Selama bulan suci Ramadan, umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh setiap hari dari fajar hingga senja, pantang makan dan minum, merokok, atau melakukan aktivitas yang akan membatalkan puasa lainnya. Selama bulan ini pula, umat Muslim diharapkan terhindar dari pikiran dan perilaku buruk.

Selain lekat dengan upaya menahan hawa nafsu, Bulan Ramadan juga identik dengan ragam makanan yang unik dan penuh selera. Di Indonesia sendiri, berbuka puasa biasanya diawali dengan makanan atau minuman manis (takjil), seperti kolak dan kurma, kemudian dilanjutkan dengan makanan berat atau menu utama.

Banyak makanan dan minuman khas Indonesia yang cocok untuk menjadi menjadi menu bulan Ramadan. Berkolaborasi dengan Wego, Atourin akan membahas 7 menu kuliner khas Indonesia yang nikmat untuk berbuka puasa:

1.   Es Timun Suri 

Buah timun suri yang merupakan bahan dasar dari minuman ini berbentuk seperti melon dan banyak mengandung sari buah. Biasanya disajikan dengan sirup kelapa dan pandan, atau madu. Di beberapa daerah di Indonesia, masyarakat kerap mencampurnya dengan sirup gula aren atau susu kental manis, lalu disiram sedikit air jeruk nipis untuk menambah rasa asam yang segar. Meski aslinya berasal dari Cirebon di Jawa Barat, minuman Es Timun Suri juga banyak dijual di sepanjang jalan di Jakarta selama bulan puasa. Minuman ini sangat segar dan nikmat diteguk untuk berbuka puasa.

2.   Bongko Kopyor

Jajanan tradisional ini merupakan salah satu kuliner khas dari Gresik. Bongko Kopyor terbuat dari tepung terigu, irisan pisang, daging kelapa, santan, nangka, dan potongan roti. Semuanya dibungkus dengan daun pisang. Tak hanya enak, Bongko Kopyor dipercaya mampu memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. Suguhan manis ini menjadi menu spesial yang umumnya hanya bisa Sobat Atourin temukan selama bulan Ramadan.

3.   Bubur Kampiun

Bubur Kampiun termasuk salah satu jenis kuliner khas Minangkabau, tepatnya dari daerah Bukittinggi, Sumatra Barat. Bubur bercita rasa manis dan lembut ini terdiri dari bubur sumsum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima, dan ketan hitam. Mendengarnya saja sudah menggugah selera, bukan? Rasa yang khas membuat bubur kampiun disukai banyak orang, bukan hanya orang Minangkabau saja. Bubur kampiun yang manis dan cukup mengenyangkan tentu juga sangat cocok menjadi hidangan berbuka puasa!

4.   Ketan Bintul

Ketan Bintul merupakan kuliner dari Banten yang berupa ketan berbentuk segi empat yang gurih dengan taburan serundeng kelapa serta ditambahkan irisan daging dan kuah semur. Rasanya yang gurih dan lezat membuat kudapan ini menjadi favorit masyarakat Banten untuk berbuka puasa. Konon katanya, makanan ini telah ada sejak zaman kerajaan Banten masih berdiri, lho.

5.   Es Cendol

Nah, kalau yang satu ini bisa dikatakan masih bersaudara dengan kolak. Cendol merupakan minuman khas yang banyak dijumpai di Pulau Jawa. Terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan santan dan gula merah, cendol kerap dicari sebagai menu berbuka. Akan lebih nikmat jika makanan berwarna hijau ini dicampur dengan serutan es. Makin dingin, makin segar!

Sobat Atourin juga bisa membuat cendol di rumah dengan cara mencampur tepung beras dan tepung tapioka, lalu dimasak dengan air mendidih dan dicetak dengan bentuk memanjang. Mudah sekali, bukan?

6.   Kue Barongko

Kue Barongko adalah salah satu makanan khas Bugis yang terbuat dari olahan pisang yang sangat pas di jadikan sebagai kudapan menu berbuka puasa. Barongko sendiri adalahi kue wajib yang harus selalu dihidangkan saat acara-acara besar di Sulawesi Selatan. Bukan hanya untuk perjamuan, Barongko juga lezat dijadikan menu buka puasa. Olahan pisang ini benar-benar siap bikin ketagihan.

7.   Lumpia Semarang

Lumpia merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang terbuat dari rebung, telur, dengan isian daging ayam atau udang dibungkus dengan kulit lumpia. Saat berbuka puasa, umumnya harus ada gorengan. Nah, Lumpia Semarang bisa menjadi pilihan Sobat Atourin karena rasanya sangat gurih dan enak.


Nah Sobat Atourin, berikut adalah 7 kuliner khas Indonesia yang cocok untuk berbuka puasa. Di bulan Ramadan, pastinya akan ada momen berkumpul bersama keluarga, jangan lupa untuk mempersiapkan aktivitas menarik dan menyenangkan untuk menyempurnakan momen kumpul keluarga. Tentunya, 7 hidangan tadi bisa menjadi ide suguhan acara kumpul keluarga.

[1] 

Sobat Atourin dapat cek rekomendasi hotel khusus dari Wego dan nikmati fasilitas hotel yang nyaman untuk staycation Ramadanbersama keluarga. Hotel pilihan Wego ini memberikan berbagai penawaran menarik yang bisa dinikmati saat staycation mulai dari fasilitas lengkap, pelayanan yang ramah, dan masih banyak lagi!