Dimas Raihan Alghifary

Time to read: 5 menit

Hi Sobat Atourin! Kamu pasti pernah mendengar daerah bernama Pangandaran bukan?! Seakan tak puas telah menawarkan berbagai pantai yang cantik, Pangandaran begitu kabupaten di tenggara Jawa Barat ini, juga memiliki banyak sekali wisata alam lain yang tak kalah cantiknya. Berikut ini merupakan 2 tempat wisata alam terbaik di Pangandaran yang patut kamu jelajahi.  

Green Canyon Pangandaran, Menyusuri Ngarai Hijau Bak di Negeri Dongeng

Green Canyon Pangandaran merupakan aliran sungai yang diapit oleh tebing-tebing batu yang sangat indah. Disini kamu bisa melihat stalaktit yang terus menerus mengeluarkan percikan air membentuk air hujan lokal di sekitar tebing. Biasanya pengunjung menyebut hujan lokal ini sebagai hujan abadi. Keindahan alam di sini bak sungai di negeri dongeng. Aliran air jernih berwarna hijau khas, pepohonan dan lumut yang menghiasi bibir sungai, air sungai yang tenang, membuat tempat ini terasa sangat asri, sejuk dan nyaman untuk berlama-lama berada disini. Aktivitas yang bisa dilakukan di Green Canyon antara lain menyusuri sungai dengan perahu, berenang, dan river tubing. Di sini juga terdapat goa yang hanya bisa dikunjungi saat air sedang surut. Sangat disarankan untuk membawa kamera ke tempat ini. Karena akan banyak sekali spot-spot foto yang bisa dijadikan objek fotografimu. Tempat wisata ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebelum pandemi, biasanya wisatawan perlu mengantri perahu untuk bisa berkunjung ke lokasi ini. 

Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju Green Canyon Pangandaran, kamu bisa menggunakan kendaraan jenis motor, maupun mobil, bahkan bus besar untuk sampai di lokasi. Jarak Green Canyon sekitar 20 km dari Kecamatan Pangandaran. Tiket masuk Green Canyon Pangandaran terbilang cukup mahal bila kamu bepergian sendirian. Karena untuk menyewa satu perahu beserta paket renang, kamu perlu merogok kocek sekitar Rp300.000,00. Jika membawa teman atau sanak saudara, tentu akan lebih terjangkau karena kamu bisa berbagi biaya dengan lainnya (shared cost). 

Citumang, Tempat Body Rafting Paling Mengesankan di Pangandaran

Citumang merupakan aliran sungai yang membelah hutan alam. Aliran sungai ini muncul dari mulut goa yang terdapat di bagian hulu. Penamaan kata “Citumang” berasal dari curug yang terdapat di ujung sungai yang berbentuk seperti tungku/tumang. Jika berkunjung ke sini, kamu akan melewati hutan alam yang masih terjaga dan beberapa kelompok monyet penghuni asli daerah ini. Suara gemuruh sungai dan kicauan burung akan menemani perjalananmu sebelum sampai di Air Terjun Citumang. Saat sudah sampai, kamu akan disambut oleh goa besar yang mengeluarkan air dengan debit yang tidak terlalu deras. Di sini kamu bisa berenang dan mencoba mengacu adrenalin dengan melompat dari tebing-tebing di dalam goa. Tak jauh dari goa, terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan aliran air yang cukup deras. Di sini kamu bisa menguji keberanianmu dengan memberanikan diri melompat dari atas air terjun. Sangat disarankan untuk bermain wisata air body rafting di Sungai Citumang. Berkelompok menyusuri Sungai Citumang bersama teman atau kerabat dengan menggunakan pelampung/ ban karet tentu akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan.  

Kegiatan rafting

Lokasi objek wisata Citumang berada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pengunjung harus sedikit bersabar, karena beberapa titik jalan memiliki aspal yang sudah rusak dan berlubang. Jarak lokasi wisata dengan pusat wilayah Pangandaran sendiri sekitar 15 Km. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena area wisata cukup jauh dari jalan raya.

Tips and Trick Ketika akan Berkunjung ke Green Canyon dan Citumang Pangandaran

Sebelum kamu berencana berkunjung ke tempat ini, sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Pasalnya, kedua tempat ini cukup jauh dari pusat kota dan kendaraan umum tidak menjangkau kedua lokasi tersebut. Namun bila tidak ada, kamu masih bisa menggunakan ojek pangkalan setelah turun dari bis. Selanjutnya disarankan untuk menyiapkan fisik yang kuat dan siap untuk bermain air. Amat disayangkan bila berkunjung ke sini tidak bermain air. Selain air sungai yang segar, dengan berenang kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang sangat menarik. Kemudian, berkunjunglah bersama keluarga, sahabat, atau orang tercinta. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Saran lainnya, setelah asik bermain ke Green Canyon, kamu bisa lanjut perjalananmu ke Pantai Batu Karas dan Pantai Madasari. Kedua pantai ini terletak tak jauh dari Green Canyon. Di Pantai Batu Karas, menyuguhkan ombak-ombak besar yang cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Untuk para pecinta olahraga selancar, tempat ini akan sangat menyenangkan. Terdapat spot-spot foto menarik yang kamu bisa temukan di kedua pantai ini.

Direkomendasikan untuk kamu membeli oleh-oleh dan kuliner yang ditawarkan di kedua tempat ini. Selain bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah, hal ini tentu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Selama pandemi, patuhilah protokol kesehatan dan menjaga jarak dengan pengunjung lain. Walaupun Kabupaten Pangandaran berada pada PPKM level 3, namun kamu harus tetap waspada. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan selalu menjaga tingkah laku dimanapun kamu berada. Kamu juga bisa terus memantau status level PPKM di sana dan status buka tutupnya obyek wisata setempat. Selamat berlibur Sobat Atourin!