dengan moda transportasi yang kamu sukai.

Makan dan Minum

Di Pulau Tidung, terdapat banyak sekali rumah makan. Mulai dari yang disediakan oleh tempat penginapan, di pinggir jalan utama, hinggi di area turis pun terdapat banyak penjaja makanan dan minuman. Kamu butuh minuman khusus berlibur di pantai? Kamu bisa mendapatkan es kelapa muda di sekitar area Jembatan Cinta dan Saung Sunset. Cocok dengan angin sepoi-sepoi dan suara gemericik ombak, bukan? Untuk hidangan makanan pun beragam, mulai dari seafood, nasi goreng, ayam goreng, semuanya bisa ditemukan. Kamu tidak perlu khawatir akan kelaparan di pulau ini, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di Pulau Tidung.

Bagaimana perasaanmu setelah mengetahui keindahan Pulau Tidung? Sudah tergugah ingin memesan tiket untuk berlibur? Kamu tidak perlu ragu lagi. Segeralah pilih tanggal yang cocok, mulai mempersiapkan dana liburan, dan jangan lupa memesan tiketnya ya. Segala keindahan yang disajikan pulau ini benar-benar tidak bisa didapatkan di tempat lain. Suasana damai dan tentram dengan deburan ombak yang tenang, sangat cocok untuk melepas lelah dan penat, yang seringkali disebut sebagai a little escape from life.

Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website dan media sosial Atourin!