(Sabila Rosyida)

Sobat Atourin, jika kamu mencari rekomendasi wisata keluarga untuk menghabiskan libur Lebaran, maka Atourin punya rekomendasinya nih! Jika kamu tinggal di Depok dan sekitarnya, maka kamu harus coba D’Kandang Amazing Farm. Terletak di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, kamu bisa menikmati berbagai wahana yang nggak hanya asyik, tapi juga mendidik. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp18.000,00 – Rp20.000,00 saja, kamu akan mendapatkan pengalaman menyenangkan bersama teman-teman maupun keluarga.

Ilustrai Kandang Kelinci

Wahana di D’Kandang Amazing Farm

Di D’Kandang Amazing Farm, kamu bisa mencoba berbagai kegiatan seru, mulai dari melukis hingga menunggang kuda. Lengkapnya, ada 19 wahana yang disediakan D’Kandang Amazing Farm yakni archery, istana balon, bermain skuter, hidroponik kids, melukis kaos, membuat kokedama, membuat boneka potty, melukis topi caping, melukis layang-layang, membuat kreasi tanah liat, membuat telur asin, menangkap ikan, flying fox, mengendarai ATV, chickenology room, menunggang kuda dan kerbau, naik delman, memerah susu sapi, serta memberi pakan bebek, ayam, kelinci, juga anak kambing.

Saking lengkapnya wahana yang disediakan tempat wisata ini, D’Kandang Amazing Farm sering jadi pilihan lokasi kunjungan belajar, lho. Vinny, salah satu pemandu wisata di D’Kandang Amazing Farm menyatakan bahwa dari sekian banyak wahana yang disediakan, menangkap ikan merupakan favorit pengunjung, terutama anak-anak. Namun, jika kamu orang dewasa, kamu dapat menikmati pengalaman yang lebih ekstrem seperti bermain flying fox dan menunggang kuda. Wahana flying fox sendiri saat ini sedang dalam proses pemugaran supaya sirkuitnya jadi lebih tinggi.

Yang jadi catatan, tiket masuk Rp18.000,00 (hari kerja) dan Rp20.000,00 (hari libur dan high season) belum termasuk biaya masuk untuk masing-masing wahananya, Sobat Atourin. Begitu kamu masuk, kamu akan dengan mudah menemukan ticket box di mana kamu bisa membeli tiket untuk masing-masing wahana mulai dari Rp15.000,00 saja.

Kalau mau lebih sederhana, kamu juga bisa memilih beberapa paket wisata yang disediakan. Paket Little Farmer cocok jika kamu membawa rombongan anak TK – SD. Dengan Rp135.000,00, anak-anak akan disuguhi berbagai kegiatan seperti menyusui cempe, memerah sapi, menanam sayur, hingga tangkap ikan. Selain itu, mereka juga akan diberikan edukasi seputar flora-fauna, energi alternatif biogas, hingga sampah organik dan non-organik. Tak hanya itu, paket ini juga menyediakan konsumsi dan sesi foto bersama. 

Ilustrai Kandang Kambing

Penyesuaian D’Kandang Amazing Farm di Masa Pandemi

Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama pengelola D’Kandang Amazing Farm, terutama di masa pandemi ini. Penyesuaian yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 antara lain adalah penyediaan hand sanitizer di beberapa titik serta pembatasan seribu pengunjung setiap harinya.

Tips Mengunjungi D’Kandang Amazing Farm

Mengingat sebagian besar kegiatan yang ditawarkan tempat wisata ini terletak di luar ruangan, pakai pakaian senyaman dan sepraktis mungkin, ya, sobat Atourin. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti karena pakaianmu akan kotor; entah karena air, lumpur, atau cat.

Selain itu, jika kamu datang bersama rombongan, jangan lupa untuk membawa tikar piknik. Nantinya, kamu bisa menggunakan tikar tersebut untuk beristirahat, mengingat bangku-bangku yang disediakan di sana terbatas. Kamu bisa memakan bekalmu setelah menggelar tikar; di D’Kandang Amazing Farm tidak ada larangan membawa makanan, meskipun mereka juga menyediakan gerai-gerai makanan.

Yang terakhir, jangan lupa aplikasikan tabir surya. Musim penghujan bukan berarti tidak ada sinar matahari; untuk itu, kamu tetap perlu melindungi kulitmu dari sinar UV.

Ilustrai Membuat Gerabah

Lokasi D’Kandang Amazing Farm

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi D’Kandang Amazing Farm, kamu bisa mengunjungi alamat ini: Jalan Penarikan (Perum PGRI), RT 07 RW 02, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Pastikan kamu mengunjungi D’Kandang Amazing Farm sesuai jam operasionalnya, yaitu Selasa – Sabtu, 08.00 – 16.00 WIB.

Rute untuk mencapai lokasi juga cukup mudah. Jika kamu berangkat dari pusat kota Depok, pergilah ke Jalan Keramat Burung, kemudian ikuti jalan hingga bertemu belokan ke kiri, yaitu Jalan Caringin. Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Jalan K.H. Ahmad Dahlan dan Jalan Raya Keadilan. Di Jalan TPA, kamu akan bertemu belokan ke arah Jalan Benda 3. Dari sana, kamu dapat meneruskan perjalanan hingga sampai di Jalan Penarikan. Lokasi D’Kandang Amazing Farm ada di sebelah kanan.

Nah, begitulah rekomendasi tempat wisata berbasis edukasi pertanian dan peternakan yang ramah anak. Tidak hanya anak, D’Kandang Amazing Farm juga cocok dikunjungi remaja dan orang dewasa karena wahana yang mereka tawarkan sangat variatif.

Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat wisata serupa, jangan lupa cek website dan media sosial Atourin secara berkala, ya! Atourin punya banyak rekomendasi tempat wisata di seluruh Indonesia yang tentunya selalu update. Sampai jumpa di rekomendasi tempat wisata selanjutnya!