(Sekar Langit Maheswari)

Gorontalo merupakan salah satu kota tertua di Pulau Sulawesi, selain Makassar, Parepare, dan Manado. Lokasi Gorontalo berada di Semenanjung Gorontalo, bagian barat Provinsi Sulawesi Utara. Asal usul nama Gorontalo sendiri berasal dari kata Hulontalo. Kata Hulontalo, diserap dari kata dasar Hulontalangi, dinamakan dari Kerajaan di Gorontalo dan bermakna lembah mulia. Namun, karena kesulitan dalam pengucapannya, Belanda yang sedang menduduki Nusantara kala itu menyebut Hulontalo menjadi Gorontalo.

Pandemi dan Lanjutannya

Bumi Maleo ini telah diberi nama pula sebagai Maladewa-nya Indonesia dengan kecantikan Pulo Cinta. Pulau berlokasi di Kabupaten Boaleomo ini begitu memanjakan mata dengan hamparan laut yang jernih. Sayangnya, pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia pada penghujung 2019 lalu sempat menyurutkan kehidupan pariwisata di Gorontalo. Krisis pandemi yang melanda Gorontalo mematikan pariwisata dan pendapatan warga lokal yang bersumber dari situ.

Paruh awal Februari 2022, pariwisata mulai memiliki angin segar untuk kembali mengibarkan bendera kejayaannya. Terlampauinya masa transisi pandemi, masyarakat mulai beradaptasi dengan penerapan new normal dan segala protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Menanggapi berita baik ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengizinkan diselenggarakannya Festival I Look Boalemo yang diinisiasi masyarakat terutama para penggiat pariwisata.

Benteng Otanaha

Tujuan Diadakannya Festival

Pengadaan festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Boalemo sebagai usaha untuk pemulihan ekonomi, pemberian peluang pasar bagi produk ekonomi kreatif, dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). I Look Boalemo juga diikuti oleh sejumlah daerah tetangga dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Keterlibatan tersebut menggagas kerja sama penggunaan Pelabuhan Tilamuta, pemanfaatan tol laut, menjalin kerja sama berbasis komoditi unggulan, dan mendorong pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus di Teluk Tomini berbasis perdesaan.

I Look Boalemo diharapkan mampu memberikan daya dorong lebih kepada kemajuan pariwisata daerah menjadi pusat kawasan ekonomi khusus. Pusat kawasan ekonomi khusus yang dimaksud ini berdasarkan kekayaan yang dimiliki Boalemo. Pemanfaatan komoditi perikanan tangkap, perikanan budi daya dan pertanian dengan komoditi utama jagung, kelapa dan beras dapat mendorong tujuan wisata berkelanjutan dalam eduwisata.

Menyelam di Perairan Gorontalo

Antisipasi dan Puncak Acara

Sebagai bentuk apresiasi atas suksesnya kegiatan tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo telah memasukkan agenda Festival I Look Boalemo sebagai salah satu agenda tahunan yang akan diselenggarakan di setiap awal tahun. Penetapan destinasi Balihutuo sebagai lokasi utama festival menjadi tempat yang sesuai untuk sekaligus liburan. Balihutuo yang menyajikan pemandangan laut luas dengan iringan kegiatan festival di tepi pantai menambah nilai tersendiri bagi peminat wisata.

Dalam festival yang direncanakan tahunan ini, I Look Boalemo mengajak wisatawan untuk berkeliling pantai, bermain water sport, bersih pantai, penanaman mangrove, dan camping ground. Pertunjukkan kesenian yang ditampilkan beragam dengan tema budaya asli Gorontalo, seperti tari polopalo lo hulondalo dan tari saronde dari Sanggar Makuta, tari dana dari anak-anak SD Dana Kreasi. Selain pertunjukkan tari dari masyarakat lokal, terdapat pula penampilan bela diri setempat dan kegiatan mewarnai bagi anak TK. Segala kalangan dan usia berusaha dirangkul untuk meningkatkan kembali pertumbuhan pariwisata Boalemo.

Pantai di Gorontalo

Adanya pameran UMKM yang berisikan beragam usaha masyarakat lokal didukung sepenuhnya oleh Kumperindag. Masyarakat dipersilakan berkontribusi pemasaran usaha-usaha produk yang mampu menunjang wisata Boalemo. Pengembangan dari UMKM masyarakat tersebut diusahakan menjadi produk ciri khas wisata Boalemo nantinya.

Kreativitas yang hal dari usaha masyarakat lokal Boalemo menghantarkan I Look Boalemo menjadi acara yang ditunggu-tunggu. Pasar rakyat khas Bumi Maleo ini perlu dinantikan dan disinggahi, Sobat Atourin. Kamu juga bisa menjelajahi indahnya Gorontalo dengan layanan paket wisata Expediso dari Atourin. Yuk rencanakan segera perjalananmu bersama kami!