(Stephanie Gracia Suryani)

Time to read: 4 minutes

Sebelum viral karena adegan dalam serial “Layangan Putus”, wisata balon udara ala Cappadocia sudah menjadi impian banyak orang. Jauh sebelum Kinan, sudah ada Sherina kecil yang bersenandung merdu,

“Ku melayang di udara, terbang dengan balon udaraku. Oh, sungguh senangnya lintasi bumi. Oh, indahnya dunia!” 

Entah terinspirasi oleh Kinan, Sherina, atau hal lain, yuk wujudkan our dreams tanpa perlu jauh-jauh ke Turki! 

1. Balon Udara Sari Ater di Subang, Jawa Barat

Tidak hanya pemandian air panas, hot air balloon (balon udara) juga bisa kita temukan di Subang. Balon udara ini disediakan oleh Indonesia Terbang dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bekerjasama dengan Fly Tours Indonesia. 

Sobat Atourin bisa datang ke Sari Ater Hotel & Resort di Jalan Raya Sari Ater Palasari, Ciater, Subang. Sebelumnya, lakukan reservasi dengan menghubungi Indonesia Terbang (0895381890500 dan instagram @indonesia.terbang). Jika menginap di Sari Ater Hotel & Resort, maka Sobat Atourin dapat dengan menghubungi resepsionis. 

Pastikan Sobat Atourin berusia lebih dari 4 tahun dan kurang dari 60 tahun, ya! Selain itu, tinggi minimal untuk naik balon udara adalah 120 cm. Kondisi kesehatan juga harus prima secara fisik maupun mental, dan tidak sedang mengandung. 

Balon udara di Sari Ater Hotel & Resort ini hanya beroperasi di pagi hari yaitu pukul 06.00–09.00 WIB atau 05.30–10.00 WIB saat ramai pengunjung. Waktu operasi dibatasi karena cuaca yang seringkali kurang mendukung bila hari sudah mulai siang. Dari atas balon udara di ketinggian 30 meter, kita bisa melihat pemandangan gunung dan hamparan kebun teh yang menghijau. Jika beruntung menaiki balon pada pukul 05.30, kita juga bisa memandangi matahari terbit. 

Sekali terbang, kita akan melayang di udara selama 15 menit, belum termasuk waktu take-off dan landing. Dalam sehari, balon udara kurang lebih terbang sesering 15 kali, membawa maksimal 400 kg beban per penerbangan. Dalam situasi pandemi, batas tampung dibatasi sekitar lima orang dewasa dan harus dalam satu rombongan atau keluarga. 

Sobat Atourin perlu menyiapkan biaya sebesar 450.000 rupiah per orang. Sedang untuk pengunjung pasangan dibanderol 800.000 rupiah. Kemudian untuk paket keluarga dengan dua orang dewasa dan dua anak di bawah 17 tahun atau tiga orang dewasa sebesar 1,2 juta rupiah dan paket lima orang dewasa yaitu 1,7 juta rupiah. Setiap paket sudah termasuk sertifikat, makanan ringan, dan foto.

2. Tanah Gajah Resort, Bali

Ubud dianugerahi kecantikan alam yang luar biasa dan kita bisa menikmatinya dari atas balon udara melalui paket yang ditawarkan Tanah Gajah Resort yang terletak di Sukawati, Gianyar Bali. Tidak hanya terbuka untuk tamu resor, balon udara juga dapat dinikmati wisatawan yang tidak menginap. 

Kita perlu menyiapkan uang sebesar 1,2 juta rupiah/dua orang dewasa untuk sekali terbang yang sudah meliputi satu foto digital dan sarapan sebelum atau setelah trip di pagi hari atau teh dan camilan untuk penerbangan sore. Durasi setiap penerbangan yaitu sekitar 7–10 menit. 

Jika Sobat Atourin tertarik untuk menaiki balon udara di sini, jangan lupa lakukan booking jauh-jauh hari, ya! Resor memerlukan persiapan dan hanya mengadakan penerbangan jika setidaknya ada 2 penerbangan di setiap periode yang dijadwalkan. 

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Bagi kita penganut prinsip budget-friendly travelling, ada cara mewujudkan mimpi menaiki balon udara dengan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Hanya dengan harga tiket sebesar 60.000 rupiah untuk anak-anak dan 90.000 rupiah untuk dewasa di hari Senin-Jumat, serta 90.000 rupiah untuk anak-anak dan 120.000 rupiah untuk dewasa di akhir pekan, kita bisa melihat ibukota dari ketinggian 150 meter selama 15 menit. 

Tidak ada syarat khusus untuk menaiki wahana balon udara raksasa berdiameter 69 meter dengan daya tampung 30 orang ini. Hanya saja, anak-anak di bawah 10 tahun harus didampingi orang dewasa. Tidak perlu takut, Sobat Atourin, walau harga tiketnya terjangkau, balon udara di TMII ini dijamin aman karena berbahan bakar helium noneskplosif sehingga tidak ada pembakaran. Keamanan sudah sesuai dengan standar internasional dan harga tiket tadi sudah mencakup asuransi. 

Pastikan Sobat Atourin datang saat cuaca cerah karena balon udara raksasa hanya beroperasi jika cuaca mendukung. Catat juga jadwal terbangnya: pukul 09.00-17.00 WIB. Bagaimana? Sudah siap mewujudkan mimpi? Biar Kinan saja yang berandai-andai, kita wujudkan, yuk, impian kita!