Time To Read : 3 minutes

(Catur Widya Lestari)

Sobat Atourin pasti tahu, negara kita sangat kaya akan budaya, suku, wisata, maupun kulinernya. Kali ini, kita mau ajak kamu semua untuk kenal lebih dekat dengan salah satu kuliner khas Indonesia yang rasanya manis. Makanan yang satu ini digandrungi oleh masyarakat sebagai jajanan yang nikmat. Kuliner yang akan kita ulik kali ini ialah kue putu bambu, si hijau yang manis dan gurih.

Kue putu. Sumber: foto pribadi

Kue putu bambu adalah kue hijau manis berbentuk tabung dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue tradisional Indonesia ini khas dari Jawa Timur. Butiran tepung beras yang kasar dan parutan gula merah merupahan bahan utama dalam pembuatan Kue ini. Untuk membuat kue ini, kita perlu memasukkan tepung beras ke dalam tabung bambu sehingga terisi setengah. Lalu beri parutan gula   merah sekitar satu sendok the. Selanjutnya isi lagi kue tersebut dengan tepung beras hingga penuh dan padatkan. Terakhir kukus kue putu bambu sampai matang. Untuk sentuhan akhir, kita bisa taburkan parutan kelapa di atasnya.

Sobat Atourin juga harus tahu, kue putu bambu ini memiliki sejarahnya, lho! Mochammad Antik, seorang penggiat sejarah Jelajah Jejak Malang (JJM), mengutarakan bahwa kue ini sudah ada di masa Dinasti Ming, sejak 1200 tahun yang lalu. Kue ini bisa ditemukan di China Silk Museum. Sebelum dinamai Kue Putu Bambu, xian roe xiao long ialah nama asal kue ini. Pada tahun 1814 di masa Kerajaan Mataram, nama tersebut berkembang sehingga menjadi puthu dari naskah sastra lama Serat Centhini.

Kue putu di dalam cetakan bambu. Sumber : Canva.com

Selain rasanya yang manis dan nikmat, hal unik dari kue putu bambu  ini ialah dari cara pembuatannya. Dari nama kue ini, kue putu bambu , memasak kue inipun menggunakan bambu sebagai cetakannya. Ukurannya juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, pas untuk kita memakannya dengan sekali suapan. Bunyi nyaring dari uap air menjadikan kue putu bambu semakin membuatnya menjadi unik. Dari bunyi nyaring ini pula penjual Kue Putu Bambu memancing orang-orang untuk membelinya. Saat ini, cukup mudah untuk menemukan kue putu bambu. Sobat Atourin bisa menemukannya di pasar tradisional atau menunggu penjual keliling kue putu bambu lewat dengan bunyi nyaringnya. Harganya pun terjangkau, biasanya diharga 5-10 ribu rupiah per paketnya yang terdiri sekitar 8-10 potong kue. Tentu besarnya harga akan tergantung dimana kamu membeli kue ini.

Kue putu. Sumber : Canva.com

kue putu bamboo cocok disajikan sebagai jajanan keluarga. Rasa manis dari gula aren, bentuknya yang pas di mulut, empuknya kue karena dikukus, dan parutan kelapa yang gurih bisa dikonsumsi dari kalangan anak-anak sampai dewasa.

Tak hanya kue putu bambu, Indonesia punya banyak sekali kuliner nusantara yang menggiurkan. Kuliner khas Indonesia bisa menjadi wishlist sobat Atourin untuk disantap. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kunjungi websiteAtourin untuk banyak rekomendasi menarik lainnya.