(Titus Agung Adiyatma)

Besar kemungkinan kalau Sobat Atourin naik pesawat untuk jalan-jalan ke Candi Muaro Jambi pasti akan singgah dulu di Kota Jambi. Eits, jangan buru-buru pergi dari kotanya dulu, Sobat, karena berikut ada 7 tempat wisata yang harus kamu coba kunjungi saat di Kota Jambi!

Jembatan Gentala Arasy di Malam Hari

Jembatan Gentala Arasy

Ketika mendengar kata ‘jembatan’, yang terlintas di pikiran Sobat pasti bangunan yang bentuknya datar dan lurus yang ada di atas sungai, benar bukan? Nah, berbeda dengan jembatan pada umumnya, Jembatan Gentala Arasy memiliki kontur yang meliuk seperti huruf S! Jembatan sepanjang 503 meter ini terletak di atas Sungai Batanghari dan diresmikan pada tahun 2015. Uniknya, jembatan ini hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki. Ada sebuah museum yang bernama Museum Menara Gentala Arasy yang terhubung dengan jembatan ini. Jarang-jarang lho ada jembatan yang bentuknya unik dan terhubung dengan museum pula. Sekali naik jembatannya, dua tempat wisata tercapai!

Museum Menara Gentala Arasy

Museum di dalam menara? Memang ada? Ada dong, yakni Museum Menara Gentala Arasy. Museum yang terdapat di dalam menara setinggi 80 meter ini menyimpan sekurang-kurangnya 100 benda-benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perkembangan agama Islam di Kota Jambi. Setiap harinya, lonceng di dalam menara berbunyi untuk mengingatkan warga Kota Jambi bahwa waktu beribadah telah tiba. Buat Sobat Atourin yang suka sejarah, jangan lupa mampir ke museum ini sewaktu berkunjung ke Kota Jambi, ya.

Ilustrasi Museum

Museum Siginjai

Sudah puas menimba ilmu di Museum Menara Gentala Arasy? Ayo coba kunjungi juga Museum Siginjai. Museum yang diresmikan pada tahun 1988 ini menyimpan benda-benda bersejarah yang tidak kalah menariknya. Di museum yang awalnya bernama Museum Negeri Jambi ini, terdapat arca, kalung emas, sabuk emas, medali Turki, dan benda-benda lainnya yang merupakan bagian dari sejarah daerah Jambi. Jangan coba-coba kunjungi museum ini di hari Sabtu dan Minggu, ya, Sobat Atourin. Kenapa? Karena museumnya tutup pada hari itu, hehe.

Taman Wisata Kampoeng Radja

Suka yang sejuk-sejuk tapi gak mau jauh dari perkotaan? Coba kunjungi Taman Wisata Kampoeng Radja! Taman wisata yang setiap harinya (kecuali hari Jumat) buka dari pukul 9 pagi sampai 4 sore ini menyuguhkan keasrian dan kesejukan yang biasanya jarang ditemui di daerah perkotaan. Cukup dengan uang senilai Rp35.000,00, Sobat Atourin sudah bisa memasuki taman wisata ini dan bahkan mencoba merasakan fasilitas di dalamnya seperti sepeda air, outbond, dan flying fox. Mau tahu lebih banyak? Intip langsung akun Instagram resminya yaitu @kampoengradja. 

Wisata Dasiles Tanjung Belimbing

Buat Sobat Atourin yang suka outbond, atau suka duduk-duduk di tepi danau sambil menikmati semilir angin, maka Dasiles Tanjung Belimbing adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Di tempat wisata yang terletak persis di dekat Danau Sipin ini, pengunjung dapat dengan bebas melakukan kegiatan outbond menggunakan fasilitas yang telah disediakan. Apabila kelelahan, pengunjung bisa leluasa bersantai di saung-saung yang sudah tersedia di tepi danau tersebut. Harga tiket untuk tempat wisata yang buka mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore ini juga murahnya kebangetan! Cukup dengan uang senilai Rp5.000,00 (Rp10.000,00 khusus hari Minggu atau hari libur), Sobat Atourin sudah bisa menikmati fasilitas outbound dan saung yang sudah disebutkan di atas.

Monumen Keris Siginjai

Bukan cuma Jogja dan Jakarta aja yang ada tugunya, Kota Jambi juga punya, namanya Monumen Keris Siginjai atau lebih dikenal sebagai Tugu Keris Siginjai. Sesuai dengan namanya, tugu ini memiliki bentuk yang menyerupai Keris Siginjai, keris yang dipakai di Kerajaan Jambi pada zaman dahulu. Tugu ini diresmikan pada tahun baru 2018 dan terletak di pusat perkantoran Wali Kota Jambi. Kalau ke Kota Jambi, wajib banget foto-foto di depan tugu ini, biar makin afdol!

Ilustrasi Pantai

Pantai Aurduri

Pantai yang terletak di tepi Sungai Batanghari ini mulai menarik perhatian masyarakat pada tahun 2019, ketika ketinggian air sungai menurun karena musim kemarau. Hamparan pasir di pantai ini, lengkap dengan panorama yang memanjakan mata di sore hari, membuat banyak pengunjung berdatangan, bahkan termasuk yang dari luar Kota Jambi. Musim kemarau adalah waktu yang paling pas untuk mengunjungi pantai ini agar kamu  benar-benar menikmati pasir dan panorama yang maksimal.

Kota Jambi yang berjuluk ‘Bumi Melayu’ ini pastinya mempunyai beragam tempat wisata yang mempesona mata. Jadi, jangan lupa, Sobat Atourin, sebelum ke Muaro Jambi, jalan-jalan dulu di Kota Jambi!