Live Instagram Bersama Pegiat dan Pengelola Desa Wisata

Oleh: Akyunia Labiba

Semakin berkembangnya pariwisata Indonesia tentu juga dibarengi oleh distribusi teknologi yang ada di masing-masing destinasi di Indonesia. Banyak wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia hingga mancanegara jadi mengenal bahwa pariwisata Indonesia bukan hanya sekedar destinasi wisata Bali, Toraja, dan Labuan Bajo, tapi ada keindahan destinasi-destinasi lainnya. Hal ini tentunya terjadi karena adanya adaptasi teknologi yang juga berkembang di masing-masing daya tarik wisata.

Pentingnya industri pariwisata beradaptasi pada teknologi mendukung berbagai macam manfaat untuk pengelola destinasi wisata, pemilik daya tarik wisata, hingga wisatawan yang datang. Destinasi wisata di Indonesia yang sudah sangat terkenal di mata dunia seperti keindahan Nusa Penida di Bali, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Adat Budaya Toraja, dan banyak destinasi cantik lainnya di Indonesia yang dikenal wisatawan mancanegara. Hal ini dipahami Atourin yang kemudian mengajak desa wisata dan daya tarik wisata di Indonesia untuk mencoba menerapkan Atourin Visitor Management System (AVMS).

Saat semakin banyak wisatawan tahu tentang suatu daya tarik wisata, pastinya harus ada kesiapan dalam menyambut kedatangan wisatawan dan memenuhi demand yang diinginkan. Teknologi pariwisata sudah mulai banyak dilakukan mulai dari pembelian kegiatan wisata, booking tiket wisata, check-in, dan berbagai macam kemudahan lainnya. Adanya pandemi COVID-19 semakin menyadarkan kita untuk bisa memaksimalkan keberadaan teknologi. Tidak hanya memasarkan dari media sosial, namun untuk kemudahan dan keuntungan lainnya. Salah satu adaptasi dari teknologi adalah dengan adanya manajemen data yang lebih baik. Sistem yang diterapkan dari teknologi untuk membantu pengelola destinasi wisata, dan tentunya juga membantu wisatawan lebih mudah berwisata.

Atourin bersama Desa Wisata Budo, Wisata Alam Capolaga, dan Desa Wisata Kreatif Terong berkolaborasi dalam Live Instagram dengan tema ‘Adaptasi Teknologi Untuk Manajemen Data’ yang akan diadakan pada tanggal 22, 25, dan 28 Agustus 2022. Disiarkan melalui akun Instagram @atourin secara live pada pukul 16.00-17.00 WIB. Kita akan mengulik dan mendengar cerita langsung dari masing-masing desa wisata dan daya tarik wisata mengenai penggunaan Atourin Visitor Management System.

Nantikan selalu kegiatan seru lainnya hanya di Instagram @atourin ya, sobat Atourin!