(Nadya Ovelia Wijaya)

Hai Sobat Atourin! Apakah kalian suka berwisata? Jika iya, pernahkah kalian mendengar tentang solo traveling atau mungkin kalian sudah pernah melakukannya? Solo traveling atau berwisata sendirian merupakan salah satu aktivitas bepergian yang digemari oleh banyak orang. Meski banyak yang berpendapat bahwa solo traveling bisa membuat orang merasa kesepian di sepanjang perjalanan, banyak juga yang malah menyukai kesendirian ini karena mereka bisa menjadikan waktu berwisata itu sebagai me time untuk menjernihkan pikiran dan melepas stres. 

Tidak hanya itu, banyak orang menyukai solo traveling karena mereka bisa pergi kemanapun dan melakukan aktivitas apapun sesuai dengan keinginan mereka tanpa harus bingung memikirkan preferensi dari teman atau keluarga yang ikut bepergian bersama. Dapat dikatakan bahwa berwisata sendirian bisa memberikan kebebasan bagi orang tersebut sehingga ia dapat menikmati waktunya dengan lebih santai dan nyaman. Hal inilah yang menjadi pesona tersendiri dari solo traveling dan membuat aktivitas ini layak untuk dicoba. 

Namun, bepergian sendiri tentunya memerlukan persiapan khusus yang harus diperhatikan oleh para wisatawan. Apalagi jika kalian pergi ke tempat yang baru dan jauh seperti ke negara lain yang memiliki tata cara dan budaya yang berbeda. Pastikan bahwa kalian telah mempersiapkan diri, baik secara mental maupun fisik, agar dapat menikmati perjalanan yang seru dan menyenangkan. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kalian lakukan atau ikuti selama kalian melakukan solo traveling.

Lakukan riset terhadap destinasi yang akan dituju

Melakukan riset atau mencari tahu mengenai detail tempat yang akan dituju merupakan tips penting sebelum kamu memulai solo traveling. Hal ini dikarenakan aturan, budaya, dan tata cara yang ada di setiap daerah berbeda-beda. Sesederhana rute jalan atau penggunaan transportasi umum, terdapat aturan yang berbeda di setiap negara atau bahkan di daerah yang berbeda meski dalam negara yang sama. Selain itu, melakukan riset mengenai destinasi wisata yang akan didatangi, penginapan, dan tempat makan juga penting agar kamu memiliki bayangan terlebih dahulu sebelum pergi ke sana. Dengan memiliki pengetahuan dasar akan daerah tersebut, kamu bisa melakukan perjalanan dengan lebih nyaman dan tidak menghabiskan waktu kebingungan selama di perjalanan. 

Buatlah jadwal perjalanan

Hal ini berguna untuk menyimpan waktumu dalam memikirkan berbagai destinasi wisata yang ingin kamu tuju. Adanya jadwal perjalanan membuat trip kamu akan menjadi lebih jelas dan teratur serta memungkinkan pemanfaatan waktu yang efisien pula.

Simpan nomor darurat dan beritahukan keberadaanmu pada keluarga atau teman

Tindakan ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum kamu pergi. Selama perjalanan kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, jika seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu bisa dengan cepat menghubungi bantuan dan kamu juga bisa lebih cepat ditemukan. Pastikan juga untuk selalu mengabari orang terdekat atau nomor daruratmu ketika kamu berpindah tempat agar mereka tetap update dengan keberadaanmu setiap saat. Atau mungkin kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pelacak lokasi yang saat ini banyak digunakan untuk memudahkan hal ini.

Kemas barang bawaan secara efisien

Karena kamu pergi sendirian, maka penting untuk membawa barang-barang yang diperlukan saja. Biasanya orang yang melakukan solo traveling hanya membawa satu tas atau backpack yang praktis untuk dibawa. Pastikan untuk tidak mengemas terlalu banyak barang yang akan membuat kamu kesusahan dalam membawanya kemana-mana. 

Pastikan membawa uang yang cukup

Jika kamu bepergian, kamu pasti membutuhkan uang yang cukup agar bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Tidak perlu untuk membawa uang cash terlalu banyak karena hal itu juga bisa membahayakan dirimu. Sebaiknya bawa uang secukupnya saja dan jangan lupa untuk catat pengeluaranmu untuk mengontrol keuangan yang kamu miliki.

Lakukan pemesanan secara online

Pada zaman sekarang, teknologi digital sudah sangatlah canggih, dan segala sesuatunya dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan). Misalnya saja kamu ingin membeli tiket pesawat atau kamar hotel, atau kamu ingin mengunjungi suatu museum namun terdapat antri yang panjang untuk masuk, membeli secara online akan sangat memudahkan kamu. Tidak hanya itu, hal ini juga akan menghemat waktumu menjadi lebih efisien karena semua sudah dipesan sebelum kamu pergi.

Jangan malu untuk bertanya

Tips yang terakhir adalah jangan malu untuk bertanya, seperti kata pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan”. Ketika bepergian, normal untuk merasa bingung karena kita harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Apalagi jika kamu pergi sendirian dan tidak ada teman untuk diajak berbicara atau diskusi saat itu juga, pasti kamu akan beberapa kali merasa bingung. Karena itu, jangan pernah malu untuk bertanya kepada orang lain terutama kepada warga lokal karena mereka lebih mengerti tentang daerah itu agar kamu bisa mendapatkan jawaban atau solusi yang jelas.

Itulah beberapa tips solo traveling yang bisa membantu perjalananmu menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu semua, pastikan untuk bersenang-senang dan buatlah kenangan indah yang akan kamu ingat seumur hidupmu!