Time to read: 7 minutes

(Stefanny Lauwren)

Selain menjadi warisan budaya kebanggaan warga Pekalongan, batik merupakan salah satu sumber mata pencaharian utama masyarakat Pekalongan. Berbagai sektor perekonomian masyarakat terlibat dalam proses pembuatan batik, dari penjual benang, kain putih, malam, pewarna, pengrajin batik, distributor, dan penjual batik. Bahkan, batik menghasilkan miliaran rupiah sebagai barang ekspor ke negara-negara seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Sebagai kota batik, Pekalongan memiliki ratusan pengrajin, showroom, dan toko yang menjual batik. Pekalongan juga memiliki kampung batik sebagai kawasan wisata belanja, yaitu Kampung Batik Pesindon dan Kampung Batik Kauman. Terlebih lagi, di Kota Pekalongan terdapat beberapa pusat penjual batik yang memudahkan pengunjung untuk berbelanja tanpa perlu keliling ke tempat pengrajin batik. Pusat Grosir tersebut terletak pada berbagai posisi strategis seperti misalnya, MM Grosir, International Batik Center, dan Pasar Grosir Setono. Pasar Grosir Setono termasuk yang paling besar dan paling ramai di Kota Pekalongan.

Pada masa pandemi ini, banyak pengrajin yang berhenti produksi karena berbagai hal, seperti kurangnya bahan, kurangnya pemasukan dari penjualan kain batik karena Pasar Grosir sempat ditutup dan menjadi sepi. Saat ini, Pasar Grosir Setono tetap beroperasi dan tentunya, ada beberapa kios yang tetap buka. Keramaian pengunjung sudah mulai kembali muncul meskipun tidak seramai sebelum pandemi. Tapi, tidak perlu khawatir. Sobat Atourin tetap bisa berbelanja secara aman di Pasar Grosir Setono. Berikut adalah tips-tips berbelanja bijak dan aman di Pasar Grosir Setono kala pandemi.

  1. Patuhi protokol kesehatan

Foto : Alat-alat yang harus dibawa untuk mematuhi protokol kesehatan. Sumber : Canva.com

Saat pandemi seperti saat ini, Sobat Atourin tentunya perlu memperhatikan protokol kesehatan, terlebih saat pergi ke tempat umum seperti Pasar Grosir Setono. Hal yang paling penting adalah menggunakan masker yang sesuai dengan protokol kesehatan. Kemudian, usahakan menjaga jarak dari penjual maupun pembeli lainnya. Hal ini mungkin agak susah dicapai karena tergantung pada jumlah pengunjung, sehingga lebih aman untuk tidak mengunjungi pasar grosir pada saat weekend. Setelah itu, segera gunakan hand sanitizer atau cuci tangan setelah memegang uang atau melakukan transaksi. Meskipun ada beberapa kios yang menjual jajanan enak nan menggoda, hindari makan di pasar grosir. Lebih baik untuk membungkus makanan dan membawanya ke rumah atau alat transportasi pribadi.

2. Membuat daftar belanja

Foto : Daftar belanja. Sumber : Canva.com

Daftar belanja yang perlu dibuat harus terdiri dari jumlah dan jenis apa saja yang ingin Sobat Atourin beli. Tanpa daftar belanja, berkeliling di Pasar Grosir Setono dapat menggoda iman sehingga kita kalap belanja atau bahkan kebingungan mau beli yang mana. Hal ini disebabkan karena banyaknya kios dan pilihan batik yang tersedia di pasar grosir. Padahal, dalam situasi pandemi ini akan lebih baik bila Sobat Atourin menggunakan waktu di luar semaksimal mungkin.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar belanja adalah di toko mana Sobat Atourin akan belanja. Kebanyakan toko atau kios batik di pasar grosir memiliki sosial media maupun kontak yang dapat diperoleh dengan pencarian singkat di internet. Beberapa toko bahkan mengupload contoh-contoh hasil batik yang mereka produksi. Pada umumnya, setiap toko memiliki ciri khas batik masing-masing. Ada yang spesial seperti batik pada kain jeans, batik hitam-putih, batik tulis, batik pria atau batik wanita. Nah, sebaiknya Sobat Atourin melihat sosial media yang ada untuk memastikan barang atau motif yang anda beli. Selain itu Sobat Atourin juga perlu memperhatikan hari libur penjual. Kebanyakan pengrajin batik Kota Pekalongan mengambil libur di hari Jumat. Akan tetapi, sebaiknya mencari informasi sebelum pergi ke pasar grosir. Dengan memantau terlebih dahulu, Sobat Atourin bisa segera berbelanja ke tempat yang tepat dan sesuai dengan harapan.

3. Pahami Batik yang akan dibeli

Foto : Batik. Sumber : Canva.com

Dalam belanja batik, ada beberapa hal yang perlu Sobat Atourin perhatikan; anggaran, bahan, motif, jenis batik, dan jumlah. Batik memiliki kisaran harga yang begitu luas dan dipengaruhi oleh banyak faktor, dari Rp5.000,00 hingga jutaan rupiah. Dalam belanja batik, ada beberapa kategori yang memiliki perbedaan harga sehingga Sobat Atourin bisa menyesuaikan dengan budget. Kategori ini adalah metode pembatikan dan bahan.

Kain Batik yang dapat diperoleh dengan harga termurah adalah batik printing atau sablon. Ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa batik printing bukanlah batik sesungguhnya karena sejatinya batik adalah metode dan proses dalam menghasilkan motif. Kemudahan dan waktu yang singkat dalam produksi batik printing dan sablon menyebabkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan batik lainnya. Kemudian, batik yang dapat diperoleh dengan harga rendah-menengah adalah batik cap. Pembuatan batik cap menggunakan alat bernama canting cap, yang digunakan dengan cara mengecap sesuai namanya. Batik kombinasi dengan harga menengah-ke atas, memiliki beberapa bagian yang dibuat dengan teknik batik tulis, dan sebagian dengan batik cap. Batik dengan harga tertinggi adalah batik tulis, dengan kisaran harga mulai dari Rp1.000.000,00 hingga puluhan juta. Harganya lebih tinggi karena batik tulis membutuhkan keterampilan tinggi dan waktu yang lama.

Selain itu, penting untuk mengetahui bahan seperti apa yang diinginkan, karena bahan kain batik pun memiliki tingkatan kualitas yang mempengaruhi harganya, seperti kain kaos, katun, satin, hingga kain sutra. Penting untuk menanyakan bahan kain yang digunakan pada batik, karena dapat mempengaruhi kenyamanan, seberapa banyak kain menyusut, kelunturan pada warna, dan ketahanan kain. Dengan melakukan riset sebelum membeli, Sobat Atourin dapat memotong banyak waktu sehingga dapat berbelanja dengan lebih efektif, bijak, dan aman.

Nah, begitulah tips-tips berbelanja bijak di Pasar Grosir Setono. Dalam keadaan pandemi ini, kita harus belanja dengan cara yang aman dan sehat untuk kepentingan kita sendiri dan masyarakat. Beberapa tips di atas juga relevan loh diterapkan ketika kamu belanja di pasar atau tempat perbelanjaan lainnya yang serupa. Untuk Sobat Atourin yang butuh inspirasi jalan-jalan dan tips and trik lainnya, boleh banget check laman instagram Atourin yang menyediakan berbagai inspirasi dan tips pariwisata dari Sabang sampai Merauke di @atourin.official. Mari belajar menjadi pejalan bijak bersama Atourin.