(Hasna Nurul Izzah)

Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer merupakan bus tingkat gratis yang dikelola oleh PT. Transportasi Jakarta. Sejauh ini ada 28 bus tingkat yang dikelola sebagai sarana transportasi wisata yang dapat digunakan secara gratis alias 0 rupiah oleh seluruh warga di ibu kota. Semua warga DKI Jakarta serta wisatawan dapat menggunakan Bus Wisata Jakarta untuk berkeliling ke tujuh rute yang berbeda dengan tema wisata yang bervariasi. Selain itu, Bus Wisata Jakarta ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di Kkota Jakarta, seperti Monumen Nasional (Monas), Bundaran HI, Balai Kota, Masjid Istiqlal, dan lain-lain.

Fasilitas yang ditawarkan kepada penumpang juga tak kalah menarik, yakni dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi–lokasi yang disinggahi serta bus attendant (OnBoard) atau biasa juga disebut dengan pemandu wisata yang juga dapat memberikan penjelasan mengenai ikon–ikon Kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut. Untuk kapasitasnya, bus bisa diisi hingga 80 orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bagian dari bus sendiri seperti deck dan pintu sengaja dibuat pendek dan berada di sebelah kiri, agar ramah untuk penyandang disabilitas dan orang tua. Spesifikasi lain yang membuat bus ini ramah penyandang disabilitas adalah melintas di jalur lambat, bukanlah jalur Transjakarta. pendingin udara, CCTV, lengkap dengan video pariwisata menambah kenikmatan bagi para penggunanya.

Model bus double decker memiliki ukuran, panjangnya 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 4,2 meter membuat tampak gagah dan serasa seperti di luar negeri. Jika Sobat Atourin ingin mencoba menaiki bus ini, ada baiknya untuk mencatat jadwal layanan yang tersedia yaitu mulai pukul 09.00 sampai pukul 21.00.

Terdapat dua rute yang ditawarkan oleh PT. Transjakarta, yaitu rute BW 2 Jakarta Baru dan BW 4 Pencakar Langit. Untuk rute BW 2, bus akan melewati Juanda Masjid Istiqlal-Monas 1-Monas 2-Monas 3-IRTI Monas-Sarinah 1-Wisma Nusantara-Plaza Indonesia-Sarinah 2-Museum Nasional-Pecenongan-Juanda Masjid Istiqlal. Sedangkan rute BW 4, bus melewati IRTI Monas-Sarinah 1-Wisma Nusantara-Bumi Putera-Karet 1-Bendungan Hilir 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 1-FX Sudirman-Gelora Bung Karno 2-Bendungan Hilir 2-Karet 2-Menara Astra-Dukuh Atas 2-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah 2-Museum Nasional-Monas 2-Monas 3-IRTI Monas.

Monas merupakan salah satu rute yang dilewati oleh bus wisata double decker

Sobat Atourin tertarik untuk bereksplorasi dan menikmati indahnya suasana Kota Jakarta secara cuma-cuma? Yuk naik bus wisata double decker yang satu ini! Selain itu, kamu juga turut berpartisipasi mengembangkan potensi wisata dan ekonomi kreatif Kota Jakarta lho. Mudah bukan?

Sumber : transjakarta.co.id