Time to Read: 3 minutes

(Qinan Zhafirah Rachmah)

Hai Sobat Atourin! Kamu suka travelling sendirian? Gak masalah kok! Nyatanya, travelling sendirian itu nggak se-ngenes yang dibayangkan lho! Solo traveller justru dapat mengembangkan potensi diri kita, khususnya dalam beradaptasi dan merasakan arti kebebasan yang sesungguhnya. Buat kamu yang mengaku sebagai traveller sejati, tentunya melakukan perjalanan ke suatu destinasi seorang diri merupakan hal baru yang harus dicoba. Jangan takut dalam mencoba hal baru. Segala ketakutan saat hendak melakukan solo traveller hanya akan terjadi jika kamu tidak mempunyai persiapan yang matang. Nah, bagi kalian yang berminat, Atourin akan berbagi apa saja tips & triknya!

Tentukan Destinasi & Rencana Perjalanan

(unsplash.com)

Menentukan tujuan dan kemana kalian akan pergi adalah hal utama yang harus ditetapkan dalam melakukan sebuah perjalanan. Jika kalian sudah menentukan destinasinya, maka kalian dapat mulai menyusun rencana perjalanan dan pengeluaran yang dapat kalian sesuaikan dengan budget yang ada. Susun rencana perjalanan kalian secara matang dan detil agar memudahkan step by step kemana kalian akan pergi. Contohnya, transportasi apa yang dapat menjangkau dari tempat penginapan sampai ke objek wisata pilihan kalian, atau apa alternatif objek wisata lain jika tempat yang kalian rencanakan untuk dikunjungi sedang ditutup. Pastikan destinasi yang akan kalian kunjungi cocok dengan pribadi kalian. Misalnya, kalian lebih memilih ke daerah pegunungan atau pantai.

Menabung

Ilustrasi Menabung (unsplash.com)

Mulailah menyisihkan sebagian dari penghasilan atau uang saku kalian secara rutin. Kalian bisa tentukan sendiri, mau menabung secara harian, mingguan, atau bulanan. Tanamkan juga pada diri kalian bahwa, uang yang ditabung hanya akan dipakai nanti pada saat travelling. Jangan ragu untuk menabung walau hanya sedikit. Ingat! Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tips lain, alangkah baiknya uang yang ditabung lebih dari perkiraan perjalanan yang sudah direncanakan. Sisa uang yang ada dapat kalian gunakan untuk keperluan tambahan maupun mendadak nantinya.

Kenali dan Pelajari

Alangkah baiknya, para calon solo traveller menghabiskan banyak waktu dalam mempelajari destinasi yang akan dikunjungi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara browsing dari internet (contohnya dengan membuka website milik Atourin) atau bertanya kepada orang sudah pernah pergi ke daerah tersebut. Hal ini berguna agar perjalanan kalian lebih aman karena sudah paham tentang seluk-beluk destinasi tersebut.

Priority Packing

Ilustrasi Packing (unsplash.com)

Berhubung dalam perjalanan ini tidak ada yang bisa kalian andalkan selain diri sendiri, tentunya kalian tidak mau nantinya jadi repot sendiri. Pastikan hanya membawa barang-barang yang penting dan sesuai dengan medan yang akan dikunjungi. Manfaatkan space di dalam tas sebaik mungkin agar tidak membawa banyak bawaan yang mungkin beresiko akan tercecer maupun tertinggal nantinya.

Siapkan Maps

Peta (unsplash.com)

Peta dapat kalian lihat melalui ponsel milik pribadi maupun dalam bentuk print out. Dengan membaca peta, kalian dapat mengetahui tentang alternatif jalan sampai tempat makan terdekat. Akan tetapi jika kalian meragukan keakuratan peta, jangan ragu untuk bertanya dengan warga lokal guna mendapatkan informasi yang pasti. Ingat, malu bertanya sesat dijalan.

Nah gimana, sudah tidak ragu lagi kan menjadi solo traveller? Nah, kamu juga bisa menemukan banyak tips & trik travelling lainnya yang lebih beragam tentunya hanya di website dan medsos Atourin!