(Monika Leonita)

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, traveling menjadi mudah untuk dilakukan saat ini. Segala persiapan yang harus dilakukan sudah dipersingkat dan menjadi lebih efektif dengan adanya online travel agent yang menawarkan berbagai jenis hal yang kita butuhkan dalam berwisata. Namun kita juga harus cermat dalam melakukan pencarian agar harga yang ditawarkan sesuai dengan yang akan kita dapatkan. Utamanya jika kita mengincar harga bersahabat nih, sobat Atourin!

Nah ada beberapa tips traveling anti bokek yang bisa kamu coba! Yuk kita lihat dulu untuk siap-siap traveling setelah pandemi selesai:

  1. Skyscanner

Berdiri sejak tahun 2003, Skyscanner adalah mesin pencarian yang dibuat khusus untuk mencari tiket penerbangan, hotel, dan rental mobil. Ketiga pendiri Skyscanner asal Skotlandia yang merupakan spesialis di bidang teknologi informasi mendapat inspirasi dari kesulitan mereka mencari tiket pesawat murah saat ingin berwisata. Awalnya mereka hanya menyediakan pencarian untuk tiket penerbangan saja, namun di tahun 2013 dan 2014 pencarian untuk rental mobil dan akomodasi ditambahkan. Kini, Skyscanner bisa membantu kita ke pelosok dunia manapun yang kita inginkan dengan efisien.

Untuk tiket penerbangan kita hanya perlu memasukkan nama negara atau bandara yang akan kita kunjungi, tanggal berangkat dan/atau kepulangan, kelas tiket, dan jumlah orang. Jika kita masih belum yakin akan tanggal yang diinginkan, Skyscanner mempunyai fitur whole month yang akan memperlihatkan harga tiket pesawat per harinya dalam satu bulan. Bahkan jika kita mempunyai jadwal fleksibel dan mencari harga termurah, fitur cheapest month bisa kita pakai. Sesuai namanya, nantinya Skyscanner akan menampilkan harga tiket pesawat di bulan termurah.

Graphical user interface, website

Description automatically generated
Fitur cheapest month di Skyscanner (sumber: website Skyscanner.com)

Nah jika kamu masih bingung dengan tempat yang dituju, sobat Atourin bisa menggunakan fitur Everywhere yang bisa memberi inspirasi destinasi daerah atau negara dengan perkiraan harganya. Fitur ini menjadi salah satu highlight Skyscanner yang sudah ada sejak tahun 2006 dan masih disukai banyak orang bahkan hingga sekarang. 

Setelah memilih tanggal kita akan dialihkan ke bagian penting selanjutnya, yakni memilih penyedia jasa sesuai dengan kriteria yang kita inginkan seperti maskapai dan durasi penerbangan. Di halaman ini kita juga ditawarkan untuk berkontribusi pada Sustainability Tourism dengan memilih penerbangan berlabel Greener Choice yang dapat mengurangi emisi karbon dioksida. Hasil pencarian yang ditunjukkan akan menunjukkan hasil termurah, hasil terbaik, dan perjalanan tercepat dari ratusan penyedia jasa, seperti expedia, booking.com, agoda, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk akomodasi dan rental mobil tidak memiliki fitur cheapest month ataupun whole month. Tetapi kita tetap bisa menyesuaikan hasil pencarian yang kita inginkan dengan mengatur kisaran harga yang kita inginkan serta tipe akomodasi ataupun mobil. Sama seperti pencarian penerbangan, kita akan dihadapkan dengan pilihan dari berbagai penyedia jasa beserta harganya.

Wah menarik kan, sobat Atourin? Untuk menggunakan Skyscanner kamu bisa mengaksesnya langsung melalui browser ataupun mengunduh aplikasinya di ponselmu. Aplikasi Skyscanner yang sudah diluncurkan sejak tahun 2011 membuat pengguna juga nyaman dalam melakukan pencarian. Tunggu apa lagi nih? Yuk rencanain destinasi impianmu selanjutnya!

  1. Airbnb

Akomodasi menjadi salah satu pengeluaran termahal saat kita berwisata jika kita tidak mencari dengan teliti dan hanya bergantung pada akomodasi konvensional saja seperti hotel. Salah satu platform yang bergerak dalam bidang hospitality yaitu Airbnb bisa menjadi solusi. Airbnb merupakan media sekaligus komunitas yang berperan sebagai pihak ketiga dalam bidang pelayanan, utamanya adalah penginapan.

Memiliki sistem komunitas, di mana kita bisa menjadi pengguna maupun penyedia jasa, membuat Airbnb digunakan oleh banyak orang. Hal ini jugalah yang menyebabkan harga dan akomodasi yang ditawarkan cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan akomodasi berjenis hotel. Kita bisa mencari akomodasi di manapun dengan tipe apapun, sebagaimana Airbnb sudah menjangkau hampir seluruh dunia termasuk Indonesia. Untuk harga dan jenis akomodasi yang ditawarkanpun bermacam-macam, dari hostel, apartemen, rumah, bahkan sampai rumah pohonpun tersedia.

Selain harga yang terjangkau dan banyaknya tipe akomodasi yang ditawarkan, fitur menarik dari Airbnb adalah label Superhost. Label ini biasanya tercantum pada akomodasi, yang dimana pemiliknya memberi pelayanan maksimal dalam pengalaman menginap yang menyenangkan. Dalam kata lain, label ini didapatkan dari ulasan-ulasan baik para wisatawan sebelumnya yang telah menginap di sebuah akomodasi. Hal ini juga dapat mempermudah kita mencari tempat penginapan yang terpercaya agar sesuai dengan ekspektasi kita.

Label Superhost yang terdapat dalam listing akomodasi (sumber: website Airbnb.com)

Di lain sisi, kekurangan Airbnb utamanya bagi masyarakat Indonesia adalah mata uang rupiah yang belum cukup mendapatkan kepercayaan untuk digunakan dalam pembayaran. Oleh karenanya, kita hanya bisa membayar dengan mata uang lain yang tersedia seperti dollar Amerika ataupun dollar Australia menggunakan kartu kredit ataupun dompet digital seperti Paypal.

Namun kekurangan tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan pengaturan yang bisa kita pakai saat menggunakan aplikasi ini. Kita bisa memilih kisaran harga akomodasi,  jumlah kamar, dan bahkan fasilitas tertentu yang kita inginkan seperti gym dan kolam renang. Tak ketinggalan, hal lain yang bisa kita tentukan adalah bahasa yang host gunakan. Dengan pengaturan ini, sobat Atourin tidak perlu khawatir lagi akan masalah komunikasi!

Nah sedikit tips untuk sobat Atourin yang mau menggunakan Airbnb, pastikan kamu melihat keterangan lengkapnya sebelum kamu melakukan pemesanan ya. Setiap akomodasi memiliki peraturan dan larangannya sendiri seperti jam check-in check out, fasilitas yang tersedia, tambahan biaya untuk transaksi dan kebersihan akomodasi yang biasanya tidak tercantum di awal pencarian. Bagi sobat Atourin yang mempunyai properti seperti apartemen atau ruangan yang bisa disewakan, juga bisa menjadi host loh di Airb&b. Kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus menambah teman. Silahkan cek ke portal Airb&b untuk penjelasan lebih detailnya ya.

  1. Couchsurfing

Traveling tanpa biaya akomodasi? Ini dia yang kamu cari! Memiliki sistem yang sama seperti Airbnb, Couchsurfing adalah komunitas yang memperbolehkan penggunanya saling berbagi akomodasi tanpa memonetasinya. Berbasis komunitas, hal terpenting yang menjadi tujuan didirikannya Couchsurfing adalah bagaimana para penggunanya dapat tinggal langsung dengan warga lokal (yang menjadi host sebuah akomodasi) sehingga merasakan pengalaman dan budaya setempat, serta sebagai media untuk berjejaring.

Untuk dapat bergabung dalam komunitas yang menghubungkan dengan traveler di seluruh dunia, setiap pengguna harus mengisi informasi seputar dirinya. Informasi tersebut mencakup daerah tempat tinggal, pekerjaan atau status, bahasa yang kita gunakan, dan tentang diri kita sendiri. Kita juga dapat menceritakan ketertarikan kita, alasan kita bergabung dalam Couchsurfing, dan hal yang dapat bisa kita tawarkan baik sebagai host maupun surfer, yakni sebutan bagi para pengguna yang mencari akomodasi. Hal ini digunakan sebagai pertimbangan bagi pengguna lain dalam menerima permintaan kita untuk menginap dan sebaliknya.

Jika dalam pengaturan kita memilih untuk “menerima tamu” atau “mungkin menerima tamu”, maka kita akan dihadapkan dengan pengaturan selanjutnya untuk mengatur preferensi kita dalam menerima surfer. Mulai dari preferensi gender tamu, jumlah maksimal tamu, dan hari yang tersedia. Kita juga dapat menjelaskan lebih lanjut jenis tempat tidur yang ditawarkan, situasi tambahan seperti adanya keluarga, anak kecil, ataupun binatang peliharaan.

Selain menghubungkan para traveler dari berbagi akomodasi, Couchsurfing juga menyediakan fitur bagi para penggunanya untuk dapat terkoneksi dari acara yang diadakan di suatu daerah. Sebagai pengguna kita dapat menghadiri berbagai acara yang kita inginkan ataupun menggelar sebuah acara. Pencarian events ini bisa dilakukan dengan memasukkan keyword nama acara ataupun berdasarkan lokasi yang sedang kita datangi.

Salah satu Event yang diselenggarakan oleh pengguna Couchsurfing (sumber: website Couchsurfing.com)

Itulah ketiga tips traveling anti bokek yang bisa sobat Atourin bisa gunakan selanjutnya. Menarik sekali bukan?! Salah satu aspek yang perlu diperhatikan tentunya adalah aspek keamanan baik jika nanti sobat Atourin menjadi wisawatan/ tamu ataupun host. Selain itu, hal penting lainnya terkait jalan-jalan hemat atau budget traveling adalah mencari informasi tentang tempat yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu ya! Salah satunya adalah dengan mengikuti virtual traveling yang diselenggarakan oleh Atourin.

Bulan ini Atourin menyelenggarakan virtual traveling edisi kemerdekaan yang akan mengajak kamu keliling Indonesia loh! Penasaran kan? Yuk langsung aja cek di website dan media sosial Atourin untuk informasi lebih lanjutnya!