Outfit ke gunung kadang memusingkan untuk dipilih, hal ini terjadi tidak hanya pada pendaki pemula. Mendaki gunung memang menyenangkan melepas penat dari kesibukan tetapi alam tidak selalu bersahabat, maka kamu perlu persiapan dalam menghadapinya.

Memang betul kamu dapat membangun perlindungan sementara untuk menghadapi ganasnya kondisi pendakian. Tanpa adanya outfit yang mendukung, kamu mungkin bahkan tidak mampu mempersiapkan tempat perlindungan sementara.

Kamu harus menanamkan pemikiran bahwa selama pendakian cuaca buruk dapat datang kapan saja dan kamu harus siap dalam menghadapi itu. Mungkin saat pendakian akan sangat panas atau hujan yang deras melanda.

Dalam memilih outfit ke gunung kamu harus mempertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanannya. Jika dibenakmu outfit semacam ini tidak keren, maka kamu sebaiknya membaca rekomendasi outfit berikut yang membuat kamu tetap keren dan ideal untuk mendaki gunung.

Jika kamu adalah seorang pendaki pemula, maka ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga keselamatan selain outfit. Kamu dapat mendapatkan panduan melalui “Tips Aman Mendaki Gunung untuk Pemula”.


1. Pakaian Dalam, Tidak Terlihat Tapi Penting!

Pemilihan pakaian dalam cukup penting, menghidari kamu dari permasalahan kulit terutama pada bagian penting. Kamu dapat menggunakan pakaian dalam yang berbahan dasar sintetis maupun wol karena akan menyerap kelembapan dan menjaga kamu tetap hangat.


2. Celana Luar Ruangan, Celana Kargo Dapat Menjadi Pilihan!

Celana apa yang kamu pilih perlu mempertimbangkan iklim yang akan ditemui. Pada dasarnya kamu perlu mempertimbangkan kenyamanan, daya tahan, dan fleksibilitas. Celana kargo dapat menjadi pilihan kamu untuk kamu yang ingin memulai mendaki.

Celana jeans mungkin  terlihat keren, untuk medan yang ringan kamu masih dapat mentolerir penggunaan celana jeans, tetapi bahan ini dapat menyebabkan lecetnya kulit. Jika kondisi diperkirakan hujan deras,  kamu harus mempersiapkan celana cadangan.


3. Pilih Pakaian yang Tepat untuk Badan Kamu!

Selalu membawa kaos sebagai dasar yang nyaman untuk kamu gunakan. Pastikan pemilihan bahan yang tidak membuat kamu keringat berlebih. Pemilihan bahan baju penting, mengingat kamu akan membawa ransel dipunggung selama perjalanan.

Jika kondisi perjalanan tidak terlalu ekstrem kamu dapat menggunakan kemeja flanel untuk bagian luar, tetapi perlu diingat pilih bahan yang dapat menghangatkan dan menyerap panas seperti bahan wol.

Pada perjalanan dengan kondisi cuaca cukup ekstrem disarankan menggunakan  jaket yang mengisolasi suhu tubuh. Idealnya jaket yang dipilih adalah jaket yang tidak terlalu berat dan memiliki beberapa kantong.

Jika memang diperlukan, kamu perlu menyiapkan jaket dengan bahan tidak tembus air. Lebih baik membawa satu jaket yang tidak tembus air dibanding harus membawa banyak baju ganti karena hanya akan memberatkan perjalanan saja.


4. Kepala dan Kaki Butuh Diperhatikan Juga!

Tahukah kamu jika kita kehilangan panas tubuh sebesar 7-10% melalui kepala, jadi kamu sangat perlu mempertimbangkan penggunaan penutup kepala. Pilihlah penutup kepala yang sesuai dengan kondisi perjalanan.

Alas kaki untuk mendaki adalah sebuah kebutuhan. Kamu tidak disarankan untuk mendaki tanpa adanya alas kaki, karena pasti terdapat banyak batu, ranting, maupun benda lainnya yang akan melukai kaki kamu.


Persiapkan Pakaian Ideal dan Keren Kamu untuk Pendakian Selanjutnya!

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tips lain mengenai pendakian gunung atau perjalanan lainnya, kamu cukup kunjungi Atourin. Persiapkan dan atur perjalananmu kemanapun dengan gampang!