(Gaby Vanessa Br Sembiring)

Jika pernah menonton film James Bond yang berjudul “The Man with The Golden Gun” tahun 1974, atau bahkan “The Beach” yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio di tahun 2000 maka penonton tidak akan asing dengan keindahan alam Phuket yang dipertontonkan. Phuket memang salah satu obyek wisata alam memukau yang dimiliki Thailand. Namun, siapa sangka bahwa Indonesia juga punya obyek tersembunyi dan keindahan yang dimiliki sebenarnya tidak kalah dengan obyek wisata mancanegara.

Leuwi Tonjong pernah mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI yang memperoleh juara dua surga tersembunyi terbaik pada penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Leuwi Tonjong merupakan lubuk dangkal yang diapit oleh dua tebing batu setinggi kurang lebih 100 meter. Wisata ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Sehingga pesona yang ditampilkan masih sangat asri. Air sungai yang jernih berwarna biru kehijauan. Selain itu, Leuwi Tonjong juga dikelilingi hutan hijau yang menambah kesan alami seperti lukisan. Di tempat ini wisatawan bisa menikmati keindahan lubuk sungai sambil berenang namun, harus hati–hati karena ada banyak kerikil tajam dan batuan yang sudah berlumut.

Leuwi Tonjong terletak di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Letaknya berada di tengah hutan, sehingga hanya dapat diakses dengan berjalan kaki karena jalan yang ditempuh adalah jalan setapak. Kamu juga masih harus mengharapkan petunjuk warga agar sampai di tempat ini. Medan yang dilalui juga cukup menantang sehingga sangat disarankan bagi kamu yang kaum pecinta alam dan suka tantangan. Ketika sampai di tempat ini semua perjuangan yang dikorbankan untuk dapat sampai ke tempat ini akan terbayar dengan keindahan yang dapat dinikmati oleh mata. Karena indah dan asri, tempat ini juga cocok buat kamu yang memang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota yang melelahkan dan membosankan. Untuk biaya, kamu tidak perlu khawatir karena tiket masuk ke wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp10.000,00 untuk hari biasa dan Rp15.000,00 untuk hari libur. Wisata ini buka setiap hari selama 24 jam sehingga kamu dapat berkunjung kapanpun, disarankan untuk mengunjungi tempat ini di musim kemarau.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang kamu bisa lakukan ketika di Leuwi Tonjong:

Mandi dan berenang

Tentu tidak lengkap ke sini jika ke sini tidak mandi atau berenang. Air yang jernih ketika musim kemarau, tentu sangat menarik wisatawan. Kamu cukup perlu membawa baju ganti ya. Jangan gunakan shampoo, sabun atau bahan berbasis kimia lainnya untuk menjaga kelestarian air dan lingkungan sekitar.

ilustrasi Leuwi Tonjong, keindahan alam di Jawa Barat
Ilustrasi Leuwi Tonjong, Jawa Barat

Makan snack

Tentu makan makanan ringan disertai minum jus atau the/ kopi hangat menjadi menarik. Berada di alam dengan udara yang segar dan pemandangan hijau menjadikan suasana jalan-jalanmu menjadi sangat nyaman. Cobalah cari sisi atau sudut di sekitar Leuwi Tonjong yang sedikit sepi dan nyaman untuk duduk dan menikmati makanan dan minuman.

Baca buku

Bagi kamu yang suka baca buku dan selama ini baca buku di dalam ruangan, maka sesekali membaca buku outdoor akan menyenangkan. Bawa buku favoritmu dan nikmati sensasi membaca di alam terbuka.

Bercengkrama dengan teman

Jalan-jalan memang akan lebih lengkap jika bersama dengan teman-teman dan orang-orang tercinta. Menikmati alam sambil ngobrol banyak hal dengan mereka tentu menyenangkan.

Tentunya banyak hal lain yang bisa dilakukan di obyek wisata ini. 

Nah, Indonesia juga memiliki banyak sekali obyek wisata lainnya yang dapat dikunjungi dan kualitasnya juga tidak kalah dengan wisata mancanegara. Sehingga, wisata ini dapat dijadikan alternatif untuk kamu agar dapat menikmati wisata dalam negeri yang berkualitas. Kamu juga bisa mendapat informasi mengenai alternatif wisata, tips dan trik menjalani wisata dan segala hal yang menarik lainnya melalui website dan media sosialnya Atourin! Kunjungi akunnya dan dapatkan informasi menarik! Selamat berwisata!