Binjai adalah sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Kota yang dijuluki sebagai Kota Rambutan ini terletak 22 kilometer dari Kota Medan. Asal mula kenapa Binjai dijuluki sebagai Kota Rambutan adalah karena Binjai merupakan kota penghasil Rambutan terbanyak di Indonesia.

Kalau kamu berkunjung ke Binjai saat musim rambutan, pastikan kamu harus mencicipi Rambutan Binjai ya! Karena rasanya yang manis, daging buahnya tebal, dan bijinya kecil, membuatnya berbeda dengan buah rambutan dari daerah lain.

Meski hanya memiliki luas 92 km, tempat wisata di Binjai sangat beragam dan menarik lho! Terutama bagi kamu penikmat kuliner dan menyukai wisata dengan biaya murah. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Tugu Perjuangan 1945

Tempat wisata di Binjai yang pertama adalah Tugu Perjuangan. Tugu perjuangan adalah salah satu ikon Kota Binjai, tugu yang dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan kemerdekaan Indonesia di Kota Binjai ini terletak di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Binjai Timur.

Tugu perjuangan ini bisa kamu kunjungi secara gratis dan tanpa ada batasan jam kunjungan, namun biasanya wisatawan berkunjung mulai di jam 5 sore hingga malam hari. Karena pada waktu tersebut  tugu ini akan tampak lebih indah dengan lampu warna-warni.

 Kamu juga bisa berwisata kuliner di sela waktu kunjunganmu di tugu perjuangan ini lho! Di area sekitar tugu terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam kuliner, yang paling digemari wisatawan adalah Martabak Mesir dan Martabak Bangka. 


2. Ruang Terbuka Hijau Titi Kembar Binjai

Berada tak jauh dari Tugu Perjuangan, kamu bisa berkunjung ke Ruang Terbuka Hijau ini hanya dengan berjalan kaki saja. Disini, tembok-tembok bangunan di sepanjang area dicat berwarna-warni dan juga terdapat beberapa mural yang menambah kesan estetik.

Warga Binjai biasanya menikmati waktu santai sore mereka di area ini. Spot paling favorit adalah di bagian kiri taman yang menghadap langsung ke arah aliran Sungai Mencirim, karena dari sini mereka dapat menikmati keindahan matahari terbenam.


3. Sawah Lukis

Buat kamu yang menyukai wisata alam dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, maka Sawah Lukis adalah destinasi yang tepat. Disini kamu bisa bersepeda menyusuri jalan di sekitar area sawah seluas 2 hektar. 

Selain itu, kamu juga akan mendapati pondok-pondok kecil beratap rumbia yang mirip dengan Rumah Adat sade Lombok berjejer di tengah area sawah yang menambahkan kesan asri Sawah Lukis.


4. Replika Yard

Kafe yang mengusung tema ala Jepang ini memberikan kesan yang cukup berbeda, kamu akan dimanjakan dengan dekorasi kafe yang unik dengan banyak spot foto gratis. Disini, kamu juga bisa berfoto dengan mengguakan Kimono dan Payung Yukata Jepang.

Bangunan utama kafe memiliki 2 lantai, dan area outdoor yang luas. Lampion merah dan tulisan huruf Kanji yang digantung di sepanjang area outdoor menambah kesan seperti kamu sedang berada di Negeri Sakura.


5. Kafe Keboen

Kafe Keboen merupakan salah satu tempat wisata di Binjai untuk pecinta kuliner yang dipadukan dengan konsep perkebunan. Saat sampai di kafe ini kamu akan langsung dihadapkan dengan area parkir yang luas. Memasuki area kafe, kamu akan mendapati saung-saung dengan tiang bambu yang merupakan area lesehan.

Berjalan sedikit ke belakang, kamu akan disuguhkan dengan area perkebunan bunga yang luas dengan kincir angin yang berdiri tegak di tengah area kebun. Disini juga ada area bersantai dengan rumput hijau lho! Kafe ini adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin refreshing bersama keluarga.


6. Taman Edukasi

Wahana rekreasi dan edukasi satu ini berlokasi di Gang Cempaka, Kecamatan Binjai Selatan. Area seluas 3 hektar ini awalnya adalah perkebunan sawit yang dialihfungsikan menjadi tempat rekreasi. 

Disini kamu bisa melakukan banyak aktifitas outbond seperti memanah, memancing, flying fox,  dan bermain kano. Selain itu tempat ini juga menawarkan kegiatan edukasi mengolah aren menjadi gula merah dan juga penakaran lebah.


7. Pasar Kaget

Yang satu ini adalah pusat jajanan kaki lima di Kota Binjai, alasan mengapa tempat ini dinamai dengan Pasar Kaget adalah karena pada siang hari area ini merupakan area pertokoan yang padat. Dan menjelang malam hari area pertokoan akan tutup, digantikan dengan pemandangan pasar yang ramai dipenuhi dengan pedagang kaki lima yang menjual makanan. 

Jika kamu mengunjungi Binjai pada musim durian, maka kamu juga akan mendapati pedagang durian di sepanjang area ini. Durian Binjai adalah salah satu varian dengan rasa terbaik, pastikan kamu untuk mencobanya.


8. Taman Merdeka dan Taman Balita

Kedua taman ini berada di pusat Kota Binjai, tepatnya berada di sebrang Kantor Walikota Binjai. Di Taman Merdeka terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan warga untuk berolahraga, diantaranya lapangan basket, lapangan futsal, serta wahana panjat tebing.

Sedangkan di taman Balita tersedia beberapa wahana bermain untuk anak-anak. Keduanya biasanya ramai dikunjungi di pagi hari dan juga malam hari, terutama pada saat akhir pekan. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Pujasera Binjai.


9. Taman Selfie

Taman Selfie merupakan kafe outdoor yang memiliki banyak spot berfoto yang unik, diantaranya Rumah Hobbit, Istana Manyar, Hotel Selfie dan Lobby Selfie. Untuk berfoto di area ini tidak dikenakan biaya, namun kamu harus memsan makanan atau minuman untuk bisa berfoto disini.

Taman Selfie juga menyediakan kostum unik dan juga berbagai properti foto menarik yang akan membuat hasil fotomu semakin kece!


10. Hitz Park

Jika kamu mengunjungi Taman Selfie, pastikan kamu juga mengunjungi Hitz Park karena kedua tempat ini berada di lokasi yang sama alias bersebelahan. Tempat yang satu ini mengusung tema rumah pohon dengan banyak spot foto keren dan menarik.

Untuk berfoto disini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000, namun kamu bisa berfoto sepuasnya di semua spot foto yang tersedia. Yang paling diminati dan memiliki antrian paling panjang adalah spot rumah belanda, sapu terbang dan masih banyak yang lainnya.


Yuk, Mampir Ke Binjai dan Nikmati Keseruan Berbagai Destinasi Wisatanya!

Untuk kamu yang ingin mencoba destinasi wisata di Binjai kini sudah mudah lho. Cukup kunjungi Atourin dan atur perjalananmu ke berbagai destinasi wisata menarik di Kota Binjai.