(Dimas Raihan Alghifary)

Halo Sobat Atourin! Apakah kamu sudah menonton pertunjukan Indonesia di Dubai Expo 2020 kemarin? Semoga sudah ya. Selain menunjukan keberagaman budaya Indonesia, ternyata Indonesia juga memamerkan video informatif terkait Climate & Biodiversity juga loh! Menariknya lagi, konten yang dipilih untuk dimasukan ke dalam video tersebut adalah biodiversitas dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas. Lalu apa sih yang spesial dari balai konservasi ini? Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat pada ketinggian kurang lebih 1.300-1.425 mdpl dengan luas 84,99 hektar. Kebun Raya Cibodas hanya berjarak 90 km dari Ibukota Jakarta. Kebun raya ini berperan besar dalam melestarikan tumbuhan tropika dataran tinggi basah, mengembangkan penelitian dalam bidang konservasi dan pendayagunaan tumbuhan tropika, mengembangkan pendidikan lingkungan, serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Berdasarkan data dari website Kebun Raya Cibodas, kebun raya ini mempunyai koleksi jenis tumbuhan sebanyak 2.355 jenis. Terdapat 32 jenis tanaman yang memiliki status Endangered (Terancam Punah) dan 11 jenis berstatus Critically Endangered (Sangat Terancam Punah) berdasarkan The International Union for Conservation of Nature (IUCN). Nah berikut ini adalah beberapa tumbuhan unik yang bisa ditemukan di sana.

Ilustrasi Bunga Sakura

Taman Sakura

Untuk kamu yang ingin melihat keindahan bunga sakura secara langsung, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang. Pasalnya di Kebun Raya Cibodas juga terdapat pohon sakura yang bisa berbunga dua kali dalam setahun, yaitu sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus. Bunga ini hanya bertahan mekar sekitar empat hari dengan memakan waktu satu minggu dari menguncup hingga berguguran. 

Dengan hadirnya bunga sakura ini, setiap waktu berbunga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bunga sakura yang berwarna putih hingga merah muda, sangat cantik bila dilihat bersamaan dengan pemandangan Gunung Gede-Pangrango di belakangnya.

Ilustrasi Bunga Bangkai

Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum)

Selain bunga sakura, koleksi unik yang dimiliki Kebun Raya Cibodas adalah bunga bangkainya (Amorphophallus titanum). Bunga bangkai merupakan tumbuhan yang memiliki bunga terbesar di dunia. Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan asli Indonesia endemik Pulau Sumatera yang termasuk ke dalam suku talas-talasan (Araceae). Bunga ini diletakkan di dalam sebuah tempat berpagar. Tujuannya untuk menjaga keutuhan dan terhindar dari potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh wisatawan.

Bunga ini dinamai bunga bangkai karena saat bunga ini mekar Ia akan mengeluarkan bau bangkai yang sangat kuat seperti bau daging busuk. Tujuannya adalah untuk menarik serangga, seperti kumbang kotoran dan lalat daging, yang akan membantunya melakukan proses penyerbukan.

Ilustrasi Lumut

Taman Lumut

Kamu mungkin sering melihat lumut di sekitar rumahmu. Tentunya jumlah jenis lumut yang kamu lihat bisa dihitung dengan jari. Tapi apa rasanya bila kamu dapat melihat 235 jenis lumut dalam satu tempat? Sensasi ini bisa kamu rasakan di Kebun Raya Cibodas. Beragam jenis lumut ini didapatkan dari berbagai belahan dunia. Tak heran bila Taman Lumut ini menjadi taman lumut terbesar di Indonesia dan menjadi taman lumut outdoor terbesar di dunia.

Ekosistem di taman ini dibuat semirip mungkin dengan habitat asli semua lumut. Pohon yang rindang dengan kanopi rapat, mendukung lumut agar tetap dalam kondisi lembab. Hujan buatan juga menjadi salah satu cara menjaga kelembaban dari taman ini.

Penutup

Selain adanya bunga sakura, bunga bangkai, dan taman lumut, masih banyak lagi koleksi unggulan yang sangat menarik di Kebun Raya Cibodas. Kamu bisa melihat 122 jenis anggrek, 95 jenis kaktus, 46 jenis nepenthaceae, 101 jenis paku-pakuan, dan ribuan koleksi tumbuhan lainnya. Banyaknya koleksi tanaman yang berasal dari luar negeri, membuat kamu merasa ada di luar Indonesia saat ada di kebun raya ini. Setiap sudut kawasan ini memiliki pemandangan yang indah dan berbeda.

Sangat direkomendasikan untuk kamu berwisata ke tempat ini. Selain kamu bisa refreshing dan menikmati keindahan di sana, secara tidak langsung juga kamu telah membantu meningkatkan perekonomian balai konservasi dan masyarakat sekitar. Di luar Kebun Raya Cibodas kamu bisa membeli beragam tanaman hias dan nanti bisa kamu tanam di rumah. Atourin juga punya kampanye pelestarian lingkungan loh yang bertajuk One Traveler One Tree. Silahkan untuk eksplor media sosial dan website Atourin untuk lebih detailnya.