(Ririn Atourin)

Sobat Atourin pasti pernah mendengar kata lampion bukan? Lampion adalah sejenis lentera atau lampu yang terbuat dari bahan kertas atau sejenisnya dan dilengkapi dengan lilin yang dinyalakan. Indonesia memiliki beberapa event yang dikenal sebagai festival lampion, salah satunya yang diselenggarakan dalam rangkaian perayaan Waisak. Festival Lampion Borobudur adalah festival yang diselenggarakan di area candi Buddha terbesar di dunia, yang terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Sempat tidak diselenggarakan selama 2 tahun karena pandemi, tahun ini festival ini hadir kembali dengan tema “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagian Sejati.”

Candi Borobudur merupakan Candi Buddha Terbesar di Dunia

Perayaan Waisak merupakan hari besar bagi umat Buddha dalam memperingati tiga kejadian penting Buddha yakni saat kelahiran, saat penerangan sempurna menjadi Buddha, dan saat kematian atau menutup usia. Puncak perayaan Waisak tahun ini jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. Namun rangkaian acaranya sudah mulai dari Sabtu, 14 Mei 2022 berupa pembagian sembako dan pengambilan api alam di daerah Mrapen, Kabupaten Grobogan. Kemudian berlanjut di hari Minggu, 15 Mei 2022 berupa pengambilan berkah serta ritual detik-detik Waisak di daerah Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung. Dan esoknya berupa Dharmassanti Waisak dan pelepasan lampion di pelataran Candi Borobudur. Pelepasan lampion akan dilaksanakan dalam 2 sesi yakni sesi 1 di jam 18.00-19.30 WIB dan sesi 2 di jam 20.30-22.00 WIB.

Megahnya Candi Borobudur

Festival ini terbuka untuk umum dan Sobat Atourin bisa dapatkan tiketnya mulai dari 210.000 rupiah di link berikut. Mengingat ini adalah bagian dari perayaan hari besar agama dan juga dilaksanakan di area situs suci, maka Sobat Atourin harus menjaga keheningan serta menghargai umat Buddha yang sedang beribadah atau merayakan Waisak. Selain itu juga pastikan kalian menggunakan pakaian yang sopan.

Atourin juga punya banyak paket jalan-jalan Expediso yang akan mengajak kalian semua untuk jalan-jalan ke Borobudur dan destinasi wisata di sekitarnya. Silahkan cek website Atourin atau Expediso untuk berbagai penawaran menarik!