Halo Sobat Atourin! Kali ini kami ingin membawamu jelajah pariwisata Provinsi Gorontalo. Gorontalo adalah provinsi di Pulau Sulawesi yang lahir atau terbentuk pada 5 Desember 2000 berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2000. Gorontalo adalah pemekaran dari Provinsi Sulawesi Utara. Gorontalo berbatasan dengan Teluk Tomini di bagian selatan dan Laut Sulawesi di bagian utara, menjadikan provinsi ini memiliki banyak keindahan baik darat dan laut yang menarik untuk dijelajahi. Provinsi Gorontalo terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota yakni Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo. Dikenal sebagai Serambi Madinah, Gorontalo bisa menjadi pilihan destinasi jalan-jalanmu untuk eksplor alam, sejarah, kuliner, seni budaya, dan lainnya. Keberadaan desa wisata di Gorontalo juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan. Yuk simak desa-desa wisata di provinsi ini!

Taman BJ Habibie di Dekat Bandara DJalaluddin

Desa Bubohu Bongo terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo. Obyek wisata di desa ini meliputi Taman Wisata Bubohu, Masjid Walima Emas Bubohu, dan Pantai Batudaa. Di Taman Wisata Bubohu, kita bisa menikmati taman hijau yang asri serta ratusan atau bahkan ribuan fosil yang tertata rapi di taman ini. Keberadaan ratusan ekor burung merpati juga menjadi daya tarik. Wisatawan bisa memberi makan merpati ini dengan jagung yang dijual oleh pengelola. Masjid Walima Emas Bubohu terletak di ketinggian dimana dari atas ini bisa terlihat pemandangan desa dan Teluk Tomini. Disebut masjid emas karena kubahnya yang memang dicat warna emas. Terlihat dari kejauhan Pantai Batudaa berpasir putih yang indah. Tradisi yang sangat terkenal di daerah ini adalah walima yakni perayaan hari Maulud Nabi pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Taman Wisata Bubohu

Berpindah ke daerah lainnya, kita akan menyusuri Desa Wisata Lonuo Bukit Arang. Desa ini terletak di Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango dan berada di ketinggian 347 mdpl (meter di atas permukaan laut). Obyek wisata Bukit Arang ini menjadi tempat camping ground di ketinggian, wisata parayalang, atau sekedar menikmati pemandangan Gorontalo dari atas. Dari sini, pemandangan Kota Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, dan Kabupaten Gorontalo terlihat jelas. Di malam hari, pemandangan tidak kalah menarik karena wisatawan bisa melihat bintang. Disebut sebagai “negeri di atas awan”, di sini juga ada beberapa wahana menarik seperti kolam renang, sepeda gantung, dan lainnya.

Jika kamu penyuka wisata bahari, maka Gorontalo wajib kamu kunjungi. Masih di Kabupaten Bone Bolango yakni di Kecamatan Kabila Bone, terdapat Desa Wisata Botubarani. Di sini, wisatawan bisa berinteraksi dengan kawanan hiu paus. Hiu paus ini pada waktu tertentu memang ada di perairan desa wisata ini. Wisatawan dengan perahu akan dibawa ke Tengah laut dan berkesempatan memberi makan hiu paus ini. Wisatawan juga bisa berenang di sana. Hiu paus ini bisa dibilang jinak namun wisatawan dilarang menyentuh langsung. Di desa wisata ini juga banyak ditemukan tempat makan dan café pinggir pantai. Bagi yang ingin menginap, maka ada beberapa pilihah homestay. Pantai di sepanjang desa wisata ini berwarna putih, kamu bisa santai menikmati pemandangan pantai atau mandi di sana.

Hiu Paus di Desa Wisata Botubarani

Berpindah ke Kabupaten Gorontalo Utara, kita jalan-jalan ke Desa Wisata Ponelo. Di sana kamu bisa menikmati pantai yang indah serta hijaunya hutan bakau yang menjadi habitat kelelawar dan satwa lainnya. Di sekeliling Ponelo ini ada sekitar 50 pulau lainnya baik yang tidak berpenghuni maupun berpenghuni. Kamu bisa menyewa perahu tradisional dan berkeliling pulau tersebut atau disebut island hoping.  Coba saja di pagi hari atau sore hari ketika golden hour kamu menikmati matahari terbit dan matahari terbenam di sana, pasti syahdu banget.

Kembali ke Kabupaten Bone Bolango, kita berkunjung ke Desa Wisata Hungayono yang terletak di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur.  Nama hungayono sendiri adalah nama durian jenis lokal yang bisa ditemui di Kawasan Hungayono, Tulabolo Barat, juga Tulabolo Timur. Desa ini merupakan desa wisata penyangga Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Alam dan isinya menjadi daya tarik utama desa wisata ini seperti pengamatan satwa endemik (maelo, rangkong dan tarsius), pengamatan aneka burung, jelajah alam seperti trekking dan penelusuran hutan, serta jelajah air panas dan gua alam. Bagi kamu yang anaknya “alam banget”, maka wajib ke desa wisata ini.

Nah itu dia lima desa wisata yang sangat menarik buat dikunjungi di Provinsi Gorontalo. Kira-kira mana yang jadi favoritmu? Atourin bisa bawa kamu keliling semua desa wisata melalui penawaran paket wisata yang menarik. Kita juga akan bawa kamu ke keindahan desa wisata lainnya di provinsi ini. Nantikan terus update-nya di blog Atourin!