(Imanda Tori Putra)

Di zaman modern saat ini banyak hal yang bisa membantu kehidupan sehari-hari dalam bentuk aplikasi di smartphone. Berbagai aktivitas seperti makan, minum, belanja, transaksi hingga suatu hal yang spesifik seperti pencatatan keuangan dan manajemen waktu, semua dapat dipermudah oleh aplikasi di smartphone. Tak terkecuali saat melakukan jalan-jalan, ada beragam aplikasi yang memudahkan kita. Selain itu, ada banyak kebutuhan yang diperlukan saat jalan-jalan di antaranya akomodasi, transportasi, keamanan, peta, hingga buku panduan atau kamus bahasa asing. Berbagai aplikasi yang ada di smartphone dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan selama travelling apabila dimanfaatkan dengan baik. Aplikasi-aplikasi tersebut akan sangat membantu kamu ketika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri atau sekedar jalan-jalan, terlebih jika kamu melakukan solo-travelling. Nah, kira-kira apa saja nih aplikasi yang bisa Sobat Atourin gunakan saat jalan-jalan? Yuk simak ulasan berikut ini.

Akomodasi dan transportasi

Pada saat jalan-jalan, salah satu kebutuhan yang penting adalah akomodasi dan transportasi, yaitu sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang bepergian, serta kendaraan yang digunakan untuk mencapai destinasi. Ketika jalan-jalan ke suatu tempat selama beberapa hari atau lebih, kita sering kali kesulitan untuk menemukan akomodasi dan transportasi yang tepat. Terlebih lagi apabila destinasi wisata yang kita datangi cukup jauh untuk dicapai dan fasilitas akomodasi tidak banyak tersedia sehingga kita perlu mencari tahu informasi-informasi akomodasi yang kita butuhkan. Menggunakan aplikasi seperti TripAdvisor, Airbnb, dan Couchsurfing dapat membantu untuk menemukan akomodasi dan transportasi yang tepat dengan ulasan-ulasan dari wisatawan yang pernah berkunjung ke destinasi wisata tersebut. 

Peta dan aplikasi penerjemah bahasa asing

Aplikasi lain yang tak kalah pentingnya yaitu peta, jika tempat yang kamu kunjungi cukup jauh. Apalagi jika kamu tak tahu arah untuk mencapai tempat tersebut, maka kamu bisa menggunakan aplikasi peta sembari bertanya-tanya kepada warga lokal. Peta memudahkanmu dalam navigasi. Aplikasi peta yang populer digunakan tak lain adalah Google Maps. Aplikasi ini tak hanya dapat menunjukkan rute dan alamat saja, namun juga bisa digunakan untuk mencari tempat-tempat keren yang bisa kamu explore lebih luas nantinya. Apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi saat jalan-jalan, Google Maps juga mempunyai fitur yang dapat memandu kamu dalam menggunakan transportasi umum selama perjalanan.

Apabila kamu melakukan solo-travelling ke luar negeri, aplikasi penerjemah bisa sangat membantu untuk berkomunikasi dengan orang asing yang kamu temui saat jalan-jalan.  Bepergian seorang diri membuatmu harus berinteraksi dengan orang lain. Orang yang nantinya kamu temui pun belum tentu berasal dari daerah yang sama denganmu, terlebih saat berpergian ke luar negeri. Oleh karena itu, kamu membutuhkan aplikasi penerjemah bahasa. Aplikasi seperti Google translate, iTranslate, dan U-Dictionary merupakan beberapa aplikasi dari sekian banyak aplikasi penerjemah yang mudah untuk digunakan dan dapat digunakan secara offline ketika kamu kehabisan kuota atau tidak ada koneksi internet. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat sangat membantu untuk berkomunikasi lintas bahasa. 

Aplikasi keamanan perjalanan dan aplikasi transaksi saat di luar negeri

Saat melakukan perjalanan jauh ke luar negeri, kita sering kali tak tahu informasi-informasi tertentu yang diperlukan, seperti informasi terkait cuaca, zona waktu, himbauan tertentu di negara tujuan, hingga lokasi KBRI di negara tujuan. Agar perjalanan semakin terjamin keamanannya, kamu memerlukan aplikasi yang memuat informasi-informasi tersebut seperti aplikasi Safe Travel. Selain itu, kamu bisa gunakan aplikasi Find My Phone apabila terjadi sesuatu pada smartphone seperti hilang atau dicuri. Kamu dapat melacak smartphone-mu untuk menemukannya asalkan smartphone mu dalam keadaan online

Lalu saat di luar negeri, kamu juga tak perlu khawatir dan pusing menukar mata uang terlebih dahulu dengan mata uang asing. Dengan aplikasi transaksi online seperti Venmo, Azimo, Jenius, dan Paypal, kamu bisa melakukan transaksi secara cepat dengan saldo mata uang asing yang dituju tanpa perlu menukarkan uang tersebut secara fisik.

Selain aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan, Sobat Atourin yang ingin melakukan perjalanan juga dapat mengunjungi website Atourin. Dengan fitur dan informasi yang lengkap di dalamnya, website Atourin dapat membantu untuk menemukan destinasi wisata terbaik dan merencanakan perjalanan yang lengkap versi Sobat Atourin. Tunggu apalagi? Rencanakan perjalananmu sekarang juga bersama Atourin!