Ilustrasi Salah satu Destinasi Hikking di Indonesia (unsplash.com)

Time to read: 5 meni

(Laura Berlian)

Selain ke pantai, mendaki gunung juga kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan loh. Bukan hanya menjadi destinasi favorit para kelompok pecinta alam saja, tapi sekarang kegiatan ini digemari berbagai kalangan. Niat yang sudah terkumpul masih belum cukup loh untuk menaklukkan gunung, maka dari itu simak nih, hal apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk mendaki gunung!

1.Kesehatan itu Penting!
Sebelum kegiatan mendaki gunung dimulai, kamu harus memperhatikan kesehatan kamu nih. Jika sedang tidak fit, bisa bisa kamu tidak sampai ke puncak gunung akibat kelelahan. Meminum vitamin dan jaga kondisi tubuh sebelum hari pendakian merupakan hal yang wajib agar kegiatan mendaki berjalan lancar.

Selain menjaga kesehatan, latihan otot dan keseimbangan itu juga tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum mendaki. Gunanya agar badanmu tidak kaget dengan trek mendaki yang akan kamu lalui. Mulai lah dengan lari keliling lingkungan rumah pada pagi atau sore hari yang rutin, untuk melatih otot kakimu. Tapi, tahu juga batasan kamu berolahraga ya, jangan sampai kamu jatuh sakit karena terlalu lelah berolahraga

2. Persiapkan Perlengkapanmu dengan Baik

(unsplash.com)

Setelah mempersiapkan fisik untuk mendaki, kamu juga harus mempersiapkan segala perlengkapanmu dengan baik. Jangan sampai ketika di gunung kamu kehabisan baterai senter pada malam hari atau tidak membawa lampu cadangan, bisa fatal akibatnya.

Nah, ada beragam hal penting yang perlu dibawa, seperti jaket, sarung tangan, kacamata hitam, tabir surya, sepatu gunung, kaos kaki, sleeping bag, tenda, matras, senter atau alat penerangan lain disertai baterai cadangan, obat obatan pribadi, pemantik api (korek atau lilin), tongkat untuk meringankan beban tubuh, peralatan memasak, serta makanan dan minuman. Karena mendaki membutuhkan kerja sama yang erat, maka diskusilah juga dengan teman mendakimu ya.

3. Kontrol Diri itu Wajib Loh!
Kontrol diri seperti apa yang dimaksud? Seperti mengontrol keinginan kamu untuk membuang sampah sembarangan, mengontrol diri untuk tidak memetik bunga yang ada di gunung, tidak merusak ekosistem lingkungan sekitar, menahan diri untuk tidak berjalan mendahului yang lain, menahan omongan kasar yang tidak perlu dan mengetahui kapan kita harus istirahat.

Sewaktu mendaki gunung, kita berkunjung ke tempat baru, kita tidak boleh merusak apa yang ada seperti bunga-bunga edelweiss yang ada di puncak gunung, maupun tumbuhan liar lainnya. Selain itu, mendaki gunung juga hal yang dilakukan bersama sama, ada orang lain dalam perjalanan kita, sebisa mungkin untuk tidak egois dan semaunya sendiri. Dan jangan lupa untuk mengetahui kemampuan fisik masing masing. Jangan pernah malu untuk bilang kalau kamu sudah lelah, karena itu untuk kesehatan kamu juga

4. Pengalaman adalah Guru Terbaik

Ilustrasi Salah satu Destinasi Hikking di Indonesia (unsplash.com)

Bagi pemula yang sedang mencari pengalaman, ada baiknya jika kamu mendaki gunung yang ramah untuk pemula. Jangan langsung mendaki gunung yang tinggi dan medan yang berat. Bisa bisa kamu kapok tidak mau naik gunung lagi. Mulailah mendaki dengan gunung yang pas untuk pemula seperti Gunung Papandayan di Jawa Barat dan Gunung Anjasmoro di Jawa Timur.

Pengalaman adalah guru yang terbaik, jadi sebaiknya mendaki gunung dengan panduan dari seseorang yang sudah berpengalaman. Selalu ikuti arahan dan larangan di tempat dimana kamu berada. Tetaplah berkelompok di saat mendaki, agar tidak terpisah dari kelompok itu. Serta, jangan lupa untuk selalu mencari segala informasi tentang gunung yang akan kita daki

5. Berdoa
Yang terakhir adalah berdoa karena tidak tahu ada beragam kejadian apa yang akan terjadi saat mendaki. Maka kita harus berdoa untuk kelancaran pendakian yang akan dilakukan.

Itu tadi 5 tips mendaki gunung untuk pemula,agar tetap enjoy dalam perjalanan sewaktu mendaki menuju puncak. “Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan bunuh apapun kecuali waktu”. Jangan lupa untuk selalu menjadi pendaki yang bertanggung jawab. Kamu bisa mendapat berbagai informasi dan inspirasi terkait pendakian dan travelling di website Atourin tentunya. Selamat mendaki!