Time to Read: 3 menit

(Maria Immaculata Hilda Puspa Verena)

Kamu suka travelling? Buat kalian para travellers, rasanya kurang afdol ya jika belum bergabung ke komunitas travelling! Dalam kondisi pandemi seperti ini, tentunya travellers harus mengurungkan niat untuk travelling dulu ya demi kesehatan bersama. Tapi jangan sedih! Bergabung dengan komunitas travelling dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati kerinduan kalian dan tentunya sebagai wadah untuk menjalin koneksi dengan travellers lain. Buat kalian yang tinggal dan/atau akan berkunjung ke Yogyakarta, yuk kenalan dengan salah satu komunitas traveller di sana: Couchsurfing Yogyakarta!

Couchsurfing Yogyakarta merupakan bagian dari Couchsurfing loh travellers, ada juga komunitas Couchsurfing di kota-kota lain, tetapi kali ini kita akan berkenalan lebih dekat dengan Couchsurfing Yogyakarta. Kali ini kita ditemani oleh Adolf Sinaga—Ambassador Couchsurfing Yogyakarta—yang akan berbagi kisah tentang Couchsurfing Yogyakarta. Komunitas ini mulai terbentuk sejak sekitar tahun 2005, tetapi baru menjadi komunitas traveller yang aktif sekitar tahun 2012. 

Kegiatan rutin Couchsurfing Yogyakarta adalah ‘Moanday,’ pertemuan mingguan yang telah dilakukan selama kurang lebih 380 minggu berturut-turut per Juli 2020. Wow, keren bukan?! Pertemuan ‘Moanday’ ini juga belum pernah terputus sekalipun, bahkan ketika bertepatan hari besar pun ‘Moanday’ tetap dilaksanakan. ‘Moanday’ biasanya bertempat di kafe atau restoran di sekitar Yogyakarta. Namun karena pandemi ini ‘Moanday’ dilakukan secara virtual selama beberapa bulan terakhir hingga kondisi lebih kondusif nantinya. Banyak hal yang dapat menjadi topik pembicaraan ‘Moanday,’ tetapi satu yang pasti adalah berbagi pengalaman, tips dan trik, serta informasi-informasi terkait travelling. Terkadang juga diselingi games dan topik-topik khusus lainnya. ‘Moanday’ juga sebagai wadah untuk saling terhubung dengan para Couchsurfers lainnya.

Seringkali, para anggota mengadakan spontaneous trip—siapapun yang bisa bergabung boleh langsung ikut. Terkadang juga diadakan planned trip bersama, di luar area Yogyakarta ya tentunya! Kemudian, ada juga Festival Couchsurfing di Indonesia tiap tahunnya yang diselenggarakan secara bergantian di daerah-daerah. Yogyakarta terakhir kali menjadi tuan rumah pada tahun 2018, bertempat di Youth Centre. Festival ini juga rutin mengundang Couchsurfers dari negara-negara Asia Tenggara. Kegiatan lain Couchsurfing Yogyakarta yaitu bakti sosial yang diadakan rutin pada saat Bulan Ramadhan.

Untuk menjadi anggota Couchsurfing Yogyakarta sebenarnya sangat mudah. Apabila kalian sudah registrasi atau memiliki akun Couchsurfing, kalian bisa datang ke ‘Moanday’ atau acara Couchsurfing Yogyakarta lainnya dan secara otomatis kalian sudah menjadi bagian dari komunitas ini! Mudah bukan? Ada WhatsApp group yang selalu aktif berbagi pengalaman, tips dan trik, serta informasi seputar travelling dan tempat wisata setiap saat. Selain itu, tentunya kalian akan mendapat teman-teman baru—baik dari Indonesia maupun luar negeri—yang tentunya akan memperluas koneksi kalian, ya!

Ilustrasi Agenda Sharing Komunitas Traveller (unsplash.com)

Terakhir, Adolf Sinaga bercerita tentang hal-hal menarik yang ada di Couchsurfing Yogyakarta. Komunitas ini memegang nilai-nilai trust, friendship, and sharing. Dalam komunitas ini, awal dari pertemanan yang terjalin didasari oleh rasa kepercayaan—mengingat para Couchsurfers sebelumnya belum pernah mengenal satu sama lain dan mungkin saja berasal dari negara yang berbeda. Sharing berarti tolong-menolong, saling berbagi informasi, cerita, dan pengalaman sesama anggota. Uniknya lagi, ada cukup banyak travellers dari berbagai daerah dan negara yang menjadi sahabat, bahkan kekasih atau suami/istri! Menarik bukan?!

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat bergabung ke dalam komunitas traveller! Sepertinya ‘information is priceless’ menjadi kalimat kunci dari komunitas-komunitas traveller, ya. Jadi, buat kalian para travellers, sudahkah bergabung ke komunitas traveller? Yuk cari dan gabung ke komunitas traveller di daerah kalian!

Seru sekali kan komunitas ini! Jika kamu tertarik, kamu bisa gabung lo dengan mereka. Kamu bisa lihat informasi lebih lanjut di Instagram @couchsurfingyk. Kamu juga bisa menemukan banyak informasi dan inspirasi jalan-jalan yang menarik di berbagai daerah di Indonesia dan informasi pariwisata lainnya, tentunya hanya di website Atourin!