(Gaby Vanessa Br Sembiring)

Sumatera Utara dan Medan bukan hanya memiliki objek wisata alam yang menarik, seperti Danau Toba yang merupakan UNESCO World Heritage Site. Namun, di Medan sendiri memiliki deretan kuliner legendaris yang telah berdiri selama puluhan tahun dan wajib dijajal oleh setiap traveller yang singgah ataupun berwisata di Medan. Bukan wisata namanya jika Sobat Atourin belum pernah menikmati kuliner khas daerah tersebut. Oleh karena itu, buat kamu yang penasaran dan ingin menjelajah rasa di Kota Medan, artikel ini dipastikan cocok buat kamu! Apa saja sih kuliner legendaris yang ada di medan? Simak ulasannya di bawah ini.

Tip Top Restaurant

Restoran ini cukup terkenal di Medan. Bagaimana tidak? Restoran ini telah berdiri sejak tahun 1929 artinya sudah beroperasi selama sekitar 92 tahun atau hampir 100 tahun! Lantas, apa yang membuat restoran ini masih tetap menjadi primadona?

Restoran ini masih tetap mempertahankan cita rasa dan bangunan sehingga menciptakan suasana nostalgia. Tip Top masih menggunakan tungku api untuk memasak roti dan kue. Hal ini dilakukan agar roti dan kue menghasilkan cita rasa yang top dan menambah aroma kayu agar memberikan nuansa tempo dulu. Untuk membuat es krim sendiri, Tip Top masih menggunakan mesin yang sama seperti yang digunakan di tahun 1934 dengan bahan–bahan yang sama. Harga yang dibanderol bervariasi dimulai dari Rp15.000,00. Bagi kalian yang tertarik untuk merasakan nuansa berbeda maupun bernostalgia, kamu bisa datang ke Tip Top Restaurant yang terletak di kawasan Kesawan atau Jalan Jenderal A. Yani nomor 92 A-B, Medan.

Soto Medan

Soto Kesawan

Masih di daerah yang sama yaitu Kesawan, Soto Kesawan terletak di Jalan Ahmad Yani lokasinya sangat mudah ditemui karena berada tepat di seberang Tjong A Fie Mansion yang merupakan situs bangunan kuno nan unik di Kota Medan. Rumah makan ini sudah berdiri lebih kurang sejak tahun 1950an. Popularitas Soto Kesawan sudah sampai ke berbagai daerah, sehingga sering dikunjungi oleh sosok terkenal seperti Presiden ke 6 Indonesia yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY, sampai Miss Universe pernah mampir ke tempat ini. Harga makanan yang dijual cukup beragam dan terjangkau dilihat dari nilai rasa dan sejarahnya. Untuk soto daging sapi, ayam, dan jeroan sapi dibanderol mulai dari Rp23.000,00. Sedangkan soto udang mulai dari Rp28.000,00.

Kedai Kopi Apek

Apasih spesialnya warung kopi atau kedai kopi ini? Kedai kopi Apek sudah dijalankan mulai dari tahun 1923. Warung kopi ini sudah tidak asing di telinga penduduk Medan terutama mereka yang memang lahir di Medan. Terletak di Pasar Hindu, wilayah yang masih kental dengan bangunan kuno membuat kedai kopi ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk bernostalgia. Cita rasa makanan terutama kopitiam yang diolah secara tradisional memiliki nilai tersendiri yang tidak bisa dikalahkan oleh produk makanan kekinian dan kopi modern saat ini. Selain suasana yang bersahabat, harga yang ditawarkan juga bersahabat mulai dari Rp25.000,00–Rp45.000,00.

Lontong Medan

Rumah Makan Tabona

Terletak di Jalan Mangkubumi nomor 17, rumah makan ini berdiri sejak tahun 1982. Rumah makan ini menyediakan kari ayam dan sapi. Ayam yang digunakan juga ayam kampung yang menambah cita rasa tempo dulu dan wajib kamu jajal. Dijual dengan harga Rp45.000,00 dengan porsi yang lumayan besar membuat tempat ini jarang sepi pengunjung. Bahkan sempat ada yang rela mengantri untuk bisa makan di tempat ini. Pembuatan kari digunakan dengan banyak rempah yang membuat setiap tetes kari mengandung cita rasa yang sangat kaya. Karena ramai penggemar, rumah makan ini telah membuka cabang di Jakarta yaitu kawasan Muara Karang dan Pluit.

Sate Memeng

Walau sudah ada sejak tahun 1945, namun racikan sate yang belum berubah. Kata memeng diambil dari nama sang peracik, H. Muhammad Saimin yang akrab dipanggil Memeng. Sate memeng terkenal dengan bumbu dan potongan daging yang besar–besar yang membuat mulut terasa dipuaskan di setiap gigitan sate ini. Sate memeng terletak di Jalan Irian Barat nomor 2, Gang Buntu, Kota Medan. Tidak hanya sate, warung ini terkenal juga akan mie rebus yang sangat cocok dinikmati untuk menikmati cita rasa nostalgia malam hari. Dibanderol mulai dari Rp20.000,00 per porsinya, warung ini buka mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB setiap harinya.

Durian

Tidak hanya 5 objek kuliner yang telah kita ulas di atas, masih ada Mie Aceh Titi Bobrok, RM Soto Sinar Pagi, Bihun Bebek Asie Kumango, Ucok Durian serta Pokat Kocok Bu Iyan yang wajib kamu cicip. Bagaimana? Apakah anda tertarik mengunjung tempat – tempat di atas sembari bernostalgia? Atau dijadikan tempat hangout dan foto untuk sosial media bernuansa retro? Yuk jelajah kuliner seru di Medan dan seluruh Indonesia bersama Atourin. Selamat berwisata!