(Ririn Atourin)

Sobat Atourin tentu pernah dengar ajang olahraga seperti SEA Games atau Asian Games kan? Yup, ajang olahraga ini merupakan acara internasional yang diselenggarakan di suatu negara tertentu dan diikuti oleh beberapa negara lain. Indonesia pernah tercatat sebagai tuan rumah kedua ajang tersebut serta berbagai ajang olahraga internasional lainnya. Ajang ini merupakan bagian dari sport tourism karena selalu berhasil menarik minat banyak orang untuk menonton baik langsung maupun melalui berbagai platform online, membeli berbagai merchandise resmi, dan tentunya mendukung atlet-atlet kebanggaannya.

Saat ini sedang berlangsung SEA Games 2021 di Viet Nam. Nah, salah satu yang menarik adalah adanya maskot acara ini yang disebut saola. Saola sendiri adalah hewan mamalia yang langka dan bisa ditemukan di Viet Nam dan Laos, tepatnya Pegunungan Annam. Nah kalau dilihat-lihat, memang biasanya acara olahraga internasional mempunyai maskot yang merepresentasikan kekayaan flora, fauna, atau budaya negara yang jadi tuan rumah. Indonesia juga pernah menjadikan beberapa fauna eksotis sebagai maskot. Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Hanoman, Maskot SEA Games 1997

Hanoman adalah dewa dalam agama Hindu yang berwujud sebagai kera putih. Hanoman juga merupakan tokoh protagonis dalam Ramayana dan Mahabarata. Di India, Hanoman dipuja sebagai dewa pelindung. Hanoman dipilih sebagai maskot ajang ini. Sebetulnya tidak ada fauna kera putih di Indonesia. Namun kera ekor panjang albino pernah beberapa kali terlihat di Pura Luhur Uluwatu, Bali. Kera ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah satwa yang banyak dijumpai di beberapa daerah di Indonesia serta beberapa negara lain.

Jalak Bali, Maskot Asian Beach Games 2008

Asian Beach Games yang diselenggarakan di Bali tahun 2008 adalah ajang yang pertama kali diselenggarakan dan mempertandingkan berbagai olahraga pantai. Maskot dari ajang ini adalah jalak Bali (Leucopsar rothschildi) yang merupakan burung endemik dari Bali. Warna jalak Bali menarik yaitu badannya berwarna putih serta bulu sekitar matanya yang berwarna biru. Jalak Bali banyak ditemui di Taman Nasional Bali Barat serta banyak dibudidayakan di Pulau Nusa Penida.

Komodo

Modo dan Modi, Maskot Sea Games 2011

Pesta olahraga ini diselenggarakan di Jakarta dan Palembang dan maskotnya disebut modo dan modi. Modo dan modi adalah wujud dari komodo (Varanus komodoensis). Ini adalah satwa endemik yang hanya hidup di Taman Nasional Komodo meliputi beberapa pulau seperti Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami. Komodo adalah salah satu hewan purba yang masih ada dan hidup sampai sekarang. Dianggap sebagai naga, hewan ini termasuk karnivora dan memiliki bisa yang sangat beracun. Taman Nasional Komodo sendiri telah menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Nusa Tenggara Timur.

Rusa Bawean

Atung, Bhin Bhin, dan Kaka, Maskot Asian Games 2018

Asian Games kali ini juga diselenggarakan di Jakart dan Palembang. Maskotnya adalah 3 satwa yang khas Indonesia yaitu kaka yang merupakan perwujudan dari badak Jawa, bhin bhin yang merupakan perwujudan dari burung cendrawasih, dan atung yang merupakan perwujudan rusa Bawean. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) adalah salah satu mamalia yang paling langka di dunia. Hanya hidup di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, satwa ini termasuk hewan yang pemalu dan sangat sensitif dengan pergerakan atau adanya manusia. Rusa bawean (Hyelaphus kuhlii) adalah rusa yang hidup di Pulau Bawean, Jawa Timur. Rusa ini memiliki badan yang lebih kecil dibandingkan dengan rusa jenis lainnya. Sedang burung cendrawasih adalah burung yang hidup di Papua. Disebut burung surga karena bulu-bulunya yang indah. Burung cendrawasih sendiri memiliki berbagai jenis dengan bentuk dan tampilan fisik yang berbeda-beda.

Burung Cendrawasih

Menarik sekali ya maskot-maskot di atas. Selain sebagai media promosi ajang olahraga masing-masing, maskot ini juga bisa menjadi ajang penggalangan kepedulian atas kelestarian berbagai satwa tersebut. Di tiap ajang olahraga tersebut biasanya dijual aneka cenderamata yang dihiasi dengan gambar atau bentuk maskotnya. Sobat Atourin kira-kira pernah beli merchandise maskot yang mana?