Tasya Kania Azzahra

Time to Read: 4 menit

Sebagai negara maritim dengan jumlah pulau sebanyak 17.491, Indonesia dinobatkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Maka, tidak heran jika Indonesia menghasilkan sumber daya ikan yang berlimpah hingga beragam jenisnya. Dari hewan laut seperti teripang, kuda laut hingga berbagai hewan laut dalam yang tidak pernah kita lihat sebelumnya pun ada di Indonesia.

Kemudian, di antara kekayaan hewan laut tersebut, Sobat Atourin pasti sudah tidak asing lagi dengan hiu dan pari, yang ternyata satu kerabat dan termasuk ke dalam keluarga chondrichthyes atau ikan bertulang belakang. Namun, Sobat Atourin tahu nggak, sih, jika perikanan hiu dan pari itu tersebar dari Aceh hingga Papua. Sehingga, bisa dibilang dari Sabang sampai Merauke di setiap lautannya akan tersebar hiu dan pari dengan jenis yang berbeda.

Akan tetapi, sangat disayangkan dengan penyebaran hiu dan pari yang merata di negeri kita ini justru status perikanan hiu dan pari di Indonesia cukup mengkhawatirkan, karena adanya penangkapan berlebih. Tidak hanya itu saja Sobat Atourin, menurut Food and Agriculture Organization (FAO) Indonesia juga menjadi negara terbesar untuk produsen hiu dan pari. Sedih juga ya.

Akibat kejadian tersebut membuat beberapa jenis hiu dan pari yang ada di perairan memiliki status kepunahan. Akan tetapi, Sobat Atourin tahu tidak jika kita masih bisa menikmati hiu dan pari tanpa membuat keberadaan mereka terancam. Bahkan cara ini juga dapat menguntungkan ekonomi pariwisata Indonesia, lho! Iya, salah satu caranya ialah dengan mengunjungi ekowisata yang menjadikan pari manta dan beberapa jenis hiu sebagai objek wisata. 

Kemudian perlu Sobat Atourin tahu, ternyata di Indonesia jenis ekowisata ini sudah ada dan tentunya membuat hiu dan pari manta menjadi lebih berharga dibandingkan menjadi buruan. Nah, untuk Sobat Atourin yang ingin berenang bersama hiu atau pari manta demi mendapatkan pengalaman baru dan mengasyikan. Beberapa lokasi ini bisa Sobat Atourin masukkan ke bucket list­!

1.      Teluk Cendrawasih, Papua Barat

Di Teluk Cendrawasih selain menjadi lokasi konservasi pusat hiu paus Indonesia, Sobat Atourin tidak hanya bisa melihat hiu paus dari atas kapal saja, tetapi Sobat Atourin juga bisa berenang bersama mahluk laut besar tersebut, tentunya harus sesuai peraturan ya.

2.      Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

Nah, bagi Sobat Atourin yang tidak bisa berenang jangan khawatir! Karena di Pulau Tinabo yang ada di Taka Bonerate ini, Sobat Atourin dapat bermain dan berenang bersama puluhan bayi hiu dengan jenis black tip yang berenang di bibir pantai.

3.      Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Mendengar kata Pulau Derawan pasti sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Atourin, karena pulau ini terkenal akan potensi wisata baharinya. Selain terkenal dengan wisata ubur-ubur danau air tawar ini, Sobat Atourin juga dapat menyaksikan dan berenang bersama hiu paus atau pari manta, salah satu pari raksasa yang sangat senang makan plankton.

4.      Nusa Penida, Bali

Untuk Sobat Atourin yang mempunyai jadwal wisata ke Bali jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Nusa Penida, karena di pulau ini Sobat Atourin dapat berenang bersama pari manta, dan tentunya kehidupan bawah lautnya juga akan memanjakan mata. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Nah, itu tadi beberapa lokasi yang bisa Sobat Atourin kunjungi jika ingin menikmati beberapa jenis hiu dan pari manta. Namun, perlu diingat walaupun hewan-hewan tersebut dikenal bersahabat dengan manusia. Jika, ingin berenang dengan aman bersama mereka kita harus berhati-hati, jangan sampai membuat hewan-hewan tersebut terusik dan tetap patuhi peraturan pemandu wisata, ya! Sampai jumpa di wisata bahari selanjutnya!