Nursyahbani Putridira

Membahas keindahan pesona alam Papua Barat seakan tidak ada habisnya. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi dan dapat memanjakan mata serta melepas penat saat berada di Bumi Cenderawasih ini adalah Kolam Sisir di Kaimana. Keindahan Sisir Kaimana bahkan digadang-gadang mampu menyaingi pesona Raja Ampat. Kaimana adalah salah satu daerah yang belakangan ini sangat diperhatikan karena memiliki keindahan alami khas tempat wisata Papua Barat. Kaimana dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata utama yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke daerah timur Indonesia ini.

Kolam Sisir ini berlokasi di Kampung Marsi, Distrik Kaimana, Papua Barat. Kampung Marsi dahulu namanya adalah Kampung Sisir Satu. Bagi Kamu yang tertarik dengan pemandangan yang disajikan kolam ini, Kamu tidak perlu khawatir karena Kolam Sisir memiliki lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Kaimana. Kamu hanya membutuhkan waktu berkendara sekitar 15 menit hingga 20 menit untuk dapat sampai ke Kolam Sisir ini. Infrastruktur untuk menuju wisata perairan ini telah dibangun dengan baik. Sehingga wisatawan dapat menjangkau lokasi kolam dengan kendaraan beroda 2 atau beroda 4.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan tidak perlu khawatir karena dapat pergi ke sana dengan memesan ojek untuk mengantar wisatawan ke tempat wisata indah di Papua ini. Selain itu, wisatawan juga dapat menjangkau lokasi kolam dengan menggunakan kendaraan umum. Jadi, ada banyak sekali pilihan kendaraan untuk pergi menuju ke tempat wisata ini. Dengan banyaknya pilihan kendaraan untuk mengantarkan wisatawan ke lokasi kolam alami ini, Pemerintah setempat berharap agar wisata perairan alami ini semakin banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sumber: Tribun Papua Barat

Kolam Sisir Kaimana merupakan salah satu perairan alami yang menarik. Di samping kiri dan kanannya dibatasi oleh tebing karst tinggi dengan pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi sehingga di sana wisatawan dapat berendam sembari menikmati suasana eksotik ini. Suasana itu membuat wisatawan seakan menyatu dengan alam bebas. Perpaduan antara warna perairan yang biru dan tebing yang hijau membuat pemandangan dari sekitar Kolam Sisir ini menjadi sangat indah dan mempesona.

Akan tetapi keindahan dan daya tarik utama dari Kolam Sisir Kaimana ini bukan hanya itu. Melainkan juga mengenai perairan yang dimilikinya. Kolam Sisir merupakan sebuah kolam yang memiliki perairan dengan bentuk memanjang seperti sungai dan memiliki air yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat menyusuri dan menikmati kejernihan perairan hingga ke dasarnya. Dari kejauhan, warna air perairan tampak biru bening dan menyatu dengan laut sehingga membuat pemandangannya sangat indah.

Kolam Sisir merupakan perairan laut yang masuk ke daratan sepanjang 200 hingga 300 meter. Meskipun begitu, karakter perairan kolam ini sangat berbeda dengan perairan laut. Air di area perairan kolam alami ini sangat tenang. Tidak ada gelombang maupun ombak sama sekali sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot menyelam bagi para wisatawan dan tentunya ramah bagi penyelam pemula.

Kolam Sisir juga terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Maka, tak heran jika Kolam Sisir dijadikan salah satu lokasi menyelam. Visibility di lokasi ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut, oleh karena itu saat terbaik untuk melakukan penyelaman yaitu pada saat air telah pasang atau air telah surut. Penyelam dapat segera menikmati keindahan bawah laut setelah berjalan masuk ke air melalui tangga Jetty Kolam Sisir dan berenang sekitar 10 meter.

Sumber: JADESTA Kemenparekraf

Kemiringan dive site ini menurun perlahan hingga kedalaman 12 meter. Penyelam dapat mengikuti reef di sebelah kiri untuk menikmati taman terumbu karang yang indah. Saat menyelam, penyelam dapat melihat berbagai jenis koloni karang yang berwarna-warni seperti acropora tabulate, acropora branching, coral massive, coral foliose, dan lain-lain. Selain itu penyelam dapat melihat biota unik dan menarik termasuk ikan nemo, bat fish, cardinal fishes, nudibranch, lobster, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Kolam Sisir di Kaimana. Jadi, saat berkunjung ke Papua, pastikan untuk mampir ke kolam alami ini untuk menikmati keindahan alam senja yang ditawarkan Tanah Papua, ya! Nikmati juga keseruan di destinasi-destinasi wisata Indonesia lainnya bersama layanan dari Atourin. Dengan layanan penuhnya, liburanmu pasti jadi lebih mudah dan berkesan. Yuk, pastikan Sobat Atourin segera eksplor marketplace Atourin!