Gambar Gunung Bromo di Jawa Timur, Indonesia (unsplash.com)

Time to Read: 8 minutes

(Asmanada Khairrunnissa Wibowo)

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang semakin digemari apalagi di kalangan anak muda sekarang ini. Selain untuk menikmati pemandangan, udara segar pegunungan yang bebas polusi juga dapat mengurangi stres. 

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba melakukan kegiatan ini untuk pertama kalinya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dan barang bawaan kamu karena pada saat mendaki gunung mungkin akan terjadi hal yang tak diprediksi. Apa aja sih yang perlu disiapkan? Simak sampai habis pembahasan kali ini ya!

Cari tahu tentang gunung yang ingin didaki 

Gambar Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, Indonesia (unsplash.com)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tau tentang gunung yang ingin kamu daki. Kamu perlu mengetahui medannya seperti apa, jarak, waktu tempuh yang diperlukan untuk mendaki dan juga sumber air sehingga bisa mempersiapkan mental dan logistik yang cukup. Bagi kamu yang pertama kali naik gunung, sebaiknya cari gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur pendakian yang cukup landai dan medannya tidak terlalu susah. 

Persiapkan fisik dan mental dengan olahraga

Gambar Ilustrasi Orang yang Sedang Berolahraga (unsplash.com)

Sebelum mendaki gunung tentunya kamu perlu menjaga stamina karena selain medan yang menantang, semakin tinggi kamu berada maka akan semakin sedikit oksigen. Setidaknya sebulan sebelum mendaki, persiapkan kondisi fisikmu dengan berolahraga agar tubuh kamu akan terbiasa pada saat dihadapi dengan rintangan saat pendakian nanti. Selain itu, kamu perlu istirahat yang cukup menjelang pendakian karena naik gunung membutuhkan tenaga ekstra. 

Bawa barang seperlunya

Gambar Backpack (unsplash.com)

Agar beban yang kamu bawa tidak terlalu berat, sesuaikan barang bawaan dengan waktu tempuh dan estimasi waktu pendakian, berapa lama kamu akan bermalam supaya kamu membawa barang yang cukup dan penting yang memang kamu perlukan saja. Setidaknya 10  bawa barang wajib ini saat mendaki: 

  • Baju ganti secukupnya.
  • Baju hangat.
  • Peralatan P3K dan obat obatan yang sekiranya diperlukan.
  • Logistik yang cukup .
  • Air yang cukup sekiranya di gunung tersebut tidak ada sumber mata air.
  • Headlamp dan senter.
  • Sleeping bag.
  • Tenda.
  • Sekop untuk buang air supaya tidak bau dan mengganggu.
  • Alat navigasi; kompas atau peta.
  • Rain coat/poncho.

Hal terpenting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah pada saat packing, letakkan barang bawaan di carrier dengan benar. Mulai dari menjadikan matras sebagai dinding didalam carrier, meletakkan pakaian di paling bawah, logistik di tengah, dan barang barang penting yang mungkin perlu dikeluarkan saat pendakian seperti obat obatan, makanan ringan dan jaket di bagian atas carrier. Sebaiknya letakkan barang yang agak berat menempel pada dinding carrier atau bagian yang nantinya menempel di punggung supaya beban yang kamu bawa tidak terasa berat.

Gunakan pakaian dan sepatu yang tepat 

Gambar Seorang Backpacker (unsplash.com)

Saat mendaki, pastikan kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan hindari bahan katun karena sangat mudah menyerap air tetapi susah kering. Hal tersebut mengakibatkan ketidaknyamanan saat mendaki karena pakaianmu lembab. Selain pakaian, kamu juga perlu memperhatikan sepatu. Jangan sampai salah memilih sepatu yang nantinya akan membuatmu cedera. Sebaiknya menggunakan sepatu gunung yang memang khusus dibuat untuk kegiatan ini. Tapi kamu juga bisa memakai sepatu olahraga yang kalian punya dengan sol yang tidak licin. 

Jaga sopan santun dan kebersihan 

Gambar Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, Indonesia (unsplash.com)

Dan yang terakhir, ketika mendaki gunung hal yang wajib kamu lakukan yaitu kamu harus menjaga sopan santun dan tutur kata. Jangan bersikap gegabah, sombong, dan angkuh karena kita sebagai tamu yang datang harus menunjukkan rasa hormat. Selain itu jangan lupa untuk bawa turun sampahmu karena gunung bukan tempat sampah.

Nah, kamu juga bisa menemukan banyak tips & trik travelling lainnya yang lebih beragam tentunya hanya di website dan medsos Atourin!