Istana Pagaruyung di Sumatera Barat (pixabay.com)

Time to Read: 4 minutes

(Afifah Khairunnisa)

Sumatera Barat sangat terkenal dengan makanannya yang kaya rempah dan mampu memanjakan lidah. Salah satu makananan terkenal di daerah ini yaitu rendang yang dinobati sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN beberapa waktu silam.

Namun, daerah ini tidak hanya kaya dengan makanannya, melainkan daerah ini juga menawarkan destinasi wisata alam hingga tradisi yang akan memanjakan pengunjung yang melancong ke daerah ini.

Beberapa destinasi wisata menarik di Sumatera Barat yaitu Pulau Mentawai yang terkenal dengan pantai dan pemKamungannya, Rumah Gadang yang merupakan rumah tradisional masyarakat Minangkabau, hingga destinasi-destinasi menarik dan penuh sejarah lainnya yang menjadikan daerah ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan dalam menghabiskan waktu liburan.

Namun ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum mengunjungi berbagai tempat wisata di tempat ini. Hal-hal ini akan memudahkan traveller dalam melakukan perjalanan wisata.

Rumah Gadang di Sumatera Barat (pixabay.com)

1. Pelajari destinasi sebelum ditambahkan ke itinerary

Destinasi-destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat tersebar di beberapa daerah yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari jarak tempuh yang dibutuhkan dari satu destinasi menuju destinasi lainnya agar saat melakukan perjalanan, Kamu tidak banyak membuang waktu di perjalanan. Kamu dapat mencari informasi di internet atau menggunakan google maps

2. Pakai pakaian yang sopan

Masyarakat Minangkabau memiliki nilai adat “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” yang berarti adat bersandi agama, agama bersandi kitabullah (kitab Allah). Hal tersebut membuat masyarakat Minangkabau sopan dalam berpakaian dan sebaiknya diikuti oleh turis yang datang sebagai bentuk menghormati norma-norma yang berlaku di daerah ini.

Pantai di Sumatera Barat (pixabay.com)

3. Pelajari Bahasa Minang dasar

Alangkah lebih baik bagi pejalan untuk mempelajari Bahasa Minang dasar. Kemampuan bahasa ini penting ketika Kamu berbelanja di pasar karena Kamu dapat menawar barang yang ingin Kamu beli ketika di pasar sehingga dompet Kamu tidak terkuras.

4. Berinteraksi dengan warga lokal

Jika Kamu melakukan interaksi yang baik dengan warga lokal, Kamu bisa saja mendapatkan informasi-informasi mengenai destinasi wisata menarik yang jarang diketahui.

Selain itu, berinteraksi dengan warga lokal akan menunjukkan bahwa Kamu merupakan orang yang ramah dan bersahabat sehingga masyarakat sekitar akan senang dengan kedatanganmu.

Pantai Padang di Sumatera Barat (freeimages.com)

5. Pilih waktu yang tepat

Tips yang satu ini mungkin terdengar cukup umum, namun ini sangat penting karena akan mempengaruhi itinerary perjalanan traveller.

Beberapa atraksi yang ada di daerah Minang hanya diadakan pada waktu tertentu saja, sehingga penting bagi wisatawan untuk mengetahui jadwal-jadwal tersebut sebelum melakukan perjalanan dan menetapkan itinerary. Salah satu contohnya adalah Upacara Tabuik yang merupakan adat masyarakat Pariaman dalam memperingati wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW.  

Contoh tradisi lainnya yang diadakan pada waktu-waktu tertentu adalah Pacu Jawi yang merupakan tradisi masyarakat daerah Tanah Datar dalam merayakan panen padi untuk warga desa. Tradisi yang sudah dilaksanakan turun temurun ini hanya dilaksanakan setiap dua bulan sekali.

6. Ketahui high season

Ini mungkin terdengar seperti tips yang umum saat Kamu akan melakukan traveling. Saat high season, banyak pelancong yang datang ke Sumatera Barat sehingga jalanan akan padat, destinasi wisata ramai dan tempat penginapan seringkali penuh.

.

Nah, itu dia beberapa tips sebelum melakukan perjalanan di Sumatera Barat. Bagi Kamu yang ingin memiliki rencana untuk mengunjungi daerah ini, tips-tips di atas dapat Kamu diterapkan untuk meningkatkan kenyamanan selama liburan di daerah Minang.