(Sekar Langit Maheswari)

Kalimat bahwa bumi Pasundan diciptakan ketika Tuhan sedang tersenyum mungkin benar adanya. Jawa Barat dan segala cerita yang selalu terlahir di sudut daerahnya tak pernah memadamkan gejolak api bagi yang menyinggahinya. Tak jarang, singgah itu membawa mereka dalam angan untuk tetap tinggal. Luasnya wilayah Jawa Barat membawa pengaruh besar bagi kelangsungan senyuman Tuhan ini termasuk di Garut sekalipun. Melalui Desa Wisata Saung Ciburial yang telah dikelola sejak 2010 dan mendapat pengakuan gubernur tiga tahun setelahnya, desa beradat Sunda kental ini berlokasi di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang.

Melebur dalam Berpariwisata

Sebagai penggagas berkembangnya kegiatan ekonomi kreatif lokal, Saung Ciburial telah ditetapkan sebagai pusat pencanangan Program One Village One Company (OVOC) untuk meningkatkan laju kesejahteraan warganya. Potensi kearifan lokal yang dimiliki desa berhasil dikemas dalam suatu wisata edukasi dalam sajian alam, budaya, sosial, dan ekonomi warga. Fasilitas lengkap yang menunjang kenyamanan bersinggah dalam lahan seluas 3 hektar ini dilengkapi dengan kolam ikan besar, sumber mata air alami Ciburial, dan beberapa bangunan yang disulap menjadi penginapan, ruang pertemuan, dan kantor.

Konsep suasana asli khas pedesaan yang digagas akan mulai ditemukan begitu memasuki gerbang desa. Kebersihan jalan, keteraturan permukiman, dan keelokan persawahan yang hijau memberikan rasa khas dari sejuknya alam. Tidak salah apabila desa bernama bahasa Sunda ini mampu menarik kunjungan wisatawan melalui pengalaman live-in selama dua hari satu malam ataupun one day trip. Dalam menampung adanya sebuah pertemuan dalam angka besar, Saung Cibural juga telah menyediakan ruang sekaligus penginapan. Ada juga berbagai aktivitas seru bagi wisatawan seperti mengunjungi kerajinan, kebun warga, dan pandai besi, lalu ditutup dengan acara barbekyu.

Permainan tradisional di Desa Wisata Saung Ciburial

Bersatu dengan Saung Ciburial

Sebagai ajang pembelajaran yang menyenangkan, desa yang mendapat sokongan dari perusahaan operator pembangkit listrik panas bumi, Star Energy, ini menawarkan sensasi berkegiatan layaknya warga lokal dan bermalam di kediaman mereka pula. Aktivitas ini dirancang sedemikian rupa guna menyebarkan pengetahuan tentang kearifan lokal sembari mempererat tali persaudaraan. Berbagai kegiatan dapat dirasakan secara nyata, seperti kaulinan barudak yaitu rangkaian permainan tradisional Sunda, papalidan atau river tubing, dan ngagogo yang bermaksud sebagai kegiatan menangkap ikan dengan tangan kosong untuk mengajarkan kedekatan dengan alam. 

Kaulinan barudak menjadi magnet bagi wisatawan terutama dari luar Jawa Barat, seperti Jakarta, Sumatera, bahkan mancanegara untuk terlibat. Permainan tradisional anak yang kian langka ini, terdiri dari anjang-anjangan atau masak-masakan, congklak dengan papan kayu yang diisi biji sawo, gatrik bermedia dua bambu berbeda ukuran yang dipukul dan dilontarkan, egrang sebagai alat pijakan kaki dengan tongkat bambu, ucing-ucingan, dan sapintrong atau lompat karet. Manfaat dari permainan ini adalah untuk mengajarkan nilai kekeluargaan karena dilakukan bersama, hiburan yang mengacu dari berbagai aspek, dan memanfaatkan tanah lapang luas untuk melebur dengan alam.

Selain ngagogo, wisatawan dapat memahami bagaimana mekanisme menanam sawi, mengolah sawah, dan memandikan atau mencukur domba Garut secara langsung. Unsur budaya yang dilibatkan dari kecakapan masyarakat pun bermacam-macam, seperti belajar bersilat, bermain gamelan, membatik, dan membuat kerajinan berbahan akar wangi yang dapat dilakukan selama menginap dalam beberapa hari. Hal terakhir yang tak boleh dilewatkan pula adalah aktivitas bersantai dengan tantangan melalui papalidan. Susur Sungai Cikamiri yang legendaris telah aman dilakukan melalui pendampingan pemandu yang berkompeten.  

Daftar kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di Desa Wisata Saung Ciburial begitu melimpah bukan, Sobat Atourin? Satu hari rasanya tidak akan cukup untuk menuntaskan hasrat menjelajahi desa tersebut. Suasana hamparan hijau yang membentang luas tentu akan membuat Sobat Atourin betah berlama-lama menetap. Kamu bisa membeli tiket masuk dan atraksi di Desa Wisata Saung Ciburial melalui Atourin Visitor Management System (AVMS). Tetapkan segera tujuanmu berkunjung dengan bantuan Atourin, yuk.