Ilustrasi Hutan Bambu

(Titus Agung Adiyatma)

Mau merasakan sejuknya hutan bambu? Tidak perlu jauh-jauh ke Negeri Tirai Bambu, karena di Jawa Timur, tepatnya di Desa Wisata Sanankerto, ada hutan bambu yang siap menyuguhkan kesejukan kepada Sobat Atourin yang lelah dengan panasnya perkotaan. Seperti apa, sih, desa wisatanya? Yuk kita berkenalan dengan Desa Wisata Sanankerto melalui artikel ini.

Desa Wisata Sanankerto merupakan sebuah desa wisata yang berada di antara Kota Malang dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kehadiran objek wisata Boonpring merupakan ciri khas dari desa ini. Nama Boonpring berasal dari kata bahasa Inggris “boon” yang berarti “anugerah”, dan kata bahasa Jawa “pring” yang berarti “bambu”. Sesuai namanya, objek wisata berupa hutan bambu ini membawa anugerah tersendiri bagi warga desa dan wisatawan yang berkunjung.

Salah Satu Homestay yang Ada di Sanankerto

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Sanankerto. Yang pertama tentu saja wisatawan dapat menginap di homestay yang menjadi fasilitas di sini. Melalui Atourin, wisatawan dapat memilih paket menginap selama 2 hari 1 malam. Perihal kualitas, jangan khawatir, sebab homestay di sini telah mendapat sertifikat CHSE dari pemerintah Indonesia. Selama menginap, wisatawan akan memperoleh banyak fasilitas seperti pemandu wisata lokal, konsumsi, edukasi perihal bambu, dan tentunya tiket masuk ke Boonpring di sini.

Pemandangan Sungai dan Hutan Bambu di Sanankerto

Kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh wisatawan yakni eksplorasi mata air dan adopsi bambu. Pada aktivitas ini, wisatawan akan diajak untuk mengeksplorasi mata air sumber kricik sekaligus akan melakukan adopsi bambu sebagai bagian dari pelestarian lingkungan di Desa Wisata Sanankerto. Fasilitas yang akan disediakan berupa welcome drink, pohon bambu untuk diadopsi, pemandu wisata lokal, makan siang, wahana speed boat, dan lain-lain.

Sebelum berkunjung ke Sanankerto, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wisatawan. Yang pertama, persiapkan diri sebelum berangkat ke tempat wisata, jangan sampai pengalaman wisata kamu terganggu karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Yang kedua, persiapkan obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga atas hal yang pertama. Last but not least, persiapkan baju ganti, masker, dan hand sanitizer untuk menunjang kebersihan dan kesehatan diri.

Informasi lebih lanjut mengenai paket wisata, fasilitas, dan kegiatan yang ada di Sanankerto dapat kamu temukan di Marketplace di situs maupun aplikasi Atourin. Siapapun kamu dan di mana pun kamu berada, Desa Wisata Sanankerto bersama Atourin senantiasa menunggu kedatanganmu.