(Titus Agung Adiyatma)

Merapi—siapa yang tak kenal? Entah sudah berapa kali gunung ini menyapa daerah di sekitarnya dengan awan panasnya. Walau begitu, tahukah Sobat Atourin, bukan hanya awan saja yang disajikan panas-panas di gunung ini? Tersebutlah sebuah kedai di lereng gunung ini yang menyajikan kopi dan aneka kudapan lezat yang sudah pasti menggugah selera. Penasaran? Yuk cari tahu lebih banyak tentang kedai kopi tertinggi di Klaten ini. 

Abaikan yang Lagi Duduk, Fokus Aja ke Kafenya

Kedai Sapuangin adalah kedai kopi yang terletak di Kelurahan Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Dari kedai yang berada di lereng Gunung Merapi ini, pengunjung dapat dengan jelas melihat kawah gunung tersebut yang kentara dari kejauhan. Dengan berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, kedai ini menjadi kedai kopi dengan posisi tertinggi di Kabupaten Klaten. Tidak jauh dari kedai ini, terdapat base camp yang pastinya didatangi oleh para pendaki yang hendak mendaki Gunung Merapi. Nah, kalau kamu ingin menikmati pesona gunung ini namun masih belum berani mendakinya, kamu bisa banget nongkrong di Kedai Sapuangin.

Dingin-dingin Enaknya Minum yang Hangat-hangat Seperti Ini di Sini

Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 1 siang hingga 9 malam. Makanan dan minuman yang disajikan di sini dijual dengan harga yang sangat bersahabat, yakni mulai dari 5 ribu hingga 15 ribu saja. Untuk minuman, penulis menyarankan untuk mencoba kopi robusta kedai ini. Sedangkan untuk makanan, cobalah pisang coklatnya atau nasi ayam gorengnya. Perpaduan minuman dan makanan hangat yang menemanimu saat kamu melihat keindahan Merapi (dari jarak aman) sudah pasti akan menorehkan kesan dalam sanubarimu. Oh iya, kedai ini buka setiap hari mulai pukul 1 siang hingga 9 malam. Sangat disarankan agar kamu mendatangi kedai ini di sore hari kalau kamu ingin ngopi sambil menikmati pemandangan Merapi.

Kalau kamu berjalan menanjak sedikit dari kafenya, kamu akan menemukan kebun kecil dan tempat berfoto yang masih satu kompleks dengan kedai kopi ini. Di sini, matamu akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Lawu dan Perbukitan Gunungkidul yang tampak dari kejauhan. Perlu diketahui bahwa suhu udara di sini sudah cukup dingin, jadi jangan lupa untuk memakai jaket atau pakaian yang tebal, ya, Sobat!

Lebih dari 1 KM di Atas Permukaan Laut. Gimana gak dingin, coba?

Kalau sudah puas berfoto-foto, tentu saja kamu bisa kembali ke kafe untuk menikmati beragam kudapan yang disediakan. Mulai dari pisang coklat sampai nasi dan ayam goreng, semuanya disajikan hangat dengan harga yang bersahabat. Mau update status di Instagram atau Whatsapp? Jangan khawatir, karena ada wifi gratis di kafe ini yang bisa digunakan oleh pengunjung, lho!

Ayo Tebak Gunung Apa Itu Di Kejauhan? Memukau Banget Gak Sih, Pemandangannya?

Kabupaten Klaten yang terapit di antara Solo dan Yogyakarta membuat banyak sekali hidden gem pariwisata yang menunggu untuk ditemukan dan dikunjungi. Kedai kopi di lereng Merapi inilah salah satunya. Di sini, sambil menyeruput kopi, kita diajak untuk merenungi betapa gigihnya manusia. Bagaimana tidak? Di tempat yang begitu tinggi dan senantiasa terancam bahaya letusan gunung berapi, masih saja tangan-tangan manusia mendirikan sebuah kedai kopi. Kalau ada waktu, kunjungilah Kedai Sapuangin ini. Niscaya bukan hanya hawa dingin gunung saja yang akan kamu dapati di sini.