(Tasya Kania Azzahra)

Menyambut musim liburan mungkin Sobat Atourin sudah ada yang merencanakan jadwal liburan, tetapi bingung mau jalan-jalan ke luar negeri atau dalam negeri? Eits, jangan bingung dulu karena Indonesia itu luas dan masih banyak tempat wisata Indonesia yang perlu kamu kunjungi. Salah satunya ialah wisata sabana.

Sabana adalah sebuah kawasan vegetasi padang rumput yang banyak ditumbuhi oleh perdu, semak, dan berbagai jenis tumbuhan yang menyebar. Indonesia sebagai negara tropis juga punya banyak sabana yang wajib kamu kunjungi. Salah satu hal menarik dari sabana adalah kawasan padang rumput luas yang dapat membuat Sobat Atourin bergerak dengan bebas dan tentu tidak lupa dengan pemandangannya yang tidak kalah cantik. Berikut beberapa wisata sabana yang wajib masuk bucket list-mu:

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Bagi Sobat Atourin yang asli Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan  taman nasional ini. Bahkan, Taman Nasional Baluran mendapatkan julukan ‘Little Africa in Java’ karena suasananya seperti ada di Afrika, lho! Dengan hamparan padang sabana yang luas, di tempat ini juga Sobat Atourin dapat melihat hewan-hewan berlalu lalang dengan bebas. Uniknya lagi sabana ini juga seperti musiman, karena saat musim hujan, sabana akan dipenuhi rumput hijau. Namun, ketika memasuki musim kemarau rumput-rumput akan meranggas dan kering, persis seperti film dengan latar tempat Afrika.

Padang Rumput Cihideung, Jawa Barat

Sobat Atourin apakah kamu memiliki rencana wisata ke Selandia Baru? Jika, ya, coba untuk mampir terlebih dahulu ke padang rumput yang terletak di Jalan Cihideung, Lembang, Kabupaten Jawa Barat, karena di tempat ini Sobat Atourin akan disuguhkan oleh pemandangan sabana yang sangat menyejukkan mata persis seperti yang ada di Selandia Baru. Tidak hanya itu saja, di sini Sobat Atourin juga bisa melihat peternakan kuda.

Sabana di Gunung Prau

Sabana Gunung Prau, Jawa Tengah

Bukit Teletubbies adalah salah satu julukan untuk padang rumput yang ada di jalur pendakian Gunung Prau, karena sabana yang ada di sana berbentuk bukit-bukit kecil dengan hamparan rumput hijau yang luas. Bagi Sobat Atourin yang ingin melihat sabana ala Teletubbies di Gunung Prau, maka Sobat Atourin harus mengambil jalur pendakian dari arah Dieng atau Kalilembu.

Padang Sabana Bukit Wairinding, Nusa Tenggara Timur

Mendengar kata Sumba, mungkin Sobat Atourin sudah tidak asing lagi dengan wisata alam sabananya, salah satunya ialah Bukit Wairinding yang berada di Sumba Timur. Sabana Bukit Wairinding ini berundak-undak membentuk sebuah perbukitan dengan hamparan rumput yang sangat luas. Dijamin Sobat Atourin akan merasakan tenang dan sejuk di sana.

Dengan pemandangannya yang indah juga membuat sabana Bukit Wairinding menjadi latar film Pendekar Tongkat Emas garapan Mira Lesmana. Kemudian, di bukit ini juga kamu akan melihat kuda-kuda liar Sumba yang bebas berkeliaran.

Wairinding di Sumba

Padang Sabana Tanjung Ringgit Lombok, Nusa Tenggara Barat

Lombok memang terkenal dengan wisata pantainya. Namun, Lombok juga mempunyai wisata sabana loh, Sobat Atourin! Salah satunya ialah Sabana Tanjung Ringgit Lombok yang berada di atas tebing dengan pemandangan laut yang ada di bawahnya.

Jadi, Sobat Atourin akan mendapatkan dua pemandangan sekaligus. Pemandangan hijau rerumputan khas sabana ketika musim hujan berpadu dengan pemandangan birunya lautan Tanjung Ringgit. Dengan dua pemandangan yang berbeda ini pasti membuat kamu tidak rela untuk meninggalkan tanjung ini.

Sobat Atourin, itulah beberapa wisata sabana dari berbagai Provinsi di Indonesia yang bisa kamu kunjungi di saat musim liburan untuk melepas penat. Jadi, Sobat Atourin penasaran dengan sabana yang mana, nih? Mengunjungi obyek wisata alam tentu sangat menyenangkan dan refreshing. Yuk agendakan jalan-jalanmu ke berbagai sabana Indonesia yang indah ini.