(Ririn Atourin)

Wah lagi-lagi topik tentang kegiatan KKN alias kuliah kerja nyata jadi viral kembali. Kira-kira Sobat Atourin sudah pernah melakukan kegiatan KKN atau belum? Kegiatan KKN memang umum dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bentuk pengaplikasian tri darma pendidikan perguruan tinggi khususnya bidang pengabdian masyarakat. Kegiatannya pun beragam mulai dari program pembangunan fisik sampai pelatihan tematik untuk masyarakat yang menjadi sasaran atau target KKN.

Buat kamu yang sedang mencari lokasi untuk kegiatan KKN dan akan menjalankan program berbasis pariwisata, berikut ini adalah beberapa desa yang bisa menjadi inspirasimu lebih lanjut. Yang perlu digarisbawahi, kamu perlu kontak ke pengurus desa setempat dan menanyakan apakah kegiatan KKN bisa dilakukan di sana.

Kopi Gayo

Desa Wisata Agusen Gayo Lues, Aceh

Desa wisata ini terletak di Kecamatan Blangkejeren, Ibu Kota Kabupaten Gayo Lues dan berbatasan dengan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) dan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Di desa ini kamu bisa menjumpai perkebunan kopi, area sawah yang luas, serta aliran Sungai Agusen. Potensi wisata alam, pertanian, dan sosial budaya menjadi menarik untuk ditelusuri di sini. Kamu bisa trekking menyusuri daerah aliran sungai atau area hutan di sekitar hutan.

Embung di Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran, DI Yogyakarta

Desa ini terletak Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Yang unik adalah terdapat gunung api purba yang disebut Nglanggeran, yang tingginya mencapai 700 mdpl (meter di atas permukaan laut). Desa ini masih sangat kental dengan budaya Jawa dan masyarakat pedesaan yang ramah. Rumah-rumah khas Jawa bisa dijumpai dengan mudah di sini. Selain jelajah gunung api purba, kamu juga bisa bermain ke embung, melihat air terjun, serta ke sentra pengolahan kakao yakni Griya Cokelat Nglanggeran.

Rujak Soto dan Nasi Tempong

Desa Wisata Kemiren, Jawa Timur

Desa ini terletak di Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Desa ini masih melestarikan seni dan budaya Suku Osing mulai dari rumah adat, aneka upacara, musik dan tari, dan lainnya. Kamu juga bisa menikmati kuliner khas desa ini seperti pecel pitik, rujak soto, nasi tempong, dan banyak lainnya. Bagi yang tertarik belajar seni musik, kamu bisa mencoba bermain gamelan khas Banyuwangi dan angklung khas sana yang dinamakan angklung caruk.

Salah Satu Sisi Desa Wisata Penglipuran

Desa Wisata Penglipuran, Bali

Desa ini terletak di Kecamatan Bangli, Bangli. Pernah dinobatkan sebagai salah satu desa wisata terbersih di dunia, jika kamu ke sini maka akan kagum dengan arsitektur bangunan di sana. Bangunan rumah di desa ini tertata rapi dimana pintu gerbang yang disebut angkul-angkul bentuk dan warnanya seragam antar satu rumah dengan rumah lainnya. Di desa ini terdapat beberapa pura yang juga sangat indah. Jika kamu penasaran dengan jalak Bali, burung endemik Bali, kamu bisa menjumpainya di salah satu taman area depan desa.

Pemandangan Desa Soinrat

Desa Wisata Soinrat, Maluku

Desa ini terletak di Kecamatan Kei Besar, Maluku Tenggara. Bagi pecinta bird watching, maka desa ini adalah tempat yang pas. Di hutan yang ada di sekitar desa, bisa dijumpai banyak jenis burung endemik seperti Kai Island Coucal, Kei Monarch, Kai Islands Pygmy Parrot, Great Kei White Eye, dan lainnya. Selain itu juga alamnya yang indah bisa kamu jelajahi antara lain sungai, pantai, dan lautnya. Kamu juga bisa ikut mencoba menangkat ikan dengan cara tradisional di sana.

Indonesia punya ratusan desa wisata. Menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang akan melakukan KKN dalam bidang pariwisata. Kamu juga bisa kontak Atourin apabila ada hal-hal yang kiranya bisa dikolaborasikan lebih lanjut. Atourin berkolaborasi dengan banyak perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah pelaksanaan KKN mahasiswa-mahasiswinya.